Seberapa Penting kah Self-Love dan Self-Care untuk kita?

image

Di jaman sekarang, banyak orang yang mengatakan jika kita harus menerapkan self-love dan self-care terhadap diri kita sendiri yang memiliki kaitan terhadap isu kesehatan mental. self-love sendiri pada definisinya mengacu kepada segala kegiatan atau aktivitas yang membuat kita semakin mencintai diri kita, sedangkan self-care mengacu pada aktivitas merawat diri untuk mencapai keseimbangan pikiran, raga, serta jiwa.

Nah bagi para youdics sendiri, seberapa penting sih bagi kita melakukan self-love dan self-care berdasarkan opini dan pengalaman kalian ?

belajar mencintai diri sendiri sangat penting untuk hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat dalam setiap aspek kehidupan. self-love dapat mempengaruhi siapa yang akan kita pilih sebagai pasangan hidup, bayangan yang diproyeksikan dalam bekerja, bagaimana cara kita menyelesaikan pekerjaan, bagaimana cara berinteraksi dengan orang-orang sekitar dan bagaimana kita menyelesaikan masalah yang ada di dalam hidup. berlatih self love juga dapat mengurangi risiko mengembangkan isu kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan perfeksionis. selain itu juga dapat meningkatjan optimisme dan dapat membantu mengurangi stress terutama ketika berhadapan dengan berbagai tantangan hidup.

tapi banyak orang yang mengangap kalau perilaku self love ini adalah sesuatu bentuk keegoisan seseorang. memikirkan keluarga, teman, pacar itu tidak salah tetapi diri kitapun butuh perawatan dan perhatian. terkadang jika terlalu memikirkan orang lain, kita sampai lupa juga dengan diri kita dan juga bisatidak mengenali diri sendiri. banyak hal yang tidak diinginkan terjadi di luar kendali kita yang menggoyahkan self love.

sepengalaman ku, self love ini sangat penting dalam perkembangan diri kita kearah yang positif. karena kita bukan robot yang bekerja 24 jam tanpa istirahat dan memperdulikan diri. kita memerlukan asupan agar kuat setiap harinya menghadapi berbagai macam rintangan yang tak jarang memiliki konflik batin pada diri kita. tidak apa egois untuk kegaikan diri sendiri yang memerlukan perhatian lebih.

Menurut aku walaupun self-love dan self-care itu merupakan dua hal yang berbeda, namun mereka memiliki kedudukan yang sama-sama penting untuk dilakukan. Melakukan dua hal tersebut berarti kita belajar untuk memahami diri sendiri, menyayangi diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan juga peduli dengan diri sendiri. Kedua hal tersebut juga pastinya dapat memenuhi gaya hidup yang lebih sehat, baik secara fisik maupun mental seseorang.

Self-love didefinisikan sebagai penghargaan terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan diri sendiri. Ada tiga jenis self love:

  • Fisik—mengacu pada bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri
  • Mental—mengacu pada bagaimana Anda memikirkan diri sendiri (penerimaan diri)
  • Psikologis—mengacu pada bagaimana Anda memperlakukan diri sendiri (harga diri)

Agar terwujud, Anda harus menjadikan diri Anda sebagai prioritas. Mengembangkan cinta diri membutuhkan waktu, jadi Anda harus melatihnya setiap hari. Berikut empat manfaat Self Love:

Dapatkan kepuasan hidup

Ketika Anda benar-benar mencintai diri sendiri, Anda menciptakan pola pikir penerimaan. Anda menjadi bersedia untuk menerima tahapan dan situasi hidup Anda, dan bertanggung jawab atas tindakan Anda. Anda juga mengenali dari mana datangnya cinta, kebahagiaan, gairah, dan keaslian. Ketika Anda mengakui kekuatan yang Anda miliki atas hidup Anda, Anda menjadi puas dengan bagaimana Anda menjalaninya. Cukup merasa puas dengan hidup Anda memiliki dampak mental yang besar, berkontribusi pada kehidupan stres yang lebih rendah secara keseluruhan.

Kembangkan gaya hidup sehat

Selama perjalanan mencintai diri sendiri, Anda pasti ingin memberikan semua yang dibutuhkan tubuh Anda: tidur, makanan, air, dan olahraga. Menjalani gaya hidup sehat sulit bagi kebanyakan orang, tetapi itu dapat dilakukan untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda. Mencintai diri sendiri akan memberi Anda motivasi untuk memasukkan tujuan Anda ke dalam rutinitas harian Anda. Hasil positif dari gaya hidup Anda akan segera bersinar saat Anda membangun kepercayaan diri untuk memulai tantangan baru. Manfaat mengembangkan kebiasaan sehat termasuk bersyukur, menghabiskan waktu sendirian, melatih perhatian, memaafkan, dan bangga dengan kepercayaan diri Anda.

Belajar menghadapi kesulitan

Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda akan merasa kurang stres atau tidak nyaman ketika melalui peristiwa atau situasi yang sulit. Anda tidak akan bersaing dengan atau membandingkan diri Anda dengan orang lain. Anda akan menerima kesulitan Anda. Anda akan menjadi seorang pemikir yang optimis, dan Anda akan bersedia untuk menjadi kreatif dan mencoba hal-hal baru.

