Rekomendasi Film atau Drama Apa yang Ingin Kamu Bagikan?

Terhitung sejak bulan Juli, 2021 aku menobatkan diri sebagai manusia yang (akhirnya) nyemplung di dunia Drakor alias Drama Korea yang isinya oppa oppa, ahjussi. Bukan tanpa alasan, selama ini aku tipe orang yang tidak terlalu menyukai film atau menonton drakor. Bahkan berapa kali aku mengunjungi bioskop bisa dihitung; Bumi Manusia, Gundala. Yup, hanya dua film itu yang berhasil aku tonton hingga tuntas, lainnya? Selalu aku tinggal ke kamar mandi dan memilih menunggu diluar :rofl:

Berbicara soal drama korea, drama pertama yang aku tonton adalah Vincenzo. Siapa sih yang nggak tau Vincenzo? Vincenzo bercerita tentang Vincenzo Cassano, seorang pengacara dan consigliere (penasihat) mafia Italia yang kembali ke Korea setelah berkonflik dengan organisasinya. Ia bergabung dengan Hong Cha Young, pengacara senior Firma Jipuragi di Plaza Geumga. Mereka berdua bergabung untuk memberi hukuman penjahat yang tidak bisa dihukum oleh hukum pengadilan (membunuh adalah cara mereka untuk menyingkirkan “sampah”).
Salah satu dialog Italia yang diucapkan oleh sang pemeran utama, yaitu Song Joong Ki yang berperan sebagai Vincenzo Cassano adalah Un diavolo scaccia l’ altro, yang artinya, ‘iblis menghukum iblis lain’.
Meskipun terkesan mengerikan, drama ini membawa alur cerita yang unik, lucu dan sulit ditebak. Bahkan disisipi “kebusukan” di balik layar pemerintah Korea pada zaman dahulu. Kalian harus nonton sih, bagi yang belum! :laughing:

Kemudian, drama kedua yang aku tonton adalah Descendant Of The Sun atau DOTS ( pada gambar ilustrasi) yang booming hingga menghadirkan Song-Song Couple in real life pada tahun 2016. Sama-sama diperankan oleh Song Joong Ki, drama ini bercerita tentang Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) seorang Tentara dan Dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) insan beda profesi yang bertemu dalam misi kemanusiaan dan saling jatuh cinta.

Dua drama tersebut merupakan drama yang baru saja aku selesaikan, dan saat ini masih ingin menonton film/drama yang lain.
Rekomendasi film atau drama apa yang ingin kamu bagikan padaku? Jangan lupa ceritakan tentang sinopsisnya juga, ya! :laughing:
I’m waiting for your response, all! :laughing:

1 Like

Saya pribadi akan membagikan drama film yang tidak hanya menarik, tapi menjadi sebagai ilmu untuk mana fakultas hukum maupun tidak. Karna didalam film tersebut tidak hanya sebuah taktik yang ditunjukkan tetapi juga bagaimana pola pikir dalam bertindak jika dihadapkan dengan situasi yang genting namun mampu mengupas dan mengulik sedikit plot yang menarik. Contoh dramanya seperti : Vincenzo (2021), Law School (2021), Hyena (2020) Legal High (2019), Ms. Hammurabi (2018), Suite (2018), Love story in Harvard (2004)
Semoga rekomendasi drama dari saya, bisa membuat tertarik untuk menonton drama tersebut dengan plot-plot yang ditawarkan.

1 Like

Wahh, terima kasih, kak made! Law School sih yang katanya rekomen banget, sampe dosenku aja juga nonton! wkwk :rofl: Jadi penasaran pengin nonton juga, once again, thankyou kak made! @Madeline_Nasution :laughing:

Saya sebenarnya jarang nonton film korea … namun untuk satu film yang saya tahu ini keren dan berkesan banget. Film ini merupakan film perang dunia kedua namun dari sudut pandang orang Korea. Dan meski soal perang dramanya asik dan tidak membuat penonton jenuh dengan sejarah.

My_Way_(2011_film)

My Way (2011)

Film ini benar-benar memiliki premis menarik yang berdasarkan kejadian nyata, dimana bagaimana ceritanya seorang warga negara Korea dipaksa menjadi prajurit Jepang, yang lalu ditangkap Rusia untuk menjadi prajurit Rusia, yang kemudian di tangkap Jerman untuk menjadi pasukan Jerman; berakhir 9500km dari rumah, dari Korea ke Eropa, melintasi benua, di tengah perang dunia kedua.

