Review Academy 1/48 F-5E (P-38) Lightning

Seri P-38 milik Academy adalah yang terbaik yang tersedia dalam skala 1/48. Kompetisi berasal dari persembahan Hasegawa, yang terkenal karena kecacatan yang buruk (saya tahu - itu terjadi pada saya ketika saya membangun satu) dari booming kembar. Minicraft juga membuat P-38 yang saya belum lihat secara pribadi sehingga saya tidak dapat mengomentari itu, tetapi laporan dari pemodel lain telah hangat-hangat saja. Tentu saja selalu ada favorit lama Monogram P-38, yang cukup akurat secara dimensional tetapi tidak dapat mengukur hingga perangkat Akademi dan Hasegawa dalam hal kecocokan dan kecermatan detail.

image

Dibentuk dengan styrene abu-abu terang, Akademi menyertakan bagian hidung dan potongan yang jelas yang diperlukan untuk membuat varian foto F-5E dari Lightning pada spru yang terpisah. Garis-garis panel adalah dari berbagai terukir, dengan beberapa pengencang dibentuk ke dalam panel akses mesin. Detail di teluk sumur roda cukup sederhana, tapi memuaskan. Pemintal baling-baling diberikan dalam dua bagian yang menjebak masing-masing bilah. Pengaturan ini berbeda dari apa yang ada pada P-38 yang nyata, yang bilahnya menusuk melalui bagian kerucut yang tidak terputus. Tidak banyak yang dapat dilakukan, selain mengisi jahitan yang dihasilkan setelah menempelkan bilah ke pemintal. P-38 telah menyerahkan mesin, yang berarti bahwa pisau spesifik untuk sisi tertentu. Melihat pesawat dari depan lurus, baling-baling berotasi menjauh dari badan pesawat saat mereka melintas di atas sayap. Kokpit cukup rinci, tetapi bisa berdiri untuk digantikan oleh Rincian Benar atau segera akan dirilis set Black Box. Seperti Hasegawa dan Monogram, kit menggambarkan coaming atas panel instrumen yang ditempatkan sedemikian rupa sehingga terlihat seperti perpanjangan dari badan pesawat aluminium, meskipun Akademi memberikan efek kain yang agak kasar. Di sebagian besar foto close-up yang saya lihat tentang kokpit P-38, perisai silau kain ini disimpan atau dihilangkan. Memperbaiki itu melibatkan memotong sedikit plastik dan memastikan untuk mempertahankan permukaan pemasangan untuk kaca depan. Penglihatan pistol dibentuk untuk coaming harus dihapus dari Foto Lightnings. Jendela terpisah yang terpisah disediakan untuk port kamera, meskipun bagian dalam hidung benar-benar kosong dan membutuhkan pelat pengosongan untuk mencegah efek tembus pandang. Potongan kanopi sangat tipis dan transparan dengan garis framing yang dibangkitkan, meskipun ada sedikit ketidakjajaran framing pada bagian belakang yang dapat diperbaiki dengan masking dan lukisan.

image

Nomor seri F-5E-2-LO 43-28333 ditugaskan ke Skuadron Foto ke-27 dari Grup Foto Recon ke-7 yang berbasis di Mount Farm, Inggris selama 1944. Instruksi sheet stiker menyatakan bahwa pesawat itu dicat dengan cat Sintetis Kabut, tetapi ini mengimbangi bukti fotografi yang terlihat dalam tiga slide Kodachrome berkualitas tinggi dari pesawat yang saya temukan dalam referensi yang tercantum di bawah ini. Pesawat ini dicat dengan stok RAF PRU Blue secara keseluruhan, dengan pemintal merah gloss dan panel aksen di bagian luar setiap nacelle mesin. Garis-garis D-Day juga jelas, meskipun pada waktu itu digambarkan oleh tanda-tanda misi di sisi hidung, ini sebagian besar dilukis dengan cat yang lebih terang dan lebih biru. Ini lagi kemungkinan besar cat saham RAF, mungkin Azure Blue.

image

Kesimpulan

Saya senang sekali membangun F-5 ini, dan menyadari bahwa saya memiliki ketertarikan khusus untuk P-38 dan semua variannya. Saya telah melihat pada kontes model bahwa Anda tidak melihat banyak Lightnings bawaan, mungkin karena kerumitannya jika dibandingkan dengan pejuang engine tunggal populer lainnya. Kit Akademi tidak begitu detail seperti penawaran Hasegawa, tetapi kesesuaiannya tentu lebih baik dalam hal penyelarasan boom. Titik lemah dari perangkat Akademi adalah bagian hidung yang buruk, ban karet yang jelek, dan kokpit yang sederhana. Jadi, mana pilihan yang lebih baik, Hasegawa atau Akademi? Saya akan mengatakan itu adalah undian, dan ketika ditekan saya akan pergi dengan Akademi selama roda dan kokpit digantikan oleh barang-barang aftermarket. Mungkin suatu hari kita akan diberkati dengan versi definitif, tetapi untuk saat ini model yang bagus dapat dimiliki dengan sedikit kerja pada bagian pemodel. (Lee Kolosna)

sumber:
F5

Model nya sangat detail. Kebetulan saya sedang mencari Model Pesawat untuk model saat zaman perang dunia. terima kasih reviewnya