Room 39: tempat paling rahasia di Korea Utara

image

Seperti yang kita tahu, negara satu ini memang sangat enggan membuka diri dan sama sekali tidak terbuka terhadap dunia luar. Ibarat rumah, Korut adalah hunian yang pagarnya tinggi sekali dan tak pernah terbuka. Meskipun demikian, akhir-akhir ini Korut perlahan mulai membuka identitas negaranya.

Korut hari ini bisa dibilang jauh lebih terbuka daripada ketika masih dipimpin oleh Kim Il Sung atau anaknya Kim Jong Il. Lantaran keterbukaan ini, akhirnya misteri Korut pun pelan-pelan terkuak pula. Salah satunya adalah tentang bangunan paling ketat di Korut yaitu Room 39. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

image

Berdasarkan yang pernah saya baca, ada banyak sekali berita konspirasi soal Room 39 ini. Salah satu rumor mengatakan bahwa ruangan ini merupakan sebuah kamar operasional untuk segala macam aktivitas haram yang dilakukan Kim Jong Un dkk. Diketahui, di dalam Room 39 ini sang pemimpin Korut itu melakukan sejumlah kejahatan macam pencucian uang, transaksi ilegal, serta produksi narkotika.

Selain itu, konon di sini juga jadi ajang transaksi senjata-senjata gelap, kemudian dipakai juga untuk mengontrol sekitar 130 perusahaan milik Kim Jong Un di luar Korea Utara. Kabarnya lagi, dari tempat ini saja Kim bisa mengantongi miliaran dolar. Diduga uang-uang yang dihasilkan Kim dari Room 39 ini adalah untuk membiayai program-program nuklirnya. Serem ya…