Seberapa sering harus membersihkan kandang tarantula?

Dalam menjaga kebersihan kandang untuk tarantula perlu diperhatikan, seberapa sering saya harus membersihkan kandang agar tetap terasa nyaman dan sehat bagi tarantula ?

images

Ada dua jenis dalam hal membersihkan kandang :

  1. Mengambil kulit bekas molt dan sisa makanan yang mati. Hal ini harus dilakukan sehari atau beberapa hari setelah memberi makan. Hal ini membantu dalam mengurangi bau, mencegah potensi timbulnya kutu/tungau/lalat.
  2. Selanjutnya adalah tahap pembersihan secara keseluruhan kandang. Hal ini biasanya dapat dilakukan setiap 8 bulan sekali untuk tarantula dewasa dan tarantula yang berukuran lebih dari 10cm. Sedangkan tarantula yang lebih kecil biasanya dipindahkan sesuai tingkat pertumbuhannya ke kandang baru saat sudah membesar secara lebih sering dibanding jangka waktu 8 bulan tadi.

Mengganti kandang tarantula terlalu sering dapat menimbulkan stress dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan terhadap lingkungan barunya. Dan mengganti kandang tarantula terlalu jarang juga dapat mengakibatkan tarantula sters karena lingkungan/kandang yang tidak higienis.