Sebutkan alat apa saja yang digunakan dalam permainan musik Dangdut!

Musik dangdut tak hanya didominasi oleh suara kendang, namun ada beberapa alat musik lain yang mendukung dalam permainan musik Dangdut. Selain alunan hentakan kendang yang menggoda, sejumlah intrumen musik lainnya pun memiliki andil dalam sajian lagu dangdut.

Dalam memainkan musik Dangdut tidak hanya memerlukan suara yang merdu. Namun peran alat musik juga sangat diperlukan. Tanpa alat musik, permainan musik Dangdut tidak akan menarik. Sehingga musik Dangdut tidak bisa membuat penikmat nya merasa suka terhadap musik Dangdut. Berikut merupakan alat- alat yang digunakan untuk permianan musik Dangdut :

1.Ketipung
2. Seruling
3. Gitar
4. Tamborin
5. Organ
6. Terompet
7. Kendhang
8. Harmonika
9. Piano
10. Gitar Melodi
11. Gitar Rythem
12. Drum
13. Saxophone
14. Biola
15. Marakas

**Referensi : **

Siapa yang tak tergoda untuk bergoyang ketika musik dangdut dimainkan. Selain alunan hentakan kendang yang menggoda, sejumlah intrumen musik lainnya pun memiliki andil dalam sajian lagu dangdut. Yuk simak alat musik apa saja yang dimainkan sebagai pengiring dalam sebuah lagu dangdut.

  1. Kendang
    Alat musik pukul tradisional yang satu ini merupakan alat musik utama dalam sajian musik dangdut. Bahkan setiap Orkes Melayu memiliki ketukan tabuhan kendang yang unik yang menjadi pembeda antar sesama Orkes Melayu. Kendhang dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tangan kosong. Seorang penabuh kendhang dalam musik dangdut biasanya diharuskan memahami dan menguasai berbagai irama ketukan dalam musik dangdut.

  2. Seruling
    Seruling atau suling adalah satu dari sekian lat musik yang sudah jamak dikenal oleh penikmat musik dangdut. Suling yang umumnya dimainkan dalam musik dangdut adalah suling bambu dimana suling bambu mampu mengeluarkan bunyi merdu yang khas, dan kekhasan ini kini identik dengan musik dangdut. Namun tak semua pemain seruling mampu mengeluarkan nada nada merdu yang menghanyutkan, dibutuhkan keahlian dan kemampuan khusus dalam memainkan seruling. Faktor utama yang mempengaruhi kualitas permainan pemain seruling adalah pernapasan.

  3. Gitar
    Alat musik petik modern ini digunakan sebagai alat musik pengiring dalam sajian musik dangdut. Tak hanya sebagai pengiring, Giitar juga seringkali dimainkan untuk mengisi melodi dalam lagu. Penggunaan gitar dalam musik dangdut yang paling mencolok adalah gitar milik raja dangdut Rhoma Irama, dimana gitar tersebut merupakan gitar listrik tanpa kepala, atau yang lebih dikenal sebagai gitar buntung. Bahkan Gitar tersebut sudah identik dengan Rhoma irama.

  4. Organ
    Saat ini Organ yang umumnya digunakan adalah organ elektrik dimana suara yang dihasilkan berasal dari mesin. Organ digunakan sebagai pengiring lagu dangdut bernuansa melow dan sendu. Seringkali Organ dimainkan sebagai sajian pembuka, atau intro dalam sebuah lagu dangdut dan juga dimainkan sebagai penutup diakhir lagu. Cara memainkan Organ tak jauh berbeda dengan Keyboard atau piano.

  5. Tamborin
    Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara digoyang maupun di tabuh dengan tangan. Suara gemerincing yang dihasilkan oleh piringan piringan besi pada pinggir Tamborin menjadi ciri khas alat musik ini.

