Sebutkan Perbedaan SEO dan SEM!


Sebutkan Perbedaan SEO dan SEM !

SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP ( Search Engine Result Page ) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memang memerlukan keterampilan dan ketekunan, serta membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.

Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang sudah tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan melakukan SEO marketing adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di dalam search engine . Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine , maka akan semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

  • Menggunakan iklan berbayar sangat menguntungkan untuk mendapatkan konsumen baru. Karena SEM memastikan website Anda tampil di tempat yang tepat. Selain itu, SEM juga bekerja cepat dengan cara mentarget pengunjung yang sudah tertarik dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.
  • Penggunaannya mudah dikontrol dan disesuaikan dengan biaya dan jangka waktu yang ditentukan.
  • Manfaat berikutnya adalah pencapaian target yang lebih mudah, karena fokus terhadap target pemasaran. Perbedaan target yang lebih relevan dan spesifik akan membuat produk atau website lebih mudah dipromosikan. Kualitas traffic pun akan meningkat dan memberikan peluang keuntungan yang berlipat. Selain itu, cakupan pelanggan juga akan lebih luas sehingga tidak hanya terfokus pada satu titik, tetapi ke berbagai lokasi lainnya.
  • Kontrol bisa dilakukan secara menyeluruh, karena SEM bertugas sebagai sarana promosi yang memungkinkan kesempatan bagi Anda untuk mengontrol, mulai dari timeline , biaya hingga hasil yang ingin diraih. Pengontrolan juga dapat dilakukan pada pemilihan jenis iklan dan keyword yang sesuai. Tujuannya adalah agar produk atau website dapat dipromosikan dengan lebih mudah dan optimal.
  • Percakapan yang meningkat karena SEM memiliki target pemasaran dengan pengunjung yang relevan. Sehingga tingkat konversi search marketing juga akan meningkat.

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

  • Manfaat pertama dari SEO adalah mendatangkan trafik positif. Menggunakan SEO akan membuat website Anda teroptimasi dengan baik, sehingga akan lebih mudah dicari atau ditemukan oleh mesin pencarian seperti google. Hal inilah yang membuat para pengunjung atau traffic website semakin meningkat. Semakin banyaknya orang yang mengunjungi website , tentu saja akan semakin banyak pula calon konsumen potensial yang didapatkan hingga nantinya dapat menjadi pelanggan setia.

  • Manfaat yang kedua adalah mendapatkan data konsumen secara gratis. Saat menggunakan SEO, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan data konsumen secara gratis. Data atau kontak konsumen tersebut diperlukan untuk memudahkan saat menghubungi mereka. Selain itu, data konsumen juga akan mempermudah Anda saat memberikan informasi tentang produk baru atau promosi yang ditawarkan.

  • Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan brand awareness . Penggunaan SEO bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Brand awareness diartikan sebagai kemampuan calon konsumen untuk mengenali dan mengingat merek produk. Semakin terkenal produk yang ditawarkan, maka semakin tinggi intensitas penjualannya. Merek produk yang mudah dikenali dan mudah diingat akan membuat para konsumen ingin melakukan pembelian, kemudian ikut mempromosikannya.

Informasi di atas diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi Anda para pelaku bisnis digital yang mungkin pernah mendengar istilah SEM dan SEO namun kurang memahami apa perbedaan antara keduanya. Jadi, bagaimana? Apakah saat ini Anda sudah menentukan akan menjalankan SEM, SEO atau keduanya? Anda dapat menjalankan keduanya secara beriringan, karena keduanya sama-sama penting.

Namun, perihal waktu memulai yang mana terlebih dahulu, penting bagi Anda untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis Anda secara spesifik. Agar Anda lebih fokus pada strategi dan perencanaan pengembangan bisnis, manfaatkan penggunaan *software akuntansi online seperti Jurnal . Dengan menggunakan software , pengelolaan keuangan bisnis akan lebih mudah dan akurat. Coba Jurnal sekarang juga!

Ringkasan

https://www.jurnal.id/id/blog/seo-marketing/