Semua Hal itu Relatif

Semua hal punya keindahan tersendiri, tetapi tidak semua orang mampu melihatnya

Kata simple keren ini membuktikan bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat relatif. Setiap orang akan selalu memiliki sudut pandang tersendiri dalam melihat sesuatu.

Jangan pernah rendahkan atau remehkan hal yang kamu pandang kurang indah. Apa yang kamu pandang kurang indah bisa jadi suatu keindahan di mata orang lain.

Sumber:

Menurut saya, setiap orang punya pengalaman serta tanggapan terhadap sesuatu yang disebut sebagai hal yang indah. Pengalaman serta tanggapan setiap orang bersifat relatif menyebabkan timbulnya berbagai pandangan tentang keindahan. Perbedaan pandangan itulah yang melahirkan bermacam-macam konsep tentang keindahan.

Perbedaan konsep keindahan dapat terjadi antarindividu dan antarmasyarakat yang berbeda kebudayaan. Perbedaan konsep keindahan antarindividu dibuktikan oleh beragamnya pendapat para ahli estetika tentang keindahan. Sedangkan, perbedaan konsep keindahan antarmasyarakat yang berbeda kebudayaan dibuktikan oleh adanya pendikotomian pandangan tentang keindahan antara masyarakat Barat dengan masyarakat Timur.

Sehingga suatu tatanan kehidupan atau peradaban suatu masyarakat sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan cita rasa estetiknya, menyebabkannya berbeda pandang di dalam menelaah fenomena keindahan.