Seberapa sering harus melakukan potong rambut

Untuk menjaga gaya rambut agar tetap rapi dan cantik, sebaiknya rutin memotong ujung rambut atau trim secara rutin. Namun, kapan sebaiknya hal ini dilakukan?

images (8)|690×300

Bagi Rambut Pendek

Umumnya, rambut mengalami penambahan setengah inci (sekitar 1,27 cm) setiap bulan. Namun, ada pula orang yang pertambahan rambutnya lebih banyak dan ada yang lebih sedikit.

Maka, frekuensi memotong rambut pun sebenarnya disesuaikan dengan gaya rambut yang Anda miliki. Bila rambut Anda pendek, hair stylist Patrick Cameron dari The London Hairdressing Apprenticeship Academy menyarankan agar Anda memotong rambut setiap lima hingga enam minggu.

“Karena, rambut bergaya pendek cenderung mudah kehilangan bentuk ketika sudah lebih dari lima minggu,” jelas Patrick.

Bagi Rambut Panjang

Sebaliknya, bagi pemilik rambut panjang, Anda tidak perlu terburu-buru, karena frekuensi untuk memotong rambut Anda longgar. “Sebenarnya, satu atau dua kali dalam setahun juga cukup. Tapi, saya merekomendasikan agar Anda memotong rambut setiap tiga hingga empat bulan. Hal ini untuk menjaga kesehatan rambut,” ucapnya.

Bagi Rambut Berwarna

Rambut ini sebenarnya termasuk tipe rambut yang sudah rusak, karena tercampur dengan bahan kimia. Jika Anda ingin membuat rambut kembali sehat, frekuensi memotong rambut yang dianjurkan adalah sebulan sekali. Dengan begitu, rambut yang rusak bisa pelan-pelan dibuang dan akar rambut yang sehat bisa tumbuh kembali.