Rekomendasi film Biografi tentang orang yang berpengaruh di dunia?

image

Film biografi adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Menurut anda apa sih rekomendasi film biografi tentang orang yang berpengaruh di dunia?

Saya merekomendasikan film Gandhi (1982). Sebuah film tentang perjalanan hidup salah satu tokoh paling penting di abad 20. Mahatma Gandhi (1869-1948) adalah seorang Bapak Bangsa India, seorang perintis gerakan anti-imperialisme & anti-kolonialisme di Afrika Selatan dan India. Sekaligus seorang icon gerakan perdamaian abad 20 yang telah banyak menginspirasi tokoh-tokoh penting di berbagai belahan dunia lain dalam memperjuangkan kemerdekaan negaranya.

Film ini menceritakan perjuangan hidup Gandhi untuk melawan penjajahan dengan prinsip anti-kekerasan. Dari perjuangan diplomasi Gandhi di Afrika Selatan, kemudian perjuangan panjang memerdekakan India, hingga berbagai hal nekat yang ia lakukan untuk menghentikan perang saudara antara warga Muslim dan Hindu. Selama hidupnya Gandhi melakukan sumpah puasa untuk menghentikan bentrokan sipil sebanyak 17 kali, dipenjara oleh pemerintah kolonial sebanyak 12 kali, sampai akhirnya ditembak di depan umum pada jarak dekat oleh karena Gandhi dinilai terlalu membela umat Muslim di India maupun Pakistan.