Segudang Manfaat Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Vitamin D merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Fungsi vitamin D antara lain untuk membantu mempertahankan kekuatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Namun ternyata, manfaat vitamin D juga tercermin pada kesehatan gigi dan mulut.

Sayangnya, sekitar 50 persen penduduk dunia dilaporkan kekurangan vitamin D. Tubuh membutuhkan asupan vitamin D untuk penyerapan kalsium. Kalsium (dengan bantuan fosfor dan mineral lainnya) berperan penting untuk menyusun dan memperkuat jaringan gigi dari dalam.

vitamin D juga berperan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh. Mulut adalah sarang empuk bagi kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Apabila asupan vitamin D Anda sudah tercukupi dengan baik, maka ini akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut.

Tidak hanya itu. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, tubuh Anda juga tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan. Ini artinya risiko Anda mengalami masalah gigi, terutama gigi berlubang dan penyakit gusi, bisa semakin meningkat. Terlebih, gen yang mengontrol periodontitis (penyakit gusi) juga diatur oleh reseptor yang dikendalikan vitamin D.