Rekomendasi 10 Game Gacha yang akan rilis di 2024 mendatang

2024 telah disini dan saya akan hadirkan beberapa game gacha pilihan saya sendiri yang besar kemungkinan akan rilis setidaknya musim semi 2024 keatas.

1. Solo Levelling:ARISE

Para pecinta anime pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Solo Leveling yang diadaptasi dari salah satu manhwa paling terkenal. Tidak hanya sekedar adaptasi Anime ada juga adaptasi game mobile yang sudah disiapkan. Game tersebut adalah Solo Leveling: ARISE yang akan dirilis pada tahun 2024 mendatang, langsung secara global.

Mekipun banyak rumor yang mengatakan bahwa Solo Leveling: ARISE akan menjadi game yang buruk dan terlebih lagi ada berita mengatakan bahwa perilisan game ini diundur sampai April-Juni, tetapi Solo Levelling: ARISE tetap menjadi salah satu game gacha yang ditunggu pada 2024 ini.

Solo Leveling: ARISE akan mengusung konsep action RPG hack n slash sebagai basis gameplay utamanya dan menggunakan dungeon-based dalam gameplaynya.

2. Zenless zone zero

Zenless Zone Zero, sebuah RPG aksi fantasi yang dikembangkan oleh HoYoverse, pencipta di balik Genshin Impact yang populer, sedang menimbulkan cukup banyak perhatian. Game ini mengambil latar cerita di peradaban masa depan yang disebut sebagai New Erid, peradaban yang membuat pertahanan terakhir umat manusia melawan para Hollows. Pemain akan menjelajahi dunia distopia ini, mengambil peran sebagai Proxy, memandu agen melalui area berbahaya yang dikenal sebagai Hollows untuk melawan monster dan mengumpulkan sumber daya.

Game ini telah digambarkan untuk menampilkan sistem pertarungan yang dinamis dan mendebarkan, menggabungkan kemudahan akses. Skill, timing menghindar yang tepat, dan sinergi antar karakter, menawarkan pemain pengalaman pertarungan yang sinematik dan berorientasi aksi. Dengan daftar karakter yang luas, masing-masing berkontribusi pada cerita dan gameplay, Zenless Zone Zero diatur untuk menawarkan pengalaman yang kaya dan imersif.

Jadwal rilis yang diharapkan untuk Zenless Zone Zero adalah akhir tahun 2024, sebagaimana dapat diperkirakan dari timeline beta test dan peluncuran game HoYoverse sebelumnya. Game ini akan tersedia di PC, Mac, iOS, Android, dan juga dalam pengembangan untuk PlayStation 5. Ketersediaan platform yang luas ini memastikan bahwa audiens besar akan dapat mengalami game ini pada saat rilis.

3. Wuthering Waves

“Wuthering Waves” adalah game RPG aksi dunia terbuka yang dikembangkan oleh Kuro Games. Game ini menghadirkan sebuah narasi yang menarik dan grafis bergaya anime yang memukau. Dalam “Wuthering Waves,” pemain akan menjelajahi dunia fantasi yang luas, mengalami sistem pertarungan yang unik, dan menemukan elemen-elemen menarik. Kuro Games sebelumnya telah meraih kesuksesan dengan game seperti “Punishing: Grey Raven” dan “Aether Gazer,” yang populer di kalangan pemain Asia, terutama di Cina. Selain cerita utama yang menarik, “Wuthering Waves” juga menawarkan mini-game, misi yang memberi imbalan, eksplorasi dunia fantasi, dan sistem gacha untuk mengklaim karakter​​.

Permainan ini dijadwalkan untuk dirilis pada paruh kedua tahun 2024, antara Oktober dan Desember, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Kuro Games. Ada juga kemungkinan untuk Closed Beta Test (CBT) ketiga, tetapi informasi lebih lanjut belum tersedia. Game ini akan tersedia untuk platform PS4 dan PS5, serta Android, iOS, dan PC, dengan setelan grafis di PS5 yang setara dengan setelan maksimum di PC, sementara di PS4 akan sedikit lebih tinggi dari versi Mobile​​.

4. One Punch Man: World

“One Punch Man: World” adalah game aksi 3D free-to-play yang telah dirilis untuk PC, iOS melalui App Store, dan Android melalui Google Play pada tanggal 31 Januari 2024 di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara menyusul pada 1 Februari 2024. Game ini dikembangkan oleh T3 Studio dan dipublikasikan oleh Crunchyroll Games serta A Plus Japan, mengundang pemain untuk menjadi pahlawan demi kesenangan dalam dunia anime populer "One Punch Man"​​.

