Produk Google apa saja yang mampu meningkatkan produktifitas kita?

:frowning: Hmm… maaf teman-teman mungkin pertanyaan saya ini agak kurang berbobot atau anggapan remeh lainnya.

Saya ingin menanyakan apa saja produk dari Google baik itu aplikasi maupun website yang bisa meningkatkan produktifitas kita, meningkatkan efesiensi kerja, atau membantu kita dalam beberapa hal.

Saya baru saja mengetahui bahwa ada Google AdSense yang memungkinkan orang mendapatkan uang secara online, Google Plus media sosialnya Google, dan baru - baru ini saya mengetahui GOOGLE PRIMER yang memungkinkan kita belajar MEMBANGUN BISNIS melalui PEMBELAJARAN BISNIS dari GOOGLE. Akan tetapi saya kurang mengetahui lebih lanjut mengenai produk GOOGLE tersebut.

Bisakah teman-teman membantu saya untuk menjelaskan lebih dalam mengenai 3 produk google tersebut dan kalau bisa produk GOOGLE lain apa saja yang juga berhubungan dengan meningkatkan produktifitas kita.

Terima kasih :blush:

Produk apa saja ya kira-kira… menurutku, banyak sekali aplikasi google yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas kita. saya akan menjabarkan beberapa produk google yang mampu meningkatkan pada smartphone.

1. Google Maps

Google maps sangatlah berguna pada pengguna smartphone android maupun iPhone. google maps ini dapat membantu user untuk menentukan lokasi dimana saja mereka akan menuju. Google maps sendiri sekarang sudah tersedia untuk versi offlinenya. maka dari itu, ketika anda tersesat di pedalaman sekalipun, google maps dapat membantu dirimu kembali ke jalan yang benar. google maps dapat memberikan jalur mana yang tercepat dan dapat menghindari kemacetan.

2. Google Classroom

Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk para pelajar diberbagai kalangan dari sd hingga kuliah. penggunaannya juga cukup mudah dan didesain sesuai dengan kompabilitas berbagai zaman. maka dari itu, tidak perlu cemas untuk tidak mengerti untuk menggunakannya. Google classroom ini tentu juga gratis untuk digunakan.

3. Google Drive

Aplikasi satu ini digunakan untuk menyimpan data via cloud. daripada membawa flashdisk kemana-mana. google drive dapat membantu kita untuk membawa data tanpa membawa hardwarenya. kita hanya perlu mengakses google drive ini di website atau anda dapat mengunduh aplikasi tersebut diappstore maupun google playstore. Google drive ini juga dapat digunakan oleh semua kalangan karena penggunaannya yang sangatlah mudah.

4. Google search engine

Dan yang terakhir ini merupakan aplikasi google yang paling berguna. tidak hanya pada smartphone saja namun juga sangat berguna pada komputer. aplikasi ini digunakan untuk mencari apa saja yang kita butuhkan. Komputer akan memprosesnya dengan cepat. namun, kelemahan dari aplikasi ini adalah membutuhkan koneksi internet. Aplikasi ini tentu sangatlah membantu manusia zaman sekarang untuk mengembangkan dirinya dan meningkatkan produktifitasnya.

Ketika kita bicara mengenai google, maka tentunya akan melihat sebuah perusahaan yang sangat kita butuhkan dalam meningkatkan produktifitas kita. Karena memang pada daasarnya sendiri google merupakan perusahaan yang selalu haus akan penemuan – penemuan serta ide – ide untuk menciptakan produk baru yang dapat digunakan untuk mempermudah kehidupan kita. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai ketiga produk googlei yang telah anda sebutkan serta beberapa contoh produk lainnya yang dapat kita gunakan untuk produktifitas kita :

1. Google Adsense

image

Google Adsense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh Google. Google Adsense adalah cara tercepat dan cara termudah bagi pemilik website/blog untuk menghasilkan uang dari internet. Caranya yaitu dengan memasang iklan Google Adsense pada web/blog, jika ada orang lain atau pengunjung situs/blog yang klik iklan maka Anda akan mendapatkan komisi dari Google. Saat ini mendaftar program Google Adsense cukup sulit untuk diterima terutama bagi pemula. Anda perlu pengetahuan khusus atau trik tertentu.

