Seberapa Penting Pola Asuh Berpengaruh Kepada Perkembangan Karakter Seseorang Saat Dewasa?

041798400_1587810934-Pola-Asuh-Otoriter-shutterstock_551944534

Pola asuh anak adalah suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa. Hal ini menjadi tanggungjawab orangtua sebab orangtua merupakan guru pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal, baik secara akademik maupun kehidupan secara umum.

Orangtua merupakan guru pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal, baik secara akademik maupun kehidupan secara umum. Itulah mengapa, orangtua punya tanggung jawab besar dalam memberikan asuhan yang tepat untuk anak. Setiap orangtua perlu punya dasar pola asuh yang baik agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bisa dan sesuai dengan masyarakat.

Akan tetapi seperti yang kita ketahui bersama, kesadaran mengenai edukasi pola asuh anak di Indonesia masih belum menjangkau seluruh kalangan. Mayoritas orang tua menerapkan pola asuh hanya berdasarkan pengalaman bagaimana mereka dididik sewaktu kecil. Padahal belum tentu hal tersebut adalah langkah yang tepat, mengingat pola asuh harus disesuaikan dengan perkembangan jaman dan karakter anak itu sendiri.

Jadi, menurut kalian seberapa penting edukasi mengenai pola asuh anak? Khususnya mengenai dampaknya bagi perkembangan karakter anak ketika beranjak dewasa?

Source : Informasi Terlengkap Tentang Pola Asuh Anak | Halodoc.com

sangat penting menurutku karena ada usia disebut golden age dimana orang tua perlu memperhatikan perkembangan anaknya dengan baik. memberikan contoh yang baik, apa yang boleh dilakukan apa yang tidak boleh dilakukan, mengajarkan hal-hal baru kepada anak yang baru mengetahui dunia. aku pernah dengar istilah jika anak adalah peniru yang baik. maka sebagai orang tua berikanlah contoh yang baik agar anak dapat berkembang dengan cara yang positif. menunujukkan kasih sayang menjauhi pertengkaran, mengajari adab ataupun sofskill berupa bahasa kepada anak akan membentuk karakter anak menjadi sosok yang diharapkan.

1 Like

Menurut saya sangat penting dikarenakan seorang anak ibarat cerminan dari orang tuanya. Anak yang diasuh dengan pola asuh yang baik maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Sebaliknya, anak yang diasuh dengan pola asuh yang buruk akan tumbuh menjadi anak dengan pribadi yang buruk. Seorang anak yang ada dalam didikan orang tua yang broken home cenderung mempengaruhi pribadi anak tersebut. Anak yang dibiasakan disiplin sejak dini akan memiliki sifat disiplin sampai tumbuh dewasa kelak.

1 Like

Menurut saya sangat penting. Interaksi antara orang tua dan anak sedari kecil dapat mempengaruhi bagaimana anak bertumbuh ke depannya. Pola asuh dari orang tua akan mempengaruhi di antaranya perkembangan fisik, emosi, sosial, mental, dan spiritual anak. Orang tua yang baik akan mencontohkan dan membiasakan anak untuk berbuat baik, dan itu akan membentuk kepribadian sang anak ketika beranjak dewasa.

1 Like

Menurut saya sangat penting seperti yang dijelaskan oleh web halodoc berikut:

“Perkembangan karakter anak sangat berkaitan dengan pola asuh yang diterapkan oleh orangtuanya. Ibu tidak boleh selalu memanjakan anak, tetapi juga tidak boleh terlalu mengekang. Perlu ada keseimbangan di antara keduanya agar anak menjadi pribadi yang baik.”

Perkembangan Karakter Anak Melalui Pola Asuh yang Benar
Setiap orangtua mempunyai metodenya sendiri untuk membesarkan anaknya. Pola asuh yang diterapkan ternyata dapat memengaruhi perkembangan karakter pada anak, baik saat dirinya masih kecil hingga dewasa nanti. Pola asuh yang benar dapat mendorong perkembangan diri anak, baik secara mental, sosial, maupun psikologis.

https://www.halodoc.com/artikel/pola-asuh-anak-berpengaruh-pada-perkembangan-karakternya