Gameplay “One Punch Man: World” menawarkan pengalaman action role-playing game (ARPG) yang memungkinkan pemain mengendalikan Lightning Max dan karakter ikonik lainnya dari seri anime, menjelajahi berbagai peta yang diambil langsung dari anime, menyelesaikan misi untuk Asosiasi Pahlawan, dan mengalahkan musuh. Sebagai game gacha, pemain dapat memperoleh berbagai pahlawan dan peningkatan dengan menarik banner. Pemain akan berhadapan dengan bos-bos terkenal dari seri tersebut seperti Subterranean King, Mosquito Girl, Beast King, dan lainnya, mengikuti perjalanan Saitama, seorang Pahlawan yang menyelamatkan dunia hanya karena sebuah hobi.

Karakter dalam game ini mencakup berbagai pahlawan dengan kekuatan dan kemampuan unik. Genos, misalnya, menggunakan lengan cyborg-nya untuk meluncurkan serangan api.

“One Punch Man: World” menjanjikan untuk menjadi sebuah game besar yang tidak hanya menyenangkan bagi penggemar lama seri ini tetapi juga mudah diakses oleh pemula. Dengan fokus pada iOS, Android, dan PC sebagai platform utama, game ini menawarkan kualitas terbaik bagi mereka yang ingin mengalami dunia “One Punch Man” dalam format game. Karakter-karakter dalam game mencakup berbagai pahlawan dari seri tersebut, termasuk Saitama, Genos, Speed-O’-Sound Sonic, Mumen Rider, Puri-Puri Prisoner, Atomic Samurai, Golden Ball, dan Lightning Max, masing-masing dengan kemampuan unik mereka sendiri​​.

Untuk informasi lebih lanjut tentang game ini, kunjungi situs resmi “One Punch Man: World”.

5. Seven Deadly Sins: Origin

“The Seven Deadly Sins: Origin” adalah sebuah game aksi-RPG dunia terbuka yang sedang dikembangkan oleh Netmarble F&C dan akan dirilis oleh Netmarble. Game ini diumumkan pada Januari 2022 dan merupakan sekuel dari game populer “The Seven Deadly Sins: Grand Cross”.
Berlatar dari cerita manga dan anime populer “The Seven Deadly Sins”, game ini akan mengajak pemain ke dalam petualangan baru dengan kisah multiverse dan protagonis baru​​​​.

Game ini akan tersedia untuk konsol, PC, dan perangkat seluler, namun hingga saat ini masih belum ada pengumuman resmi mengenai tanggal rilisnya. Akan tetapi, spekulasi menunjukkan bahwa “The Seven Deadly Sins: Origin” mungkin akan dirilis pada tahun 2024. Game ini akan mengikuti lingkungan dan alur cerita yang sama dengan seri anime, namun dikembangkan dengan elemen baru dan protagonis yang berbeda dari Meliodas dan pasukannya. Cerita utama mengikuti kelompok Seven Deadly Sins yang berupaya menggulingkan kerajaan tetapi gagal dan kemudian dicari oleh Kerajaan Liones sepuluh tahun kemudian ketika Holy Knights mencoba kudeta sendiri​​​​.

Gameplay yang diungkapkan selama Game Developers Conference (GDC) 2023 menunjukkan dunia yang luas untuk dijelajahi, dengan grafis 3D yang menarik, mekanisme pengumpulan dan eksplorasi, serta pertarungan aksi cepat. Pemain dapat menantikan pengalaman yang mirip dengan “Genshin Impact”, berdasarkan cuplikan yang menampilkan eksplorasi kota dan pertarungan intens melawan raksasa serta mekanisme lain seperti memancing, terbang, menyelesaikan teka-teki, dan menunggangi mount​​​​.

Meskipun belum ada cara untuk pra-registrasi versi PC, pemain dapat melakukan pra-registrasi untuk versi Android dan iOS melalui halaman TapTap dari game ini. Informasi lebih lanjut, termasuk trailer terbaru dari G-Star 2023 yang menampilkan lebih banyak gameplay pertarungan, dapat ditemukan di YouTube Netmarble Global​​.

Untuk informasi terbaru tentang tanggal rilis dan detail lebih lanjut tentang “The Seven Deadly Sins: Origin”, penggemar disarankan untuk mengikuti berita dan pengumuman dari Netmarble.

6. AFK Arena

“AFK Arena” adalah game idle RPG yang dikembangkan oleh Lilith Games, menawarkan pengalaman bertarung secara otomatis bahkan saat kamu tidak online. Game ini memungkinkan pemain untuk mengumpulkan dan meningkatkan berbagai pahlawan dari tujuh faksi yang berbeda, masing-masing dengan kemampuan uniknya. Dirilis pertama kali pada Juni 2018 untuk Android dan Januari 2019 untuk iOS, “AFK Arena” telah menjadi salah satu game mobile populer berkat gameplay dan seni visualnya yang menarik​​.

