Sejarah Pipa PVC

PVC atau polyvinyl chloride menjadi salah satu material pipa yang paling banyak dipilih sejak abad ke 20. Hal ini dikarenakan ketahanan serta sifatnya yang mudah untuk diinstalasi. Selain itu, bahan PVC dianggap lebih murah dibandingkan bahan lain, terutama dalam pembuatan pipa. Pipa yang terbuat dari PVC ini tak hanya digunakan dalam skala rumah tangga saja. Bahkan, pengaliran air dari pusat sumber air ke beberapa daerah terkadang juga masih menggunakan pipa berbahan PVC ini. Hal ini tentu membuktikan bahwa keberadaan material PVC ini sangat diperlukan, terutama menyangkut plumbing system di suatu area.

Meskipun sudah sangat sering digunakan dalam pembuatan pipa, namun sayangnya, banyak di antara kita yang belum terlalu familiar dengan material ini. Padahal, material ini disebut – sebut sebagai salah satu penemuan revolusioner di abad ke 19 dan mulai banyak digunakan sejak abad ke 20. Lantas, bagaimana PVC ini bisa ditemukan? Bagaimana perkembangan material ini hingga sekarang? Untuk itu, berikut ini akan kita uraikan satu per satu hal yang berkaitan dengan material PVC.

A. Asal muasal pipa PVC

PVC atau Polyvinyl chloride dikembangkan oleh seorang ahli kimia berkebangsaan Prancis bernama Henri Victor Regnault di abad ke 19. Namun ketika pertama kali ditemukan, material ini masih sangat keras dan kaku, sehingga sulit untuk dilengkungkan. Saat itu, PVC belumlah dilrik untuk menjadi material pembuat home appliances karena dianggap tidak praktis serta biayanya cukup mahal. Baru pada sekitar tahun 1920an tat kala banyak jenis – jenis plastik ditemukan yang ditambahkan ke dalam PVC membuat kekakuan PVC sedikit berkurang.

Dan yang pertama kali melakukan terobosan ini adalah perusahaan B.F. Goodrich company. Perusahaan ini sukses membuat bahan PVC menjadi sedikit lebih lentur dan tak terlalu kaku, sehingga memungkinkan untuk dijadikan materi pembuat pipa.
PV1

B. Negara yang pertama kali mengaplikasikan penggunaan Pipa PVC: Jerman

Ketika PVC dianggap mampu menjadi material pembuat pipa, negara yang banyak mengaplikasikan penggunaan pipa PVC ini adalah Jerman. Tak butuh lama bagi pipa PVC untuk merebut perhatian pasar karena terbukti Pipa PVC ini memiliki kelebihan dalam mengalirkan air atau limbah, yakni karena ketahanannya serta sifatnya yang tak mudah korosi. Jerman banyak mengeksploitasi teknologi ini dan sudah menerapkannya pada instalasi air minum di negara tersebut sejak tahun 1936.

Karena bahannya yang kuat serta ketahanannya yang tinggi, hal ini membuat banyak pipa – pipa yang digunakan pada instalasi air minum tersebut merupakan pipa – pipa tatkala pertama kali digunakan dan hingga sekarang belum pernah diganti. Hal ini membuktikan bahwa ketahanan bahan PVC ini bisa berlangsung hingga puluhan tahun.

C. Penggunaan Pipa PVC di Amerika Serikat

Setelah sukses digunakan di beberapa area di Jerman, kini giliran Amerika Serikat yang mempopulerkan pipa berbahan PVC pada setiap plumbing system di negara tersebut. Hal ini dimulai sekitar pertengahan tahun 1950an. Beberapa dekade setelahnya, banyak dilakukan perbaikan dan penambahan terkait dengan komposisi material serta proses pembuatan pipa PVC ini. Sejak saat itu, pipa PVC mulai dapat digunakan di area – area perumahan di sepanjang wilayah negara bagian di Amerika Serikat.
PV2
Berbagai Macam Jenis Fitting Untuk Pipa PVC

sumber: Architectaria,Juni 2013:Hal-Hal yang Sebaiknya Anda Ketahui Mengenai Pipa PVC | PT. Architectaria Media Cipta.

Pipa PVC merupakan jenis pipa yang banyak digunakan, namun memiliki banyak tingkat kegagalan/kecacatan dalam produksinya. Berikut merupakan beberapa usulan yang ditujukan untuk menekan jumlah cacat produk pada pipa PVC yaitu: pembuatan standar waktu proses untuk waktu mixing, penggunaan alat bantu sebagai penyeleksi hasil dari proses mixing yang tidak sempurna, pelatihan/training kepada operator yang bertanggung jawab disetiap proses produksi pipa PVC, pembuatan standar setting temperature mesin oven dalam proses socketing, penjadwalan dalam perawatan rolling oven agar dapat berfungsi dengan baik, pembuatan standar setting baut stir saat penyetelan ketebalan pipa.