Resep Mudah Agar Anak Suka Makan Sayuran

Di era yang serba instan saat ini, anak-anak cenderung menyukai makanan cepat saji dan mengandung MSG dibandingkan sayur-sayuran. Padahal, jenis makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebagian orang tua juga terkadang tidak punya waktu untuk memasak dan menyiapkan bekal makan siang yang sehat bagi anaknya.

1. Makaroni Keju dengan Kembang Kol (Cauli Cheese Macaroni)
Rebus 150 gram makaroni dalam air mendidih yang sudah diberi garam secukupnya selama 4 menit. Tambahkan kembang kol yang telah dicuci bersih dan dipotong memanjang. Panaskan 8 menit, kemudian tiriskan, masukkan ke dalam 50ml air matang.
Sementara itu, panaskan 25 gram butter di atas api kecil. Masukkan tepung sedikit demi sedikit hingga mengental, lalu masukkan 300 ml susu full cream secara perlahan. Aduk selama beberapa menit hingga muncul gelembung, kemudian pindahkan dari kompor. Tambahkan 70 gram keju cheddar. Campurkan makaroni, saus keju, 1 siung bawang putih yang sudah dicincang halus, dan 25 gram remah roti, panaskan selama 2–3 menit. Makaroni kembang kol ini mengandung 356 kcal.

2. Omelet Sayuran (Vegetables Omelette)
Kupas ½ buah zukini kemudian iris tipis. Panaskan 1 sendok makan minyak zaitun di atas wajan anti lengket, tumis zukini hingga kecoklatan. Kocok 4 butir telur beri sedikit garam (jika suka). Tambahkan kacang polong ke dalam wajan, kemudian tambahkan kocokan telur ke dalamnya, taburkan keju parut. Masak dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit hingga telur matang. Kemudian balik dan masak sisi bagian atas. Omelet ini mengandung 175 kcal.

3. Sandwich Salad Telur
Cincang kasar 2 butir telur rebus lalu masukkan ke mangkuk salad. Tambahkan irisan seledri, bawang Bombay yang dicincang halus, mayonaise, garam, dan gula secukupnya. Siapkan 2 lembar roti tawar gandum, letakkan selada hijau di atas salah satu sisi roti, dan satu lembar keju di roti yang lainnya. Tuangkan 3 sendok makan salad telur di atas keju. Satukan kedua roti menjadi sandwich. Potong menjadi 4 bagian agar mudah disantap. Sandwich ini mengandung 287 kcal.

4. Carrot Cake (Kue Rasa Wortel)
Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius. Masukkan 1 cangkir tepung terigu, ¾ cangkir bubuk gula Jawa, ½ sendok makan bubuk kayu manis, campur hingga rata. Masukkan 2/3 cangkir minyak zaitun ke dalam 2 butir telur yang sudah dikocok, campur dengan mixer selama 1–2 menit. Kemudian masukkan parutan 2 buah wortel ukuran sedang dan ½ cup kacang almond yang telah dicincang kasar. Aduk hingga rata dengan sendok kayu. Tuangkan adonan ke dalam loyang ukuran diameter 18 cm dan panggang selama 1 jam. Kue harus didinginkan selama 15 sebelum disantap.