Seberapa penting pendidikan sejak dini ?

Pendidikan adalah merupakan hal yang penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Seberapa penting pendidikan sejak dini ?

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan adalah merupakan hal yang penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga Negara dan Pendidikan Jenjang, baik jenjang pendidikan anak waktu dini , pendidikan dasar, pendidikan menengah atau tinggi. Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahirnya layanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan dengan Pemahaman akan anak-anak pertumbuhan dan perkembangannya akan sangat membantu dalam menyesuaikan proses belajar untuk anak-anak dengan orang, kebutuhan, dan kondisi masing-masing, baik secara intelektual, emosional dan sosial.

Apa itu sih pendidikan masa dini? Pendidikan rakyat waktu dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang tergabung dalam pembinaan yang bertujuan untuk mencapai usia enam tahun yang dilakukan melalui pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak-anak memiliki kesiapan dalam pendidikan lebih lanjut, yang dilakukan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Mengapa pendidikan anak pertama itu sangat penting?
Berdasarkan hasil penelitian sekitar 50% kapabilitaas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak-anak 4 tahun, 8 0% telah terjadi perkembangan yang berhubungan dengan jaringan otak kompilasi anak-anak 8 tahun dan mencapai puncaknya ketika mereka bekerja 18 tahun, dan setelah itu dilakukan perbaikan gizi tidak akan berpengaruh pada perkembangan kognitif.

Hal ini berarti bahwa perkembanganyang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama yang sama dengan pengembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Hal ini merupakan periode yang sangat sulit bagi anak-anak, dimana perkembangan yang terjadi pada periode ini sangat berpengaruh pada masa masa dewasa. Biasanya masa emas ini hanya datang sekali, itu pun terlewatkan berarti habislah peluangnya.

Menurut Byrnes, pendidikan anak-anak usia dini akan memberikan persiapan anak-anak masa masa keuarga, yang paling dekat adalah sepanjang masa sekolah. “Saat ini, beberapa taman kanak-kanak sudah meminta siswa yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan berhitung. Di masa TK pun sudah mulai bersosialisasi dan pemecahan masalah. Karena kemampuan-kemampuan itu sudah bisa dukung sejak waktunya dini, ”jelas Byrnes.

Selanjutnya menurut Byrnes, bahwa pendidikan anak-anak dini itu sangat penting, karena di sinilah anak-anak pendidikan yang paling bagus. Di masa inilah anak-anak harus membuat kesiaptahun dalam masa masa sekolah dan masa depan. Apa yang bisa Anda berikan untuk anak-anak adalah persiapan pendidikan mereka di waktu dini . Ada dua tujuan yang perlu diadakan pendidikan anak waktu dini, yaitu:

Tujuan utama: untuk anak-anak yang berkualitas, yaitu anak-anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Mereka memiliki kesiapan yang optimal dalam pendidikan dasar dan mengarungi kehidupan di masa dewasa.
Tujuan penyerta: untuk membantu anak-anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Singkatnya, pendidikan anak-anak dini hari adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (teratur motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan pikiran, kecerdasan cerdas), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak waktu dini .

Apa itu anak-anak yang mendapatkan pendidikan anak- anak yang akan memulai pendidikan anak pertama kali ?

Menurut Byrnes (Peraih gelar Perempuan Tahun Ini dari Vitasoy di Australia) di lembagapendidikan anak-anak dini yang bagus, anak-anak akan belajar menjadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, percaya diri, memiliki rasa ingin tahu yang besar, bisa mengambil ide, mengembangkan ide, pergi ke sekolah dan belajar, cepat beradaptasi, dan semangat untuk belajar .

Sementara, anak yang tidak mendapat pendidikan akan memulai, akan menerima sesuatu. Anak yang tidak mendapat pekerjaan tepat waktu akan tepat, akan seperti mobil yang tidak bensinnya tiris. Anak-anak yang berpendidikan banyak waktu akan memiliki penuh, mesinnya akan langsung berjalan seperti halnya di tempat baru. Sementara anak yang tidak berpendidikan dini akan kesulitan memulai mesinnya, jadinya lamban.

Tidak bisa dipungkiri itupendidikan anak-anak dini adalah pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Begitu pentingpendidikanini tidak mengherankan banyak informasi yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan ini hingga pemerintah Indonesia memberikan layanan pendidikan gratis hingga tingkat SMP.