Sebutkan Jenis Jenis Ikan Badut? Jelaskan!

Ada berapa jenis-jenis ikan badut, dan karakteristiknya seperti apa

  1. Amphiprion chagosensis

Ikan badut Chagosensis merupakan ikan nemo yang paling banyak ditemukan di Samudra Hindia, dan sebagian kecil ditemukan di perairan Indosnesia. Ikan ini memiliki ukuran tubuh antara 10-18 cm dengan warna dasar orange, merah, kuning, merah kehitam-hitaman serta 2 corak putih pada tubuhnya. Di setiap corak putih, ada tepian yang bewarna coklat muda hingga hitam dan semua siripnya bewarna coklat kehitaman.

  1. Amphiprion polymnus

Amphiprion polymnus dikenal juga sebagai clownfish Saddleback atau ikan nemo kuning. Ikan jenis ini merupakan ikan nemo yang memiliki perpaduan warna antara hitam dan putih serta bercorak khas seperti ikan nemo lainnya. Yang menjadi ciri khas lainnya dari ikan ini ialah warna dari moncongnya, yaitu kuning hingga kejingga-jinggan.
Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang tubuh sekitar 13 cm, dimana ukuran betina biasanya lebih panjang dan besar bila dibandingkan dengan pejantannya. Ikan Amphiprion polymnus dapat kita temukan mulai dari perairan Indonesia, New Guinea(Papua Nugini), Filipina, Australia, dan Kepulauan Ryukyu, Jepang bagian selatan. Selain itu, Ikan ini mampu hidup sampai kedalaman 30 meter.

  1. Amphiprion sebae

Tidak jauh beda dengan sauadara-saudaranya yang lain ikan nemo jenis ini biasa hidup dengan anemon. Dari segi ukuran ikan ini memiliki panjang yang mencapai 14 cm dan memiliki duri punggung sekitar 10-11 duri. Untuk warna, ikan ini mempunyai warna hitam atau coklat tua dengan warna kuning pada kedua sirip dada dan sirip ekornya.
Kemudian dilengkapi corak warna putih. Di pasaran, ikan nemo ini sering tertukar dengan Amphiprion polumnus dan Amphiprion clarkii. Hal ini karena ketiganya sangat sulit untuk dibedakan. Amphiprion sebae adalah salah satu jenis ikan nemo yang mudah temukan di sebelah utara Samudra Hindia.

  1. Ocellaris clownfish

Ocenallaris clownfish atau Amphiprion ocellaris adalah ikan nemo yang berasal dari keluarga Amphiprion dan merupakan ikan nemo yang memiliki hubungan dekat dengan ikan Premnas. Ikan nemo jenis ini bisa kita temukan di Australia Utara, Asia tenggara, dan Jepang. Selain itu juga ikan ini memiliki beberapa varian warna yang menyesuaikan dengan tempat tinggalnya.
ikan nemo air tawar Misalnya untuk ikan nemo yang tinggal di perairan Australia Utara memiliki perpaduan warna putih dan hitam. Ketika masih muda, ikan nemo sangat suka sekali bertualang untuk mencari anemon laut sebagai tempat tinggalnya dan sekaligus membentuk simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Ketika sudah dewasa ikan nemo jenis ini bisa tumbuh hingga mencapai 11 cm.
Tubuhnya berbentuk oval dan gempal. Jika dilihat dari segi warna kita akan sangat kesulitan untuk membedakan antara ikan nemo Oranye clownfish dan ikan nemo ocellaris clownfish. Hal ini dikarenakan kedua ikan memiliki warna yang sama persis. Meskipun begitu, kita tetap dapat membedakan keduanya jika melihat corak warna hitam yang ada pada ikan. Ikan nemo ocellaris clownfish memiliki garis hitam yang lebih tebal dan memiliki sirip punggung yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Oranye clownfish.
Di alam bebas ikan nemo memiliki sifat hermafrodit protandrous yang berarti ikan nemo memiliki kemampuan untuk mengubah kelaminnya hanya pada waktu tertentu saja.

  1. Oranye clownfish (Amphiprion percula)

Secara umum Ikan nemo jenis ini lebih banyak dikenal dan lebih familiar dikalangan pecinta ikan karena sudah bisa dibudidayakan di dalam akuarium. Meskipun begitu, dalam pemiliharaannya ikan nemo jenis ini merupakan jenis ikan yang rumit dan membutuhkan ketelatenan yang tinggi ketika dibudidayakan. Meskipun begitu rumit, banyak para kolektor yang ingin sekali memeliharanya, gerakannya yang lincah dan warnanya yang cerah menjadi alasan utama dan daya terik tersendiri bagi pecintanya.

  1. Premnas biaculeatus

Ikan nemo jenis ini memiliki sebutan yaitu ikan anemon merah marun. Sesuai dengan sebutannya ikan ini mempunyai corak yang cukup unik yaitu merah marun dan berpadu dengan warna putih sehingga bagi siapa saja yang melihat ikan ini akan mengesannkan bahwa ikan ini memiliki warna yang begitu cerah.
Ikan nemo jenis ini bisa kita temukan diperairan Indo-Pasifik yang dumulai dari Lautan sebelah barat Indonesia sampai Taiwan dan kawasan coral sea. Selain itu, ikan ini sering dijadikan sebagai ikan hias oleh para pecinta ikan hias air laut. Namun dengan kecanggihan teknologi masa kini, ikan nemo kini bisa dipelihara di air tawar.
Jadi bagi kalian yang sudah terlanjur kepincut dengan ikan ini tidak perlu khawatir, Karena ikan ini sudah bisa kita pelihara di akuarium dengan sumber air tawar bukan air laut lagi. Ikan ini memiliki panjang tubuh yang mencapai 17 cm.
Sama halnya dengan ikan anemon lainnya ikan ini membentuk simbiosis mutualisme dengan anemon laut. Meskipun anemon laut memiliki tentakel yang bisa menyengat, namun sengatan itu tidak akan berpengaruh sama sekali kepada ikan nemo. Di habitat aslinya ikan biasa memakan zooplankton dan ganggang laut atau bisa juga menggunakan pellet khusus.