Dalam “AFK Arena”, pemain diharuskan untuk merancang strategi terbaik menggunakan pahlawan yang mereka kumpulkan untuk melawan musuh dan menjelajahi dunia game yang luas. Pemain juga dapat meninggalkan game berjalan di latar belakang untuk mengumpulkan sumber daya dan level up secara otomatis, memudahkan mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk bermain secara aktif​​​​.

Untuk pemula, ada beberapa pahlawan yang direkomendasikan untuk memulai perjalanan di “AFK Arena” seperti Shemira, Khasos, dan Saveas karena kemampuan AoE dan sustain mereka yang tinggi. Selain itu, sistem Ascension memungkinkan pemain untuk meningkatkan kekuatan pahlawan mereka melalui penggabungan pahlawan yang sama​​.

Ada berbagai tips dan panduan untuk membantu pemain baru memahami mekanisme dan strategi dalam “AFK Arena”, termasuk cara optimal untuk memulai game, pahlawan yang harus diutamakan, dan sumber daya yang harus dikumpulkan. Game ini juga menawarkan penawaran khusus dan langganan bulanan yang memberikan berbagai keuntungan, termasuk peningkatan mata uang dan akses ke konten premium​​.

Untuk informasi lebih lanjut tentang panduan, strategi, dan tips “AFK Arena”, kamu dapat mengunjungi situs fan seperti AFK.Global atau AFK. Guide yang menyediakan berbagai artikel bermanfaat bagi pemain

7. Arknights Enfield

“Arknights: Endfield” adalah game terbaru yang sedang dikembangkan oleh Hypergryph, pencipta game populer “Arknights”. Game ini merupakan RPG real-time 3D yang menjanjikan pengalaman baru bagi penggemar anime serta mereka yang sudah akrab dengan dunia game sebelumnya. Dibandingkan dengan pendahulunya, “Endfield” bertujuan untuk memberikan pengalaman 3D yang sepenuhnya imersif, fokus pada elemen strategi dan RPG. “Arknights: Endfield” akan membawa pemain dalam perjalanan misterius untuk mempertahankan planet Talos-II dari bencana​​.

Game ini masih dalam tahap pengembangan awal dan detail tentang tanggal rilisnya belum diumumkan. Meskipun demikian, telah dikonfirmasi bahwa “Arknights: Endfield” akan tersedia di PC, perangkat seluler, dan PlayStation 5. Game ini akan dirilis sebagai judul gratis untuk dimainkan dengan opsi strategi dan peran dalam real-time yang menantang pemain untuk menguasai taktik baru dalam pertarungan​​​​.

Trailer gameplay dan demo telah dirilis, menampilkan lingkungan Originium Research Park di mana misi pemain adalah menjelajah, mendirikan Automated Industry Complex untuk memproduksi peralatan penting, dan menghilangkan ancaman yang mengintai. Pemain disarankan untuk tetap waspada karena area tersebut telah Terjangkit. Gameplaynya menjanjikan pertarungan real-time dengan taktik yang bervariasi, memperlihatkan dunia yang luas untuk dieksplorasi​​.

Game ini akan memungkinkan pemain untuk mengendalikan sebuah tim saat mereka menjelajahi Talos-II, menyelesaikan misi, membuka chapter cerita baru, dan menghadapi tantangan yang menarik. Pertemuan dengan berbagai faksi dan musuh akan menyajikan pengalaman pertarungan real-time epik dengan taktik yang beragam​​.

Untuk informasi lebih lanjut tentang “Arknights: Endfield” dan perkembangannya, penggemar dapat mengunjungi situs web resmi dan mengikuti media sosial resmi game untuk pembaruan terbaru.

8. Project Mugen

project-mugen-pc-game-cover

“Project Mugen” muncul sebagai RPG open world fantasi yang sangat dinantikan, dikembangkan oleh NetEase Games bersama dengan studio baru Thunder Fire Studio, Naked Rain. Dengan latar dunia yang mirip Bumi, di mana fantasi menjadi kenyataan dan manusia hidup berdampingan dengan supernatural, pemain akan memerankan Esper, dikenal sebagai “Infinite Trigger”. Investigator top ini akan menjelajah kota-kota yang penuh warna, menghadapi anomali dan kejadian supernatural yang mengancam keseimbangan dunia fantasi ini.

