Seberapa Percayakah Kamu Terhadap Fenomena Doppelganger?

image

Doppelgänger (dalam bahasa Jerman berarti double goer) merupakan suatu fenomena dimana seseorang dipercaya memiliki bayangan dalam wujud fisik yang menyerupai dirinya sendiri. Dalam sastra kuno yang beredar disebutkan bahwa munculnya doppelgänger ini merupakan pertanda bahwa kejadian yang buruk akan terjadi atau bahkan kematian seseorang sudah dekat. Sesuai dengan namanya, yaitu double goer atau double walker yang berarti penampakan kembar seseorang yang masih hidup dan biasanya mengarah pada hubungan tanpa ikatan darah.

Bagaimana pendapatmu mengenai fenomena tersebut? Benarkah memiliki wajah yang serupa dengan seseorang merupakan suatu kebetulan belaka? Apakah kalian memiliki pengalaman tentang hal ini?

Well, mungkin akan lebih mudah menjelaskan seberapa percayanya saya terhadap fenomena doppelganger dengan kembali ke definisi terlebih dahulu. doppelganger seperti yang sudah kamu sebutkan di deskripsi berasal dari bahasa Jerman yang artinya double walker atau artinya secara umumnya adalah kembar tidak sedarah. Istilah doppelganger sendiri sudah ada sejak tahun 1796 yang dimana istilah itu pertama kali dicetuskan oleh Johann Paul Ritcher untuk menjelaskan kepercayaan yang ada di kisah - kisah rakyat Jerman yang mempercayai jika setiap mahluk hidup memiliki " kembaran " yang tidak kelihatan tapi identikal. biasanya " kembaran " ini di persepsikan sebagai sisi lain dari spiritualitas diri kita. Biasanya sisi lain yang identikal namun berlawanan ini dipersepsikan sebagai sesuatu yang negatif dan pembawa sial.

Bahkan pada zaman dulu, orang - orang mempercayai jika kita melihat doppelganger dari diri kita sendiri maka itu tanda nya jika kematian kita sudah dekat seperti misalnya Presiden AS ke-16, Abraham Lincoln mengakui jika ia pernah melihat doppelgangernya sendiri di sebuah cermin di kamarnya di Gedung Putih. Lincoln mendeskripsikan jika bayangan dirinya yang ia lihat itu persis dirinya namun berwajah lebih pucat. Istrinya berpendapat jika itu adalah pertanda jika Lincoln akan terpilih lagi menjadi Presiden untuk yang kedua kalinya dan memang benar, ia memenangkan pemilu presiden 1864 yang membuatnya terpilih lagi untuk masa jabatan berikutnya, tetapi setahun berikutnya pada tahun 1865, Lincoln meninggal dunia usai ditembak dari jarak dekat oleh John Wilkes Booth saat sedang menonton teater bersama istrinya. hal ini seolah menegaskan " kebenaran " dari kepercayaan orang - orang di masa lalu mengenai doppelganger sebagai pertanda yang amat buruk.

Sejauh ini, saya sudah banyak membaca beberapa sumber mengenai serba - serbi dari doppelganger ini sendiri. doppelganger ini sendiri merupakan fenomena yang menarik untuk di bahas karena ada sebuah pendapat yang megatakan jika pasangan doppelganger sempurna memiliki kemungkinan muncul dengan peluang sebesar 1 : 135 yang artinya secara matematis, ada kemungkinan jika dua doppelganger itu ada tapi kemungkinannya sangatlah kecil dan mendekati tidak mungkin. Tetapi, banyak juga orang - orang yang memiliki wajah yang sangat mirip layaknya saudara kembar namun tidak sedarah alias mereka terlahir dalam keluarga yang sangat berbeda. sudah banyak foto - foto yang beredar di internet yang menampilkan saudara kembar tidak sedarah ini. Terkadang ada juga foto - foto orang zaman dulu atau lukisan tua yang menampilkan wajah seseorang, ternyata di masa sekarang memiliki kembarannya.

Terlepas dari mitos - mitos yang ada, saya berpikir jika fenomana doppelganger ini sendiri adalah sebuah fenomana unik yang menunjukan betapa misteriusnya dunia yang kita tinggali ini sekaligus sebuah bentuk keajaiban yang Tuhan ciptakan untuk kita.