Seberapa pentingkah mengetahui Love Languange Orang terkasih?

Love languange atau bahasa cinta diperkenalkan oleh Dr.Gary Chapman penulis asal Amerika dalam bukunya :open_book: Five Love Languange singkatnya ini adalah cara seseorang mengekspresikan rasa cinta dan sayangnya, juga cara dia menerima rasa cinta dari orang terkasih. Mungkin muncul pertanyaan di pikiran kalian, “Buat apa sih tau tentang bahasa cinta?”, “Kayaknya tanpa bahasa tersebut hubungan pertemanan,keluarga, dan percintaan juga adem ayem aja tuh”. iya sih youdics, tapi kita gak pernah tau nih sebenarnya doi dan orang terkasih merasa puas gak sih dalam hubungan kalian. Bisa aja selama ini mereka cuma pura-pura seneng biar gak nyakitin perasaan kalian.

Dr.Gary Chapman membagi bahasa cinta kedalam 5 jenis, ini dia diantaranya :

1.Words of affirmation
adalah bahasa cinta bagi orang-orang yang merasa menunjukkan atau menerima rasa sayang dan cintanya dengan kalimat kalimat positif, pujian, apresiasi, dukungan,atau kalimat lainnya yang menunjukkan rasa sayang. Tapi youdics, harus inget nih jangan sembarang ngomong karena mereka dengan tipe ini sangat handal membedakan kalimat tulus dan basa basi pemanis.
2. Quality time
Sedangkan kamu dengan tipe ini sangat berfokus pada kualitas waktu yang dihabiskan bersama. Sederhananya kalian mampu merasa dicintai ketika orang terkasih mampu memberikan waktu dan menghabiskan waktu tanpa gadget dan melakukan hal hal yang disukai bersama seperti mengobrol, atau mengeksplor tempat baru.
3. Act of Service
“Talk less do more” mereka dapat merasakan dicintai dengan perlakuan dan aksi kalian sebagai orang terkasih dimulai dari yang sederhana sampai yang wah banget nih misalnya, ketika kalian membantu tugas perkuliahannya yang ternyata kompleks banget, atau sekedar dipasangin helm dan dianterin sampai rumah dengan selamat mereka bisa girang banget loh youdics.
4. Receiving Gifts
dari namanya juga udah keliatan banget ya youdics! mereka dengan tipe ini senang ketika menerima hadiah hadiah kecil contohnya ketika sedang minggu UAS terus youdics sebagai orang terkasih berinisiatif beliin doi atau temen kalian makanan atau minuman kesukaan mereka dijamin baca matkul UAS sambil senyum senyum nih
5. **Physical touch
Bukan berarti kalian melakukan hal negatif ya youdics, melainkan bentuk afeksi kalian terhadap orang terkasih. misalnya ketika berada dekat dengan orang terkasih, mengelus kepala,bahu sebagai bentuk afeksi dan proteksi teman teman terhadap mereka.

Setelah Youdics mengetahui ternyata ada berbagai jenis bahasa cinta, menurut youdics penting gak sih mengetahui bahasa cinta orang terkasih seperti teman, keluarga, rekan kerja, rekan organisasi dan pasangan ? kenapa? Coba telusuri dan mulailah berkomunikasi ala bahasa cinta yang dikenalinya!
Youdics juga bisa mengetahuinya dengan mengunjungi test online yang disediakan beberapa web contohnya https:// www.5lovelanguages.com/
selamat mencoba! :raised_hand_with_fingers_splayed:t3::heart:

2 Likes

Menurut pendapatku mengenali love language orang terkasih merupakan hal yang sangat penting. Dengan kita mengenali love language pasangan kita tentunya dapat membuat kita saling mengenal dan memahami kemauan satu sama lain. Selain itu, kita juga dapat menyampaikan rasa kasih sayang dengan tepat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pasangan kita, sehingga semua hal yang kita lakukan tidak sia-sia. Hal seperti inilah yang menyebabkan hubungan antar pasangan menjadi lebih harmonis. Oleh karena itu, mengetahui love language seseorang merupakan hal yang sangat penting. Love language ini juga tidak melulu mengenai pasangan, tetapi kita juga bisa mengaplikasikannya kepada sahabat, orang tua, saudara, teman, dan lain sebagainya.

2 Likes

Penting banget. Bukan cuma ke pacar atau kekasih, tapi juga ke keluarga maupun sahabat terdekat.

Mengetahui love language seorang yang kita sayang bisa membantu kita bagaimana kita lebih memahami mereka, terlebih saat mereka membutuhkan orang lain. Apa yang mereka butuh, apa yang mereka suka, dapat kita ketahui dari love language mereka masing-masing.

Tapi, bukan berarti jika kita mempunyai teman atau orang terdekat yang love language-nya berbeda, kita tidak bisa dekat dengan mereka. Kita tetap bisa memahami satu sama lain dengan caranya masing-masing. Perbedaan itu indah kan?

2 Likes

penting banget! biar lebih peka terhadap orang2 disekitar kita sebelum mereka nyampein langsung apa yang mereka maksud

2 Likes

penting banget sih. yang namanya bahasa kan buat komunikasi, kalo ga saling mengerti bahasa satu sama lain kan repot juga.

2 Likes

penting bangett sih kita mengetahui bahasa cinta orang, apalagi buat org terkasih. Dengan kita tahu, jadi kita bisa seenggaknya tahu gimana memperlakukan mereka yang apa dia inginkan untuk menunjukkan bahasa cinta. Misalkan, dia lebih suka dengan quality time dan kamu oranf yang lebih menyukai receiving gift, nah dengan perbedaan itu kamu dan dia bisa menyeimbangkan jika kalian saling tahu bahasa cinta masing masing

2 Likes

Naah agree bangeet. Disini aku belajar bahwa love language is the important thing. That’s why dari love language ini kita belajar cara memperlakukan orang. Karena sejatinya manusia itu berbeda dalam memperlakukan dan diperlakukan. Kita sendiri pun punya cara sendiri untuk memperlakukan orang dan punya keinginan diperlakukan sama seseorang seperti apa kan?.
Dari perbedaan yang ada kita bisa tahu cara yang tepat menyatakan rasa sayang itu seperti apa kepada orang" yg kita sayangi diantara 5 cara yang dipaparkan tadi. Dengan begitu perlakuan kita terhadap mereka bisa tersampaikan dengan baik dan tidak terjadi salah paham atau mungkin sering dibilang ga peka ga ngerti or anything else. And surely when we gonna talk about love language it’s not mean Just to our boyfriend/girlfriend. Tp ini merujuk kepada semua orang yang kita sayang. Baik itu persahabatan, ortu dan anak, persaudaraan, or anything else. Bcz when we have right love language, we Will have Quality relationship with everyone we love🤗

2 Likes