Saya ga mau spoiler banyak, namun ceritanya berputar di antara Kim Jun-shik, atlit lari Korea dan Tatsuo Hasegawa atlit lari Jepang, dua atlit lari yang menjadi rival baik di trek lari dan medan perang, dan bagaimana kisah mereka berusaha bertahan hidup menjadi tentara 3 negara berbeda, melintasi benua, jauh dari rumah.

Endingnya benar-benar sedih dan agak plot twist, meski film lama tahun 2011, this film still checks out!

Ada cukup banyak film atau drama menarik yang sudah saya tonton dan ingin saya bagikan, tapi kayanya cuma inget segini aja deh :

  1. Hi Bye Mama (Korea)
  2. Sweet Home (Korea)
  3. Money Heist (Spanyol)
  4. Sherlock versi BBC (Inggris)
  5. The Invisible Guest (Spanyol)
  6. The Body (Spanyol)
  7. The Shawsank Redemption (Amerika)

Kalo buat Sinopsisnya kayanya bakal panjang banget diceritain disini, intinya rata-rata film atau series itu banyak plot twist yang unexpected. Wajib banget buat ditonton… :joy:

Untuk film mungkin akan aku rekomendasikan The Devil Wears Prada, 10 Things I hate About You, Clueless, Princess Diaries, 13 to 30, Mean Girls, Legally Blonde, How to Lose a Guy in 10 Days, dan masih banyak lagi. Wkwkwk. Oh ya, jangan lupa Little Woman! Kebanyakan genre film ini romcom ya, yang nggak perlu banyak mikir waktu nontonnya gitu. I do really enjoy it.

Buat drama Hymn of Death, sama coba lihat serialnya Reply dan Hospital Playlist aja si kayaknya. Ada banyak sebenernya iniii tapi kalo di list bakal panjang banget!

setuju dengan kak @Madeline_Nasution Law School bagus banget dan banyak pelajaran yang bisa diambil juga terutama jika kamu kuliah dengan jurusan hukum. Selain itu, aturan hukum yang di tayangkan dalam film tersebut juga ada loh di Indonesia.

aku juga suka drama korea dengan judul partner for justice ada 2 season dan masih berharap agar ada season 3 nya hehe. menceritakan tentang jaksa yang harus melakukan penuntutan terhadap terdakwa dengan bukti Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan hasil autopsi dari seorang dokter forensik yang sangat teliti sehingga seringkali terjadi pertengkaran karena jaksa tersebut butuh hasil yang cepat, namun sang dokter ingin memberikan hasil yang terbaik maka ketelitian penting untuknya.

jadi walau kasusnya berat, dan banyak informasi penting di dalam film itu tetap ada humornya karena pertengkaran si jaksa dan dokter tersebut. oh iya saat melakukan autopsi juga di filmkan jadi kalau takut melihat mayat dibedah sebaiknya tidak usah nonton ya hehe. bisa di tonton secara legal melalui Netflix ya

film yang ceritanya serupa juga ada di disney hot star plus dengan judul body of proof

terus untuk film tentang kriminal bisa tonton Castle ceritanya ringan dan banyak menghiburnya kalau yang ini karena tingkah Castle selaku pemeran utama sebagai penulis novel yang melakukan riset di kepolisian untuk novelnya.

lainnya tentang psikologi kriminal bisa nonton Criminal Minds karena menceritakan tentang FBI’s Behavioral Analysis Unit, maka akan banyak ilmu psikologi kriminal di dalamnya.

((segini aja)) tapi di list ada 7. Ya Tuhan beri hamba kekuatan untuk menonton semuanya! :rofl:
Thanks a lot, kak ricky @rickyseptaa !

Sepertinya film rekomendasi dari kak lucky @stylo cocok untuk aku yang krisis sejarah ini :rofl: Thanks a lot, kak lucky!

Aaaah ternyata genre film/drama kak @auliaar09 sama kaya aku, romcom! :laughing: I do really enjoy it too, kebanyakan genre romance tuh bikin sakit hati kalo sad ending :(( terus jadi gamon + kepikiran sampe real life :((, ada yaa orang mikirin kisah cinta drama kaya aku gini, sedangkan kisah cinta diri sendiri aja amburadul ahahha :rofl:
Emang yang paling bener tuh romcom aja udah, cinta dapet, ketawa juga dapet wkwk :laughing:
Thankyou, kak aul!

