Seberapa besar pentingnya pendidikan karakter di masa pandemic?

IMG_8566

Banyak orang bilang kalau pendidikan itu penting, tetapi tidak jarang juga yang belum mengetahui apa arti penting dari pendidikan itu sendiri. Di masa pandemic seperti sekarang ini kita memang diharuskan untuk bekerja dan belajar dari rumah terlebih lagi dengan adanya kegiatan PPKM Darurat. Ada banyak inovasi baru yang muncul seperti melakukan pembelajaran melalui zoom meeting atau google classroom, memberikan video yang membahas sebuah materi, hingga kegiatan webinar dan lainnya.

Orang tua merupakan pendidikan yang paling pertama didapatkan oleh seorang anak sebelum mereka melanjutkan pendidikan dari luar seperti sekolah. Tetapi mungkin kebanyakan dari orang tua beranggapan bahwa keberadaan guru dalam membangun karakter anak-anak sangat dibutuhkan dan tanpa adanya peran guru maka orang tua tidak dapat secara maksimal membentuk dan membangun karakter anak-anak mereka.

Jadi sebenarnya, seberapa besar sih pendidikan karakter itu penting di masa seperti sekarang ini? Apakah orang tua hanya memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak mereka yang masih kecil, atau bahkan bisa juga kepada anak-anak yang sudah seumuran dengan kita?

Pendidikan karakter memang merupakan hal yang sangat penting, apalagi di saat pandemic sekarang yang mengharuskan anak tidak bisa bersekolah, berinteraksi dengan kawan sebaya nya dan guru sebagai salah satu peran untuk mengajarkan anak pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini diajarkan agar anak dapat berperilaku sesuai dengan norma agama dan nilai dari bangsa Indonesia itu sendiri seperti gotong royong, bermoral dan toleransi. Maka dari itu selain guru sebagai salah satu peran dalam mengajarkan hal tersebut, orangtua wajib turut serta sebagai guru pertama anak dalam mengajarkan pendidikan karakter khususnya dalam masa pandemic ini

1 Like

Perlu peran orang tua juga dalam membentuk karakter anak, dikarenakan keluarga merupakan kelompok sosial pertama yang menjadi objek yang diamati oleh anak dan keluarga juga berperan penting dalam mengenalkan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan.