Seberapa penting integritas dalam Kepemimpinan?

Integritas

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), integritas adalah mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Sedangkan menurut ahli motivator kepemimpinan, Ippho Santoso, integritas akan melahirkan reputasi dan reputasi akan melahirkan kepercayaan. Integritas sering diartikan sebagai satunya pikiran, perkataan dan perbuatan. Jika merujuk pada asal katanya, integritas mempunyai makna berbicara dengan utuh dan sepenuh-penuhnya.

Berbeda dengan menurut Henry Cloud, ketika berbicara tentang integritas, kita berbicara tentang menjadi orang yang utuh, terpadu dan seluruh bagian dari diri kita yang berlainan bekerja dengan baik dan berfungi sesuai rancangan. Ini mngenai keutuhan dan keefektifan sebagai seseorang.

Pendapat lain, yaitu pendapat dari ahli psikolog dan juga motivator, Andreas Harefa, integritas menjadi tiga kunci yang dapat diamati, yakni menunjukkan kejujuran, memenuhi komitmen dan berperilaku secara konsisten.

esimpulan dari pendapat para ahli, *integritas adalah tentang kualitas diri positif yang dimiliki sesorang yaitu berkata dan bersikap jujur, dapat dipercaya dan tidak pernah ingkar janji.

Mengapa integritas penting bagi seorang pemimpin?

Karena integritas adalah kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas sangat penting karena integritas memberi kuasa pada kata-kata yang diucapkan seseorang, memberikan kekuatan bagi rencana-rencana yang dicanangkan dan memberikan daya bagi tindakan yang dikerjakan.

Pemimpin adalah sebagai penentu sikap dan keadaan orang yang dipimpin. Apabila pemimpin tidak memiliki kualitas diri yang baik, maka sikap dan keadaan orang yang dipimpin pun belum tentu baik. Pemimpin yang berintegritas adalah pemimpin yang tanpa kedok, yang bertindak sesuai dengan ucapan dan konsisten antara apa yang diyakini dengan yang dipraktekkan.

Pemimpin yang memiliki integritas adalah pemimpin yang memiliki integritas dalam etika dan moral, integritas dalam keberadaannya di hadapan Tuhannya, dan integritas dengan diri sendiri dan lingkungan sosialnya.

Contoh integrasi dalam lingkungan sosialnya adalah integritas dalam berpikir dan berkomunikasi dengan sesama. Alangkah menyedihkan nya apabila suatu organisasi, suatu komunitas ataupun suatu negara dipimpin oleh pemimpin yang tidak memiliki integritas yang baik.

Hal yang harus dipersiapkan untuk memiliki integritas dalam kepemimpinan adalah kedisiplinan dalam memegang komitmen yang sudah dibuat oleh diri sendiri. Integritas bukanlah apa yang kita lakukan tetapi siapa kita dan sebaliknya kita menentukan apa yang akan kita lakukan. Kemampuan menetapkan prioritas dalam hidup juga sangat dibutuhkan dalam persiapan memiliki integritas yang baik.

Apabila seseorang sudah mampu memegang komitmen dan mampu menentukan prioritas dalam hidup nya maka bisa dipastikan orang tersebut mampu memimpin.

Tokoh dunia yang memiliki integritas dalam kepemimpinan adalah Ir.Soekarno. beliau berjasa besar dalam kebangkitan nasional Indonesia. Kebangkitan nasional bukan saja pada masa berdirinya organisasi-organisasi pergerakan nasional, namun hingga saat ini. Soekarno juga berjasa besar bagi bangsa Indonesia. Perjuangannya dalam pembacaan proklamasi pun sangat membekas di benak warga Indonesia hingga saat ini.

Soekarno adalah seorang yang memiliki wibawa yang sangat tinggi dan membuat banyak orang menjadi hormat kepadanya. Sejarah menyebutkan jika dalam masa kepemimpinan Soekarno, ada banyak sekali masalah yang dihadapi, baik masalah dari dalam negeri yang berupa pemberontakan-pemberontakan atas ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan yang memang belum sempurna karena masih sangat barunya kemerdekaan di Indonesia, maupun masalah dari luar negeri yang berupa perebutan kekuasaan antara Belanda dan Jepang yang masih menginginkan Indonesia.

Akan tetapi, Soekarno dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik. Apabila Soekarno tidak memiliki jiwa integritas di dalam kepemimpinannya, Indonesia belum pasti bisa merdeka, aman dan nyaman seperti sekarang. Akan tetapi, sangat disayangkan, Soekarno harus mundur jabatan nya sebagai presiden pada tahun 1967.

Jiwa integritas yang dimiliki Soekano membuat beliau dikenang sampai saat ini bahkan pada bulan April 2005 Soekarno mendapat penghargaan dari Preiden Afrika Selatan, Thabo Mbeki. Penghargaan tersebut adalah penghargaan bintang kelas satu The Order of The Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat dan lencana yang semua dilapisi oleh emas.

Mengapa Soekarno mendapat penghargaan tersebut? Karena Soekarno dinilai telah mengembangkan solidaritas internasional demi melawan penindasan oleh negara maju serta telah menjadi inspirasi bagi rakyat Afrika Selatan dlam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari Apertheid.