Wahhhh, daebak! dilihat dari list film dan sinopsisnya, sepertinya kak @nrauliyar tim thriller, ya! :laughing: :skull_and_crossbones:
Meskipun aku kurang suka genre thriller, but nothing to lose, thanks a lot kak auliya karena sudah berbagi! Sepertinya setelah ini langsung caw nonton Law School deh, sepertinya menarik :laughing:

1 Like

wah klo rekomendasi drama banyak banget pasti wkwk. menurut ku drama 2020 banyak yang mantabsz!

  1. It’s okay to not be okay, Drama ini menceritakan hubungan asmara tidak biasa antara dua orang yang akhirnya saling menyembuhkan luka emosional dan psikologis satu sama lain. diperankan sama leh [Kim Soo-hyun, Seo Yea-ji, Park Gyu-young
  2. Flower Evil, Flower of Evil menceritakan kehidupan pasangan suami istri bahagia, Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) dan Cha Ji-won (Moon Chae-won). Namun, di balik kebahagiaan itu, Baek Hee-sung ternyata memendam misteri terkait kasus pembunuhan berantai di Yeonju belasan tahun lalu. Dan yang bikin makin seru istrinya Baek Hee sung itu detektif kepolisian. Nonton ini perasaan dibikin acak aduk wkwk
  3. Penthouse drakor ter epic dengan 3 seasonnya wkwkk, nonton ini bikin darah tinggi. sangat menyiksa tapi bikin candu wkwkwk
  4. Mine, tentang keluarga yang kaya raya tapi sunggu berantakan wkwk

dan masih banyak yang lainnya wkwkwk

Lesgooo it’s okay to not be okay, sepertinya ini relate dengan kondisis kaum-kaum generesi Z saat ini~
Thankyou, kak nadine! @nadineaurellia

Drama yang membuat saya sangat tertarik dan tidak sabar menunggu di setiap episode barunya adalah Vagabond. Drama ini dibintangi oleh Lee seung-gi, Bae suzy dan bintang ternama lainnya.

Vagabond bercerita tentang seorang stuntman bernama Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) yang bekerja sama dengan agen National Intelligent Service (NIS) bernama Go Hae Ri (Suzy) untuk mengungkap kebenaran di balik kasus kecelakaan pesawat b357 yang menewaskan keponakan Dal Gun, Cha Hoon. Perjuangan keduanya penuh liku dan bahaya. Mereka harus melawan penjahat kelas internasional sekaligus negaranya sendiri.

Disetiap episode disuguhkan dengan adegan action, tegang, haru dan diakhir episode selalu dibuat penasaran dengan kelanjutan episode selanjutnya, dimana kebenaran dan misteri terkait kasus kecelakan pesawat itu perlahan-lahan terkuak. apalagi menjelang episode akhir dalang dari kasus itu muncul dan ternyata merupakan seseorang yang memiliki kekuasaan tinggi.

Dari kualitas cerita, akting para aktornya, visual efek dan cinematografinya membuat drama ini berasa menonton film layar lebar yang panjang. Dimana memang Drama ini digarap dengan sungguh sungguh dan menghabisakan biaya produksi yang fantastis.

Wah membicarakan soal film atau drama, saya sendiri mempunyai banyak rekomendasi untuk di tonton. Namun ada beberapa film atau drama yang paling saya sukai dan bisa menjadi bahan rekomendasi untuk yang lainnya.
1.
Abeautifulmindposter
film di atas diambil dari kisah nyata yang bercerita tentang seorang matematikawan yang genius bernama John Forbes Nash. John memiliki gangguan psikologis yaitu Skizofrenia. Dari film tersebut banyak tersirat pesan bagi penontonnya yaitu selalu berusaha dengan gigih, memiliki kemampuan berpikir yang kritis, pentingnya dukungan dari orang terdekat, dan masih banyak lagi.
2.