2. Google Plus

image

Google Plus adalah layanan sosial networking yang dibuat oleh Google untuk menghubungkan penggunanya berinteraksi dengan berbagi pengalaman, link dan foto. Anda juga dapat mencari teman-teman anda pada layanan ini dengan cepat. Ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa bagi Google untuk berinovasi dan berbagi. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Google Plus diantaranya adalah circle, hangout, Games, Search, Instant Upload, serta Messenger.

3. Google Primer

image

Jika anda masih belum menemukan guru yang tepat untuk belajar mengenai membangun sebuah startup, mungkin Google Primer, bisa membantu menjadi solusi agar Anda tetap mendapatkan ilmu dari pakarnya. Google Primer ini memberikan konten-konten yang menarik, dan bisa dipelajari maksimal 5 menit saja. Topik-topik bahasan yang disuguhkan Google Primer pun sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis, seperti search engine marketing, content marketing, tips mengetahui karakter customer dengan digital metrics, dan masih banyak lagi.

4. Google Calender

image

Google Calendar adalah salah satu fitur gratis yang disediakan Google untuk para penggunanya. Dengan Google Calendar, pemilik akun Google dapat mengatur jadwal dan berbagi info jadwal tersebut kepada orang lain. Kalender dapat dibuat lebih dari satu, misalkan ada kalender khusus untuk jadwal urusan pekerjaan, dan ada kalender khusus untuk jadwal urusan pribadi.

5. Google Classroom

image

Google Classroom adalah serangkaian tools produktivitas gratis dari Google meliputi Gmail, Drive, dan Docs, tersedia untuk pengguna Google Apps for Education. Classroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu Guru seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa. Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur.

Mungkin aplikasi – aplikasi yang saya paparkan di atas dapat anda gunakan untuk meningkatkan produktifitas anda dalam kegiatan sehari – hari. Sebagai orang yang mengenal teknologi, sudah seharusnya kita bisa lebih produktif dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita ini.

Nah… menarik nih untuk dibahas.
Hampir seluruh aplikasi GOOGLE menurut saya meningkatkan produktifitas baik itu untuk peroorangan maupun untuk organisasi.

image

Mengenai Google Primer saya juga baru mengetahuinya beberapa minggu yang lalu. Dan benar saja, disana kita akan diajarkan bagaimana membangun bisnis rintisan atau biasa kita kenal dengan nama startup. Nah, saya juga sedang menggunakannya. Menurut saya di Google Primer pembelajarannya to the point dan based on case. Selain itu, nantinya akan ada pertanyaan mengenai sebuah kasus untuk menguji bagaimana kita mengambil keputusan untuk kasus tersebut. Nah, disinilah jiwa bisnis kita diuji sekaligus di asah.

Selain itu… berikut saya jabarkan beberapa produk Google yang sekiranya bisa membantu @doing yaak dalam kesehariannya… Check it…

  1. Google Search
    Nah, ini pasti sudah tahu kan. Kamu tinggal klik apa yang kamu cari nantinya Google akan mencarikan konten-konten yang memiliki hubungan erat dengan apa yang kamu cari. Dari segi produktifitas tentunya Google Search menghemat waktu kita dalam mencari apa yang kita mau.

  2. Google Alerts
    Produk Google ini akan membantu kamu dalam memberikan notifikasi apabila ada email baru yang masuk. Jadi, kamu ga perlu buka-buka email tiap saat untuk mengecek apakah ada email baru atau tidak.

  3. Google Books


    Nah, ini dia untuk para pecinta ebook atau pengen mencari apa saja yang dibahas pada buku yang ingin kamu beli. Pada produk Google yang satu ini kamu bisa melakukan hal seperti membaca buku tanpa harus membelinya, melihat gambaran besar buku, atau mencari buku apa saja yang cocok dengan keinginanmu.

    Mengenai apakah isi konten buku akan ditampilkan seluruhnya atau tidak hal tersebut tergantung kepada pengaturan yang disetting oleh penulis. Apakah hanya beberapa halaman saja yang bisa ditampilkan atau bahkan seluruhnya.

