Seberapa Besar Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen?

Screen Shot 2021-07-19 at 11.46.07

Kehadiran pandemi Covid-19 memaksa kita untuk melakukan pembatasan sosial sehingga menimbulkan banyak sekali adanya perubahan yang mengharuskan kita untuk beradaptasi. Hal ini karena bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penularan virus Covid-19 terhadap orang lain. Adanya pembatasan sosial tersebut berdampak pada perilaku masyarakat terutama dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk.

Menurut teman-teman seberapa besar dampak pandemi Covid-19 terhadap perubahan perilaku konsumen?

Sumber

Picture from 4 Contoh Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi

1 Like

Pastinya kehadiran pandemi Covid-19 dapat mengubah perilaku konsumen terutama dalam melakukan kegiatan konsumsi serta dalam melakukan pengambilan keputusan saat pembelian produk. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat dengan tujuan utama untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Marketing Expert Inventure Consulting, Yuswohady memaparkan empat perubahan besar perilaku konsumen atau Megashift Consumer Behaviour yang terjadi selama pandemi Covid-19, yaitu:

  1. Stay At Home Lifestyle
    Masyarakat memiliki kebiasaan baru melakukan hampir seluruh kegiatannya dari rumah, mulai dari bekerja, belajar, beribadah, dan tentunya kegiatan konsumsi. Dengan demikian, mereka mengalami peningkatan konsumsi yang dapat dilakukan dari rumah seperti menekuni hobi baru di rumah dan sebagainya.

  2. Back to the Bottom of the Pyramid
    Perubahan ini mengacu kepada piramida Maslow di mana kebutuhan konsumen bergeser dari “puncak piramida” yaitu aktualisasi diri ke “dasar piramida” yaitu kebutuhan fisiologis dasar seperti makanan dan kesehatan. Kebutuhan dasar masyarakat seperti makan-minum dan kesehatan saat ini menjadi sangat penting karena adanya risiko penularan penyakit dan kematian yang tinggi. Masyarakat menjadi lebih memperhatikan gizi dirinya sendiri maupun keluarganya dengan lebih mengonsumsi makanan yang bergizi serta rutin mengonsumsi vitamin. Lalu kebutuhan terhadap koneksi internet juga telah menjadi kebutuhan dasar karena saat ini kita hampir tidak bisa melakukan kegiatan tanpa adanya internet.

  3. Go Virtual
    Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan konsumen menghindari terjadinya kontak fisik dan beralih untuk melakukan berbagai aktivitasnya secara virtual atau online . Perubahan ini juga membuat belanja online menjadi salah satu alternatif utama untuk memenuhi kebutuhan mereka sehingga e-commerce dan jasa pesan antar makanan mengalami peningkatan permintaan yang signifikan selama pandemi.

  4. Emphatic Society
    Kehadiran pandemi Covid-19 dinilai merupakan suatu musibah bagi hampir seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, terdapat perubahan perilaku konsumen berupa peningkatan rasa empati terhadap sesama. Banyak dijumpai kegiatan donasi maupun berbagi untuk membantu meringankan beban terutama untuk rakyat kecil.

Sumber

Pandemi Covid-19 Memicu Empat Perubahan Besar Perilaku Konsumen - Marketing Katadata.co.id