Saat mulai menyikat gigi, apakah sudah boleh menggunakan pasta gigi?

image

Saat usia anak Anda sudah menginjak dua tahun, Anda bisa menambahkan pasta gigi yang mengandung flouride pada sikat giginya.

Namun, American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) menyarankan penggunaan pasta gigi yang mengandung flouride untuk mencegah gigi berlubang mulai dari gigi pertama, daripada menunggu sampai usia dua tahun.

Gunakan pasta gigi pasta sebesar biji beras pada permukaan sikat gigi, pada awal tumbuh gigi sampai usia sekitar tiga tahun. Ketika usia anak Anda sudah mencapai tiga tahun, Anda bisa menambahkan takaran pasta gigi pada permukaan sikat giginya.

Tidak perlu khawatir jika anak Anda menelan beberapa pasta gigi, karena itu tidak akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Mulai usia dua tahun, Anda bisa mengajari anak Anda untuk meludah setelah menyikat gigi.

Merawat gigi sebenarnya bisa dilakukan sejak anak Anda belum tumbuh gigi. Bersihkan atau seka bagian gusi anak Anda secara lembut dengan kain lap. Seka secara perlahan dan lembut. Lakukan ini secara rutin dan setelah selesai menyusui.