Game ini dijadwalkan untuk dirilis di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, serta platform mobile, dan akan diluncurkan gratis untuk dimainkan. Fitur kuncinya termasuk dunia open world, pengalaman pertarungan tim yang unik dengan empat karakter yang memiliki atribut berbeda dan dapat bersinergi satu sama lain, gaya artistik yang menawan, dan traversal cepat serta kendaraan. Setiap karakter memiliki keterampilan pergerakan dasar seperti parkour, ayunan, atau memanjat dinding, dan beberapa karakter memiliki kemampuan perjalanan unik berdasarkan identitas individu mereka​​.

Meskipun belum ada tanggal rilis resmi yang dikonfirmasi, spekulasi menunjukkan bahwa “Project Mugen” mungkin akan dirilis pada akhir 2024 atau 2025, masih dalam tahap pengembangan awal. Inti dari gameplay “Project Mugen” berfokus pada mobilitas dan menjelajahi landskap kota besar menggunakan ‘Sistem 3C’, yang merupakan seleksi metode pergerakan untuk menjelajahi kota, mengunjungi ekosistem fantasi, dan menjelajahi lanskap di darat serta dari udara​​.

9. One Piece: Dream Pointer

“One Piece: Dream Pointer” adalah game RPG berbasis giliran yang terinspirasi dari Anime populer One Piece. Game ini dirilis di Cina pada 1 April 2024 dan dikembangkan oleh Qianxunsha, dengan penerbitan bersama oleh Thunder Games dan Aofei Games. Game ini mengambil latar di Holy Land of Marie Geoise, berlangsung beberapa tahun setelah reuni kru Topi Jerami. Dalam game vertikal tiga dimensi ini, pemain dapat merekrut pahlawan dari semesta One Piece dan menghidupkan kembali momen-momen petualangan kru Topi Jerami​​​​.

Gameplay dari “One Piece: Dream Pointer” melibatkan pertarungan strategis berbasis giliran di mana pemanfaatan kartu kemampuan karakter menjadi kunci untuk kemenangan. Dengan lebih dari 40.000 model dengan high definition yang dirancang dengan detail, game ini juga menampilkan lebih dari 100 lukisan orisinal dan memanfaatkan suara aktor pengisi suara anime, disertai dengan musik animasi asli. Game ini tersedia untuk perangkat mobile dan dapat diunduh di China App Store, TapTap, dan 3839 (Hao You Kuai Bao)​​.

Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi mengenai peluncuran global “One Piece: Dream Pointer”. Namun, dengan basis penggemar yang besar dan keberhasilan waralaba One Piece secara global, ada kemungkinan game ini akan dirilis di wilayah lain setelah peluncuran awalnya di Cina​​.

10. Girls Frontline 2: Exilium

“Girls’ Frontline 2: Exilium” merupakan game taktik gacha berbasis gturn based yang dikembangkan oleh Sunborn. Game ini menawarkan gameplay yang unik bagi para penggemar game gacha, mengontrol tim dan menelusuri peta berbasis grid dengan mempertimbangkan implikasi taktis dari elevasi, perlindungan, dan garis pandang, mirip dengan gameplay yang ditemukan dalam game XCOM. Game ini dijadwalkan untuk diluncurkan di Cina pada tanggal 21 Desember 2023, sementara tanggal rilis global masih belum diumumkan​​.

Game ini berlatar di Eropa Timur pada tahun 2074, 12 tahun setelah peristiwa “Girls’ Frontline”. Setelah Griffin and Kryuger dibubarkan oleh pemerintah, sang Komandan terus memimpin Tactical Dolls di wilayah perbatasan antara tanah yang terkontaminasi dan tanah yang aman, mengejar hadiah di atas Amos, basis mobile mereka. Ketika mereka kembali dari misi pengiriman di zona terkontaminasi, mereka diserang oleh kekuatan tak dikenal yang merebut kargonya, yang berisi gadis misterius. Sang Komandan harus merebut kembali kargo tersebut dan mengungkap rahasia dan konspirasi lama yang terkait dengan artefak​​.

Dalam hal gameplay, “Girls’ Frontline 2” menampilkan kontrol kamera yang hampir sepenuhnya dapat dikontrol oleh pemain, termasuk rotasi 360 derajat dan panning bebas, dengan sudut kamera yang dapat disesuaikan. Sistem pertarungan memungkinkan pemain untuk melihat pratinjau hit rate dan damage yang diprediksi sebelum menyerang musuh, dengan kerusakan chip yang masih diterapkan meskipun serangan meleset. Game ini juga mengenalkan sistem “morale”, di mana mengalahkan musuh akan meningkatkan morale Dolls, meningkatkan atribut dan kemampuan bertarung mereka​.