Kembangkan harga diri yang sehat

Dengan cinta-diri, Anda akan mengembangkan harga diri yang sehat, yaitu perasaan baik tentang diri Anda, pendapat Anda, dan kemampuan Anda. Memiliki harga diri yang sehat berarti Anda memahami kegagalan adalah kesempatan belajar, bukan indikator kekalahan yang menyakitkan. Kebanggaan dan kepercayaan diri Anda tidak mudah berkurang ketika Anda menghargai pendapat dan kemampuan Anda. Dalam tugas dan aktivitas sehari-hari, Anda akan menyelesaikan berbagai hal tanpa ragu-ragu. Harga diri memainkan peran besar dalam kesehatan mental Anda. Dengan memiliki tingkat harga diri yang tinggi, Anda akan cenderung tidak menderita kesepian, penyalahgunaan obat atau alkohol, atau kecemasan.

Jadi, self love itu penting.

Sumber : https://www.healthymepa.com/2018/05/15/4-benefits-self-love-important/

Sangat amat penting. Menurut aku, self care adalah bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri. Nah, dengan melakukan self care, kita bisa meningkatkan kadar self love untuk diri kita. Self love adalah suatu keadaan dimana kita memberikan penghargaan terhadap diri kita sendiri, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis dan spiritual kita. Self love berarti sangat menghargai kesejahteraan dan kebahagiaan diri kita sendiri. Artinya kita menjaga kebutuhan kita sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan kita untuk menyenangkan orang lain. Oleh karena itu, self care juga sangat penting untuk kita terapkan, kita bisa kembali ke dasar dan melakukan hal-hal berikut:

  • Dengarkan tubuh kita
  • Beristirahat dari pekerjaan dan rutin melakukan peregangan.
  • Coba connect lebih dalam dengan diri kita dan juga orang lain, kita juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif.
  • Makan dengan sehat, tetapi juga jangan lupa untuk makan makanan favorit kita.

Jadi intinya semua itu sangat penting. It al starts with ourselves. Jika kita menerapkan hal-hal tersebut pastinya hidup kita akan jauh lebih positif kedepannya.

Referensi

Self-Love and What It Means | Brain & Behavior Research Foundation

Bagi aku pribadi sangat penting, self-love diartikan sebagai bentuk mencintai diri sendiri dengan kata lain kita menghargai dan menerima apa adanya semua hal yang ada dalam diri kita sendiri baik pikiran, fisik, maupun hati. Dalam hal ini, self-love berbeda dengan sikap atau tindakan yang mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain. Mencintai diri sendiri merupakan hal yang penting dalam hidup kita. Tanpa kita sadari dengan mencintai diri sendiri, kita akan memiliki pandangan yang positif terhadap hidup. Kita dapat merasakan hidup tanpa perlu memikirkan beban yang berujung pada stress. Dengan meningkatkan self-love, kita juga dapat merasakan bahagia dengan cara yang sederhana. Seringkali kita terlalu fokus pada kekurangan yang ada pada diri kita, kita cenderung memikirkan perkataan orang lain sehingga kita menjadi stress.

Berbicara mengenai self-love, tentunya hal ini berhubungan dengan self-care. Self-care ialah salah satu bentuk dari self-love di mana kita melakukan hal-hal kecil sebagai apresiasi untuk diri kita sendiri. Seperti melakukan me-time atau memberikan waktu bagi diri sendiri untuk menjernihkan pikiran kita. Self-care bisa dilakukan dengan memberikan ruang untuk mengekspresikan diri terhadap apa yang selama ini dipendam. Kita tidak perlu membeli barang mahal atau makan makanan mewah sebagai bentuk bahwa kita mencintai diri sendiri, tapi self-care dapat diwujudkan dengan sederhana seperti melakukan hal-hal yang kita sukai atau gemari.

Menurut saya penting untuk kita memiliki rasa cinta diri dan self-care dalam diri masing-masing. Self-love dan self-care merupakan modal penting agar diri kita mampu untuk menajalankan fungsi-fungsi kehidupan. Self-love dan Self-care juga membuat seseorang dapat mampu untuk mencintai, merawat, dan menjaga tubuhnya sendiri. Hal ini penting sebagai modal untuk kesehatan secara holistik (fisik & mental).

Menurut saya keduanya sangat penting untuk dilakukan terhadap diri kita sendiri. Semua hal itu dimulai dari diri sendiri. Oleh karena itu sebelum kita memberikan kasih sayang kepada orang lain, alangkah baiknya kalau kita memberikan rasa sayang tersebut terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Selain itu dengan kita mencintai dan merawat diri kita dengan baik, pasti akan banyak hal positif yang datang kepada kita. Kita menjadi lebih banyak berpikir positif dan memancarkan aura positif sehingga orang lain di sekitar kita pun ikut merasakan hal yang positif tersebut.