Salah satu detektor gelombang gravitasi, VIRGO

Salah satu detektor gelombang gravitasi, VIRGO, yang merupakan interferometer raksasa yang berfungsi mendeteksi gelombang gravitasi yang telah diprediksi keberadaanya oleh Einstein puluhan tahun sebelumnya.

Salah satu detektor gelombang gravitasi, VIRGO, yang merupakan interferometer raksasa yang berfungsi mendeteksi gelombang gravitasi yang telah diprediksi keberadaanya oleh Einstein puluhan tahun sebelumnya. Proyek ini lah yang membawa 3 orang peneliti, Rainer Weiss, Kip Thorne, dan Barry C. Barish memperoleh hadiah nobel fisika 2017.

Gelombang gravitasi merupakan riak yang dihasilkan oleh gerakan dari planet atau bintang. Para ilmuwan memprakirakan bahwa gelombang gravitasi terbesar dihasilkan oleh tubrukan antara dua lubang hitam.

Setelah puluhan tahun gagal dideteksi, baru tahun 2015 proyek LIGO/VIRGO ini dapat mendeteksi gelombang gravitasi oleh tabrakan dua gelombang gravitasi yang berasal dari 1.3 miliar tahun yang lalu. Dengan pengukuran ini, kita akan dapat memprakirakan kapan alam semesta awal terbentuk.

Sumber: