Rahasia Frugal Living: 10 Software untuk Menghemat Uang Anda

Hidup hemat bukan berarti Anda harus pelit. Ini tentang menjadi cerdas dengan uang Anda dan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal darinya. Di situlah perangkat lunak hidup hemat dapat membantu. Ada banyak perangkat lunak hidup hemat yang berbeda di pasaran, masing-masing dengan fitur dan manfaat uniknya sendiri. Berikut adalah 10 rekomendasi.

  1. Mint


    Mint adalah alat penganggaran online gratis yang membantu Anda melacak pengeluaran, membuat anggaran, dan mencapai tujuan keuangan Anda.
    Kelebihan: Mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif, menawarkan berbagai fitur, termasuk pelacakan pengeluaran, pembuatan anggaran, dan alat perencanaan keuangan, mendukung berbagai akun bank dan lembaga keuangan, mendukung berbagai akun bank dan lembaga keuangan.
    Kekurangan: Versi gratisnya memiliki beberapa batasan, seperti tidak dapat melacak akun investasi. Versi berbayar bisa mahal bagi sebagian orang.

  2. Mealime


    Mealime adalah perencana makanan dan aplikasi pembuatan daftar belanja yang membantu Anda menghemat uang untuk makanan. Ini membantu Anda membuat rencana makan, membuat daftar belanja, dan menemukan resep berdasarkan anggaran Anda.
    Kelebihan: Menghemat uang dengan mengurangi pemborosan makanan dan makan di luar, menyediakan resep yang mudah dan lezat yang sesuai dengan anggaran, membuat rencana makan yang sehat dan seimbang.
    Kekurangan: Membutuhkan langganan premium untuk mengakses semua fitur, tidak semua resep tersedia dalam bahasa Indonesia.

  3. YNAB (You Need A Budget)
    image
    YNAB adalah aplikasi web dan mobile yang membantu pengguna untuk mengatur keuangan mereka dengan metode “zero-based budgeting”. Metode zero-based budgeting mengharuskan pengguna untuk mengalokasikan setiap rupiah pendapatan mereka untuk suatu tujuan, seperti tagihan, tabungan, atau utang. Dengan memiliki fitur pencatatan transaksi, alokasi dana, pelacakan pengeluaran, laporan keuangan, sinkronisasi bank, YNAB dapat membantu Anda keluar dari hutang dan mencapai tujuan keuangan.
    Kelebihan: membantu mengendalikan uang, memiliki komunitas online yang aktif dan suportif.
    Kekurangan: Butuh kurva belajar, ada versi berbayar yang mungkin mahal bagi sebagian orang.

  4. Simplifi
    image
    Simplifi adalah alat keuangan pribadi yang membantu Anda melacak pengeluaran, membuat anggaran, dan mencapai tujuan keuangan Anda. Fitur utama aplikasi ini ialah pelacakan pengeluaran, penganggaran, manajemen tagihan, pencatatan transaksi, laporan keuangan. Simplifi berusaha untuk menjadi aplikasi yang terintegrasi dan terjamin keamanannya. Kelebihannya ialah antarmuka intuitif, fitur yang bervariasi, sementara kekurangannya ialah versi gratis terbatas.

  5. Splitwise
    image
    Personal finance app yang komprehensif. Aplikasi ini hadir untuk membantumu manage keuangan, track pengeluaran, dan memantau investasi. Splitwise menonjolkan cara mudah untuk melacak pengeluaran dan hutang bersama teman dan keluarga. Ini sangat cocok untuk perjalanan, berbagi tempat tinggal, atau tagihan apa pun yang perlu dibagi.
    Kelebihan: melacak pengeluaran dan hutang dengan mudah, antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna, gratis di berbagai platform.
    Kekurangan: Fitur lanjutan hanya tersedia versi berbayar.

  6. GilaDiskon
    image
    GilaDiskon adalah aplikasi yang membantu pengguna menemukan produk dengan harga diskon terbaik. Pengguna dapat mencari produk berdasarkan kategori, merek, atau lokasi. GilaDiskon juga menawarkan berbagai fitur lain, seperti: perbandingan harga, notifikasi diskon, kupon & voucher, dan review produk. GilaDiskon menonjolkan value utama berupa hemat uang, mudah digunakan, fitur lengkap, tepercaya.
    Kelebihan: interface cukup menarik dan mudah digunakan, banyak informasi cashback dan promo.
    Kekurangan: tidak semua penawaran dan diskon tersedia di semua daerah.

  7. Carousell


    Carousell adalah platform marketplace online yang memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli barang bekas dan baru . Platform ini mudah digunakan dan memiliki komunitas pengguna yang aktif dengan lebih dari 25 juta pengguna di Asia Tenggara. Carousell menawarkan beragam pilihan barang, mulai dari pakaian, elektronik, hingga furnitur,
    Kelebihan : konsep inovatif, negosiasi harga
    Kekurangan: kurang universal

  8. Honey


    Honey adalah ekstensi browser yang membantu pengguna menemukan kupon dan voucher untuk berbagai toko online. Honey secara otomatis mencari dan menerapkan kupon terbaik saat pengguna checkout, membantu menghemat waktu dan uang.
    Kelebihan: otomatis menerapkan kode kupon, hadiah gratis
    Kekuranagan: tidak semua situs web/toko online bekerjasama dengan Honey, Perlu izin untuk melacak aktivitas belanja online.

  9. Rakuten
    image
    Rakuten adalah platform marketplace online yang menawarkan beragam produk dari berbagai penjual, seperti elektronik, pakaian, dan furnitur. Rakuten juga memiliki program cashback yang memungkinkan pengguna mendapatkan uang kembali atas pembelian mereka.
    Kelebihan: cashback luas, perusahaan besar dengan jangkauan yang luas
    Kekurangan: tidak selalu tersedia

  10. Ibotta


    Ibotta adalah aplikasi cashback yang memungkinkan pengguna mendapatkan uang kembali atas pembelian mereka di toko retail dan online. Pengguna dapat mengklaim cashback dengan mengunggah foto struk belanja mereka.
    Kelebihan: diversifikasi kategori dan pengguna sudah cukup banyak
    Kekurangan: ekspansi kurang