    Setidaknya dengan Google Books bisa menghemat waktu kamu dalam mengeksplor banyak buku pada toko buku untuk mencari mana yang cocok. Cukup buka Google Books cari buku yang pas, lalu temukan di toko buku. Gampang bukan?

  4. Google AdWords
    Berbelok sedikit pada konteks pembahasan mengenai pemasaran online. Seperti yang kita tahu saat ini pemasaran secara offline sudah kurang mempan untuk mendapatkan transaksi penjualan yang banyak.

    Salah satu produk Google yang dapat kamu gunakan untuk mengiklankan jualanmu adalah Google AdWords. Hanya dengan beberapa langkah saja jualanmu siap dipasarkan di seluruh dunia dan berpotensi ditampilkan pada halaman pertama Google sehingga jualanmu bisa diketahui oleh orang lebih banyak. Tak perlu repot-repot menghabiskan uang untuk transportasi memperkenalkan jualanmu, cukup dengan Google AdWords jualanmu bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat.

  5. G Suite
    image

    Produk inilah yang harus Anda miliki, terutama dalam memanage tim atau organisasi. Di dalam G Suite terdapat berbagai produk Google lain yang sangat berhubungan dengan produktifitas, efesiensi, dan efektifitas. Diantaranya Gmail, Google Hangouts, Google Calendar, Google Docs, Google Sheets, Google Forms, Google Slides, Google Sites, Google Contacts, dan Google Groups. Semua ini terkoneksi pada Cloud sehingga kamu dapat bekerja kapan pun dan dimanapun asalkan ada jaringan internet yang tersambung pada perangkatmu.

    Dengan Google Calender kamu dapat menentukan jadwal apa saja yang akan diadakan dan dapat dilihat oleh berbagai anggota tim. Sehingga, ini akan menghemat waktu dalam pemberitahuan manual.

  6. Google Site
    Kalau kamu ingin membuat website gratis, selain menggunakan layanan blogger.com atau wordpress.com kamu juga dapat menggunakan Google Site. Gratis dan pengaturan yang mudah. Selain itu, Google Site juga terkoneksi dengan produk-produk Google lainnya.

  7. Google Classroom
    Produk Google tak hanya ada di bidang periklanan, ekonomi, organisasi, tetapi juga ada di bidang pendidikan. Yap, produk tersebut adalah Google Classroom. Dengan ini guru akan lebih mudah memberi tugas, menerima tugas dari murid, sekaligus memberikan nilai terhadap apa yang telah dikerjakan oleh muridnya.

    Fitur lain yang terdapat pada Google Classroom adalah deadline. Jadi, ada waktu tertentu yang diatur oleh guru untuk batas akhir pengumpulan tugas. Bila pengumpulan tugas melewati deadline maka nantinya akan ada keterangan “LATE” atau “TERLAMBAT”. Sehingga, guru dengan mudah mengetahui siapa saja yang terlambat dalam mengirimkan tugas mereka.

    Dan, asiknya lagi pada Google Classroom akan ada ruang pula yang bisa digunakan oleh guru dalam mengupload materi-materi yang bisa dipelajari oleh muridnya.

  8. Google Analytic



    Produk Google yang satu ini sangat cocok bagi webmaster, blogger, dan organisasi. Dengan Google Analytic kamu dapat dengan mudah mengetahui analisis dari apa yang terjadi pada website kamu dalam jangka waktu tertentu. Artikel mana saja yang banyak dikujungi, keyword apa saja yang banyak dicari, jumlah visitor, dan analisis mendalam lainnya.

  9. Google Trends
    Bagi para kreator produk Google ini bisa dijadikan sumber ide pembuatan konten baru. BIla kamu tertarik, nantinya Google Trends akan menampilkan hasil berupa topik apa saja yang sedang banyak dicari atau dilihat oleh pengguna internet akhir-akhir ini.

Tentunya, ini bisa mempercepat para kreator dalam proses riset pasar atau mengetahui ide konten yang baru.

Nah, cukup 9 saja dulu yaak. Selepas ini jika memungkinkan akan saya sambung dengan produk Google lain.

Selain itu, kamu juga dapat membaca ulasan mengenai produk Google pada wikipedia pada halaman berikut : https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Google_products