Sekelompok Katak

Sebagai kelompok katak berpergian melalui hutan, dua di antaranya jatuh ke dalam lubang yang dalam. Ketika katak-katak lain berkerumun di sekitar lubang dan melihat berapa dalamnya, mereka mengatakan kepada kedua katak bahwa mereka bukanlah harapan yang tersisa untuk mereka.

Namun, kedua katak tersebut memutuskan untuk mengabaikan apa yang orang lain katakan dan mereka mulai mencoba dan melompat keluar dari lubang tersebut. Meskipun mereka berusaha, kelompok katak di bagian atas masing mengatakan bahwa mereka seharusnya menyerah begitu saja, bahwa mereka tidak akan pernah bisa keluar.

Akhirnya, salah satu katak mendengarkan apa yang katak lain katakan dan dia menyerah, jatuh ke dalam kematiannya. Katak satunya terus melompat sekuat tenaga. Sekali lagi, kerumunan katak berteriak kepadanya untuk menghentikan rasa sakit dan mati saja.

Dia melompat lebih keras lagi dan akhirnya berhasil keluar. Ketika dia keluar, katak yang lain berkata “Tidakkah kamu mendengar kami?”

Katak itu menjelaskan kepada mereka bahwa dia tuli. Dia pikir mereka mendorongnya sepanjang waktu.

Pesan Moralnya adalah Kata-kata orang bisa berpengaruh besar terhadap kehidupan orang lain. Pikirkan apa yang Anda katakan sebelum keluar dari mulut Anda. Mungkin saja perbedaan antara hidup dan mati.

source :

Seringkali dalam kehidupan inilah salah satu yang menyebabkan orang-orang terjatuh dan tidak yakin pada diri mereka sendiri.

Layaknya, seorang guru yang menjagokan murid A dibanding murid B di bidang matematika. Guru yang selalu memberikan support pada murid A menyebabkan murid A yakin bahwa dia adalah jago matematika, sementara murid B hanya terdiam saja dan perlahan kurang yakin bahwa dirinya juga bisa.

Ini semua bersangkut paut dengan sugesti terhadap alam bawah sadar kita.

Sebagai contoh, ketika anak kecil mengikuti lomba menggambar dan ia menang. Orang tua, keluarga, teman, dan tetangga perlahan memberikan ucapan “wah, kamu emang jago menggambar ya”, alhasil anak tersebut akan memiliki keyakinan bahwa ia memang jagi menggambar.