Dilihat dari biografi singkat tokoh, dapat dilihat bahwa Soekarno mampu menggerakkan, mampu memberi kepercayaan yang besar dan mampu memimpin negara dengan baik karena memiliki jiwa integrasi yang tinggi. Seperti yang dikatakan pada paragraf diatas bahwa pemimpin adalah sebagai penentu sikap dan keadaan orang yang dipimpin. Apabila pemimpin tidak memiliki kualitas diri yang baik, maka sikap dan keadaan orang yang dipimpin pun belum tentu baik.

1 Like

Integritas sangat diperlukan bagi seluruh team didalam membangun sebuah startup, terlebih bagi pemimpinnya. Banyak perusahaan besar yang menjadikan integritas sebagai budaya utama yang berlaku pada organisasi mereka.

Integrity is Doing the RIGHT THING, even when no one is watching, C.S. Lewis

Bisa kita bayangkan apabila didalam team startup kita berisi orang-orang yang mempunyai integritas yang tinggi. Mereka akan bekerja dengan penuh semangat mengembangkan startup yang ada, walaupun tidak ada pimpinan yang mengawasi mereka. Karena prinsip mereka adalah melakukan hal yang Benar.

Berikut beberapa ciri orang-orang yang mempunyai Integritas yang tinggi, antara lain :

  1. They support the team, even under pressure.
    Manusia akan terlihat sifat aslinya ketika berada dibawah tekanan. Banyak orang yang selalu mencari aman apabila dalam situasi dibawah tekanan. Bahkan tidak sedikit orang yang lari meninggalkan teamnya ketika tekanan semakin berat.
    “It is when we are under pressure that our true colors come out,” Jill Uchiyama.

  2. They take responsibility for their problems.
    Banyak orang saling menyalahkan atau mencari-cari kesalahan orang lain ketika muncul suatu masalah. Sangat jarang orang yang berani mengambil tanggung jawab ketika terdapat sebuah kesalahan. Bahkan tidak jarang pemimpin yang menyalahkan anak buahnya ketika muncul suatu masalah. Seorang pemimpin yang baik adalah berani bertanggujawab terhadap permasalahan yang ada, walaupun permasalah tersebut timbul dari kesalahan orang lain (team-nya), bukan murni kesalahan pribadi pemimpin tersebut.
    Menerima kesalahan bawahan dan belajar dari kesalahan mereka adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi seorang pemimpin.
    “You can tell the greatness of a man by what makes him angry.” Abraham Lincoln

  3. They help others without expecting something in return.
    Berbuat baik untuk orang lain merupakan hal yang memang seharusnya dilakukan oleh manusia. Orang dengan integritas yang baik mempunyai prinsip tersebut, sehingga mereka tidak mengharapkan balasan dari perbuatan baik mereka.
    "Someone with true integrity does not place their own desires above all else", Becky Lee.

  4. They still live by their principles when given power.
    Banyak orang berubah ketika terjadi perubahan dalam dirinya. Ketika miskin mempunyai sifat yang baik, ketika kaya lupa daratan. Ketika mendapat sebuah kekuasaan menjadi semena-mena. Oleh karena itu, integritas seseorang akan sangat diuji ketika terjadi perubahan dalam dirinya. “Nearly all men can stand adversity, but if you want to test a man’s character, give him power.” Abraham Lincoln

  5. They treat low-level employees with respect.
    Seseorang yang mempunyai integritas tinggi tidaka akan pernah membeda-bedakan perlakuannya terhadap orang lain. Baik kaya, miskisn mapun perbedaan jabatan akan diperlakukan sama baiknya. Menghormati seseorang tidak perlu memandang status sosial seseorang, hormati seseorang karena perilakunya.

  6. They don’t waste their free time.
    Orang yang mempunyai integritas tidak suka membuang waktunya untuk hal-hal yang sia-sia. Waktu adalah sesuatu yang paling berharga, karena waktu terbatas dan kita tidak dapat mengulang waktu. Sebisa mungkin manfaatkan watu anda sebaik-baiknya, bahkan ketika dalam masa rehat sekalipun.
    Great leaders deal with boredom by using it as an opportunity to create or learn something, Norsez Orankijanan.

  7. They surround themselves with peers who push them to be better.
    Seseorang yang mempunyai integritas pasti akan dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai integritas juga, begitu juga sebaliknya. Sangat manusiawi apabila seseorang berteman dengan orang yang membuat mereka nyaman.
    Orang yang hebat biasanya dikelilingi oleh orang-orang yang tidak takut untuk men-challenge ide-ide mereka.
    “When the character of a man is not clear to you, look at his friends.”

  8. They don’t pretend to know everything.
    Ketidaktahuan bukan berarti sebuah masalah besar, karena sejatinya kita diwajibkan untuk selalu belajar. Orang yang “berpura-pura” untuk tahu segalanya, biasanya malah tidak banyak tahu. Bahkan tidak masalah seorang pemimpin untuk bertanya kepada team-nya.
    You can judge people by the questions they ask, Paul Denlinger.

  9. They welcome valid criticism.
    Seorang yang mempunyai integritas tidak akan pernah marah dan takut untuk medapatkan kritik yang membangun. Bahkan seharusnya kita harus berterimakasih apabila ada seseorang yang memberikan kritik yang membangun. Karena dengan kritik-lah kita bisa menjadi lebih baik, minimal kita akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda terhadap suatu hal.
    A person with integrity will not give into anger or fear when faced with valid criticism (as opposed to mean-spirited insults), but will rather consider it and learn from it, Abhilash Pattnaik.

Sumber gambar : LoveQuotesMessages

Referensi :