Seni lukis Rajput

Seni lukis berkembang dengan seiringnya jaman dan memiliki pesan yang ingin berikan oleh pelukisnya. Dengan perkembangan jaman, muncul Seni lukis Rajput, Apa Seni lukis Rajput ?

  • Seni lukis Rajput, juga disebut sebagai Seni lukis Rajasthan, berevolusi dan berkembang didalam Istana Kekaisaran Rajputana di India. Setiap kerajaan Rajputana mengembangkan gaya yang berbeda, namun dengan ciri khas umum yang sama. Lukisan Rajput menggambarkan sejumlah tema dan peristiwa yang biasanya diambil dari epos Hindu terkenal seperti Ramayana. Miniatur dalam manuskrip atau lembaran kertas tunggal yang disimpan dalam album adalah media pilihan lukisan Rajput. Beberapa lukisan juga dilakukan pada dinding istana, didalam benteng, dan didalam haveli (rumah domestik orang Mughal) khususnya haveli Shekhawati.[1]

  • Warna-warna pada lukisan Rajasthan diekstrak dari mineral-mineral tertentu, dari tanaman, kerang-kerangan, dan bahkan dari proses pengolahan batu mulia. Emas dan perak juga digunakan. Persiapan warna yang diinginkan adalah proses yang panjang dan terkadang berminggu-minggu. Kuas yang digunakan untuk lukisan Rajput sangat halus untuk menghasilkan detail.