Gambar diatas sudah tidak asing lagi untuk ditebak, yak harry potter. film tersebut masuk ke dalam daftar film kesukaan saya. film tersebut bercerita tentang sekolah sihir bernama hogwart. Banyak pesan yang diberikan oleh film ini namun yang paling menonjol adalah nilai persahabatan.
3.
MV5BMTQ5NDlmZWUtMjIyMC00NzQ3LTg3OWYtMzRkY2FiNzQ0Njc4XkEyXkFqcGdeQXVyNDQ2MTMzODA@.V1_SY1000_SX675_AL
film diatas juga salah satu film kesukaan saya, film tersebut sudah ada series keduanya. Film ini bercerita tentang anak dari salah satu dewa yunani yaitu Poseidon. Saya sendiri menonton film ini jadi menambah pengetahuan mengenai dewa dewa yang ada di yunani dan juga mengetahui silsilah dan sejarah lainnya.
4.
Hichki_poster
Film ini berasal dari negara India yang dimainkan oleh Rani Mukerji. Film ini bercerita tentang seorang guru yang menderita sindrom tourette sejak kecil. Nilai yang dapat kita ambil dari film ini adalah jadilah seseorang yang mampu menjunjung tinggi tingkat keprofesionalan, menjadi orang yang berkompeten, tetap semangat, dan masih banyak lagi.
5.
Romantic_Doctor_Teacher_Kim_Poster
ini merupakan salah satu drama korea yang paling saya sukai yaitu Dr. Romantic. Drama ini memiliki 2 series. Drama ini menceritakan tentang ilmu kedokteran dan dibuat dengan sangat nyata sekali. Saya banyak mengetahui pengetahuan tentang kedokteran melalui drama ini.

Sebenernya masih banyak film atau drama yang mau saya rekomendasikan namun terlalu banyak. Jadi, saya pilah pilah yang menurut saya bagus untuk ditonton.

Drama yang masih berkesan akhir-akhir ini buat Saya itu drama Extraordinary You

meskipun termasuk drama lama. Drama ini memiliki plot yang ga berat, lucu, dan pemainnya juga manis bikin diabetes. Termasuk dalam kategori youth lah ya karena drama ini berlatar belakang kisah seorang siswi SMA yang berasal dari keluarga kaya bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon). Suatu hari, ia sadar bahwa dirinya merupakan tokoh dalam dunia komik berjudul ‘Secret’.

Kehidupannya diatur oleh sang penulis komik. Bahkan, ia sering melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan keinginannya. Yang sedikit kocak. Meskipun, jalan cerita yang ringan drama ini cocok untuk selingan di kala kalian bosen nonton genre drama yang berat ceritanya. Meskipun lumayan ringan, masih ada plot twist juga di beberapa scene adegan dan pastinya ending yang cukup bagus dan memuaskan penonton hehehe.

Saya merupakan penonton aktif drama korea sejak tahun 2017 hingga tahun 2019, banyak sekali list drama favorit yang bisa aku jabarkan, namun jika ditanya satu drama terbaik yang pernah aku tonton, jawabannya pasti Replay 1988. Drama tersebut sangat membekas dalam pikiran aku, bahkan setelah menontonnya aku berhenti untuk menonton list drama selanjutnya, karena setelah menonton drama tersebut perasaan langsung kosong dan ikut merasa kehilangan. Saat menontonnya kamu akan merasa menjadi bagian dari drama tersebut, dan ternyata hal tersebut bukan hanya aku yang merasakan, melihat drama Replay 1988 yang masih sering menjadi trending topik di twitter hingga saat ini. Hal itu bisa menjadi salah satu bukti bahwa perkataan ku tidak berlebihan :joy:

Reply 1988 menjadi salah satu drama terbaik yang berhasil mencetak rating tinggi pada tahun 2016. Drama yang berjumlah 20 episode ini berhasil mendapatkan rating hingga 18 persen lebih. Tema yang diangkat dalam drama ini juga cukup ringan, tentang kisah persahabatan, cinta, dan keluarga. Reply 1988 sendiri bercerita tentang 5 orang sahabat yang terdiri dari 4 laki-laki dan satu perempuan. Kelima sahabat ini tinggal bersama keluarganya dan hidup bertetangga di kawasan Sangmun-dong, distrik Dobong, Seoul, Korea Selatan. Mereka sudah saling mengenal sejak kecil dan keluarga mereka juga dekat satu sama lain.