  6. Terompet
    Alat musiik modern tiup ini juga kerap muncul dalam sajian musik dangdut. Keberadaan terompet dalam sebuah lagu dangdut juga tak lepas dari kebutuhan untuk menambah dan merubah warna lagu. Alat musik terompet memiliki tiga tut pengatur nada. Kualitas permainan terompet bergantung pada kualitas pernapasan orang yang memainkannya.

  7. Bass
    Bass merupakan alat musik modern dengan 4 dawai yang memiliki bentuk tubuh seperti gitar. Bass digunakan sebagai pengiring dan pelengkap dalam sebuah lagu, termasuk lagu dangdut. Sama halnya denganjenis musik lain seperti rock atau pop, bass dalam musik dangdut selain sebagai pengiring Bass juga berfungsi sebagai pengatur tempo dan irama.

  8. Piano
    Piano juga merupakan alat musik yang jamak digunakan saat mengiringi sebuah lagu dangdut. Biasanya piano dimainkan sebagai intro dalam sebuah lagu dangdut. Lagu lagu dangdut klasik biasanya menggunakan piano sebagai pengiring dan menjadi bagian dari lagu tersebut.

  9. Harmonika
    Harmonika juga sering ditemui dalam pagelaran pagelaran musik dangdut pantura, penambahan alat musik harmonika biasanya bertujuan sebagai penambah warna dalam sebuah lagu. Alat musik tiup ini biasanya dimainkan sebagai pembuka dari sebuah lagu dangdut, mengisi bagian melodi maupun diguanakan sebagai penutup dari sebuah lagu dangdut. Dibutuhkan kemampuan pernapasan yang mumpuni dalam memainkan harmonika, karena kualitas suara Harmonika bergantung pada kualitas pernapasan pemainnya.

  10. Drum
    Meski sudah ada kendhang, namunkeberadaan drum juga tetap diperlukan dalam sajian usik dangdut. Drum yang merupakan alat musik pukul modern ini menghasilkan suara melalui selaput membran yang biasanya dibuat dari bahan sintesis seperti plastik.

  11. Saxophone
    Penggunaan sexophone dalam musik dangdut biasanya muncul ketika sebuah lagu dangdut mengadopsi atau menggabungkan genre dari musik lain. Penggunaan Sexophone biasanya memberikan nuansa dan warna berbeda dalam sebuah lagu dangdut. Jangkauan sexophone jauh lebih luas daripada terompet. Tuts yang dimiliki sexophone juga jauh lebih banyak daripada terompet.

  12. Keyboard
    Alat musik tekan ini merupakan alat musik modern yang menghasilkan suara atau nada dari mesin. Sebuah keyboard mampu menghasilkan beragam suara, mulai dari suara gitar hingga terompet. Kemampuan ini tidak lepas dari mesin yang ada di dalam tubuh keyboard. Sebuah keyboard dapat berjalan dengan bantuan listrik atau baterai. Cara memainkan keyboard tidak jauh berbeda dengan cara memainkan organ maupun piano.

  13. Biola
    Alat musik gesek ini biasanya dimainkan dalam musik dangdut melayu. Biola memiliki 4 dawai dengan masing masing dawai memiliki nada dasar G,D,E dan A. Suara biola kerap muncul dalam sajian musik dangdut klasik dan dangdut melayu. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara menggesekkan dawai menggunakan busur gesek.

  14. Triangle
    Alat musik ritmis modern ini juga kadang digunakan dalam sebuah sajian musik dangdut,baik live televisi maupun show panggung outdoor. Alat musik berbentuk segitiga ini dimainkan dengan cara dipukul, namun perlu diperhatikan, bahwa saat memukul Triangle pemian musik tidak diperbolehkan menyentuh badan Triangle karena dapat merusak kualitas suara yang dihasilkan.

  15. Marakas
    Marakas adalah alat musik ritmis modern yang juga digunakan dalam sajian musik dangdut. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menggoyang goyangkan marakas hingga menghasilkan suara.

Demikian ulasan mengenai 15 alat musik yang sering digunakan dalam sajian seni musik dangdut.