Seberapa Penting Informasi Pasar bagi Petani?

Informasi pasar sangat penting bagi petani karena berpengaruh terhadap keuntungan yang diperoleh petani. Melalui informasi pasar, petani dapat mengetahui harga normal di pasar sehingga petani dapat menentukan harga yang pantas saat penjualan ke tengkulak. Selain itu, dengan mengakses informasi pasar dapat menambah pengetahuan petani agar dapat memudahkan dalam proses penjualan hasil pertaniannya. Namun saat ini akses bagi petani untuk mengetahui informasi pasar tidak mudah. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai informasi pasar sangat berdampak positif bagi pendapatan petani sehingga diharapkan akses bagi petani bisa lebih mudah.

Menurut teman-teman, bagaimana pengaruh informasi pasar bagi petani dan bagaimana cara agar petani dapat mengakses informasi pasar dengan mudah?

1 Like

pengaruh informasi pasar bagi petani yaitu membantu dalam hal transparansi pasar
dengan cara kompilasi informasi tentang harga, jumlah penawaran dan permintaan
pasar sehingga sangat bermanfaat untuk menentukan tujuan dan waktu penjualan bagi para petani. selain itu, pengaruh informasi pasar juga memungkinkan petani untuk mengundur panen atau menyimpan hasil pertaniannya untuk memperoleh harga yang lebih baik, serta mengatur pola tanam dan jenis produk pertanian yang akan ditanam agar tidak terjadi over
supply yang mengakibatkan panen raya dan menurunnya pendapatan petani.

kemudian cara agar petani dapat mengakses informasi pasar dengan mudah yaitu melalui beberapa sumber informasi seperti penyuluh, sesama petani, pedagang sarana produksi pertanian, televisi, radio, surat kabar/ majalah pertanian. Selain itu, dengan semakin berkembangnya teknologi, maka informasi pasar bisa didapatkan melalui suatu media yang
dapat memandu dan memberikan informasi dengan cepat, seperti smartphone. Namun kebanyakan petani mendapatkan informasi pertanian melalui sesama petani dikarenakan mendapatkan informasi dari sesama petani jauh lebih mudah dibandingkan dengan sumber informasi lainnya.

1 Like