Banyak kisah yang dapat dijadikan pembelajaran dari drama ini, lucunya sampe bikin ngakak banget, dan sedihnya pun bisa sampe nangis sesenggukan. Walaupun drama ini sudah tayang dari tahun 2016 namun aku baru menontonnya saat tahun 2019 karena sangat sering direkomendasikan di twitter :joy: Dan salah satu alasan saya berhenti menonton drama korea lagi mungkin karena drama ini, karena sulit move on nya :sweat_smile:

Aku sendiri jarang menonton k-drama, jadi aku akan merekomendasikan tiga series/drama kesukaanku:

  1. DARK

    Series ini berasal dari Jerman dan memiliki 3 season. Sejak awal episode telah membuatku bingung dan kepo. Series ini tidak hanya lintas generasi, dan tahun saja. Namun juga lintas universe. Silsilah setiap keluarga di series tersebut sangatlah kompleks, hingga tiap kali menonton mengharuskanku untuk melihat catatan tentang silsilah keluarga tersebut. Selain itu kuncinya di sini adalah latar tahun, karena alur series ini maju mundur. Bahkan untuk season 2 dan season 3 nya malah lebih rumit wkwk. Tapi di sinilah letak keseruan series DARK! Penonton dibuat menerka-nerka endingnya akan seperti apa. Bagiku endingnya unexpected dan membuatku menangis AHAHAHAHA (untuk sinopsisnya kamu langsung nonton trealernya saja ya kak. soalnya kalau dijelaskan pakai kata-kata cukup rumit tapi serius deh kalau ingin nonton series sambil pusing mikirin alurnya ini bagiku must add to your watching-list) :v:

  2. In Family We Trust
    In_Family_We_Trust_poster_image

    Kalau yang satu ini berasal dari Thailand. Drama ini berkisah tentang misteri pembunuhan dalam keluarga Jiraanan. Tiap episode membuatku emosi dan menebak nebak siapakah pelakunya. Seperti main among us wkwkwk :sweat_smile: Totalnya ada 18 episode. Di dalam drama ini pula dalam menghafal tiap anggota keluarga cukup bikin pusing. Endingnya lumayan plot twist.

  3. Bad Genius The Series
    image

    Ini merupakan adaptasi dari versi filmnya dengan judul yang sama “Bad Genius”. Series ini menceritakan tentang kecurangan yang dilakukan para siswa SMA mulai dari ujian di kelas hingga ke tingkat internasional. Mereka memperjual belikan jawaban ujian untuk mendapatkan uang. Di sini problem dan konflik yang dihadapi lebih bikin gregetan. Untuk endingnya sendiri sih bagiku open ending.

Saya akan kasih dua drama favorit saya dari negeri sakura yang tak kalah keren dari drama-drama korea.

  1. Koi Wa Tsuzuku Yo Doko Made Mo (2020)
    Bercerita tentang Sakura Nananse (Mone Kamishiraisi) yang merupakan seorang perawat pemula. Dia menjadi perawat karena bertemu dengan Tendo Kairi (Takeru Satoh) dan langsung jatuh cinta dengannya. Lima tahun berlalu, Sakura akhirnya bekerja di rumah sakit yang sama dengan Tendo. Namun sifat Tendo sangat berkebalikan dengan apa yang dibayangkannya sampai-sampai dia mendapat julukan “Iblis” di tempat kerjanya.

  2. 3 Nen A Gumi: Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu (2019)
    Drama yang menceritakan tentang Hiiragi Ibuki (Masaki Suda), seorang guru seni di salah satu SMA di Jepang, yang menyekap seluruh siswanya di kelas 3A demi mencari kebenaran terhadap kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Kageyama Reina (Moka Kamisihiraishi). Drama ini menyajikan plot-twist di episode terakhirnya sehingga menarik untuk disaksikan.

Kalo aku sih yaa, sebenernya bukan film, tapi lebih kepada series. Kalo aku akan merekomendasikan kepada kalian semua yang membaca tulisanku ini wkwk, yang pertama series dari “Money Heist”, asli gokill parah sih series ini. Series yang udah terkenal sejak dulu dan selalu menjadi series top di Netflix. Kemudian, aku juga merekomendasikan series “Lupin” yang setiap episodenya akan membuat kalian berdecak kagum. Lupin juga salah satu series unggulan di Netflix. Kemudian kalo ingin yang sedikit nakal ada “Sex Education” yang juga jadi salah satu series top di Netflix. Kalo film, karena aku favorit film berbau superhero dan aku Marvel Fan Boy, wkwk jadi aku saranin buat nonton MCU mulai dari film Iron Man 1 sampek series What If…? biar pengalaman nonton jadi super seruu