Sebutkan dan jelaskan langkah awal dalam plan quality management?

image

Konsep dasar Total Quality Management dapat meliputi 3 hal yakni Perencanaan (Planning), Pengendalian (Control) dan Peningkatan (Improvement). Untuk selanjutnya lebih memahami tentang Perencanaan Kualitas (Quality Planning). Sebagaimana ajaran dari Dr. Joseph M. Juran salah satu Guru dalam Bidang Quality Management, maka apa saja aktivitas Perencanaan Kualitas (Quality Planning) ?

  1. Identifikasi Pelanggan
    Sebagai Pelaksana Lapangan ataupun sebagai Konseptor sebuah Perencanaan Kualitas perlu menegaskan tipe dan karakter pelanggan yang akan dijadikan konsumen produk perusahaan, baik barang atau jasa. Identifikasi pelanggan ini memperkuat dalam melangkah menentukan Perencanaan Kualitas yang tepat dan benar.

  2. Menentukan Kebutuhan Pelanggan
    Dengan adanya Identifikasi Pelanggan yang tepat, maka akan mampu menemukan jenis kebutuhan dan keinginan pelanggan dari produk yang akan dibuat. Pada umumnya pelanggan selalu menginginkan produk terbaik, artinya memiliki kualitas yang sempurna dari sebuah produk. Tingkat toleransi seorang pelanggan sangat rendah dalam melihat kulitas sebuah produk.

  3. Menciptakan Keistimewaan Produk
    Produk yang akan dibuat dan di-deliver kepada pelanggan tidak harus merupakan produk temuan baru atau jenis yang belum pernah ada sebelumnya di pasar. Cukup memberikan nilai atau value yang berbeda dari produk tersebut sehingga menjadi sebuah keistimewaan produk bagi pelanggan. Nilai atau Value ini didapatkan dari Identifikasi Pelanggan dan Kebutuhan mereka. Dapat melakukan market research sebelumnya, atau sekedar melempar kuisioner kepada pelanggan lama untuk mencari Umpan Balik (feedback) dari produk tersebut.

  4. Menciptakan Proses yang Menghasilkan Keistimewaan Produk
    Produk Istimewa merupakan hasil dari sebuah proses yang benar dan menghasilkan output sebuah produk yang istimewa. Dalam Perencanaan Kualitas harus dapat melakukan identifikasi setiap proses di setiap level pelaksana, dan melakukan perubahan menjadi sebuah proses yang efektif dan efisien serta memberikan peningkatan mutu atau kualitas hasil akhir.

  5. Transformasi Proses menjadi Operasional
    Sebuah Proses yang dirancang dalam bentuk System Operating Procedure perlu diimplementasikan sampai level operasional, dan Tim perlu melakukan sosialisasi dan pelatihan. Proses yang telah dibuat dengan baik dan benar dalam tahapan operasional mungkin mendapatkan beberapa kendala, sehingga disinilah peran dalam meyakinkan setiap proses dapat berjalan pada setiap fungsi operasional.