Pro atau Kontra, Punahnya Permainan Tradisional Mengakibatkan Tingkat Kesenjangan Sosial Menurun?

Screenshot_20211217-232311

Permainan tradisional di Indonesia, seperti petak umpet, gobak sodor dan lainnya, bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari kebudayaan dari masyarakat di tiap daerahnya. Terkadang, permainan yang sama bisa memiliki peraturan yang berbeda di tiap daerah. Hal ini Permainan tradisional anak-anak perlahan-lahan mulai tergantikan hadirnya permainan modern seperti Playstation dan aplikasi game di ponsel pintar dan tablet.

Meski permainan modern bisa merangsang kemampuan kognitif anak tapi pergeseran tradisional ke modern ini dikhawatirkan bisa menumbuhkan sikap individualis dan malas pada anak. Bukan hanya itu, tetapi juga timbul kesenjangan sosial antara anak-anak.

Kesenjangan sosial yang diakibatkan oleh modernisasi ini dapat dilihat melalui adanya fenomena terjadinya kelompok sosial seperti kelompok anak yang kecukupan kebutuhan hidup dan anak yang kurang kebutuhan hidup.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pediatrics, dimotori oleh Seattle Children’s Research Institute (2011), mengungkapkan bahwa anak-anak yang menghabiskan banyak waktu dengan bermain dengan bermain video games mempunyai dampak negatif seperti; masalah interaksi sosial; kemampuan komunikasi; penurunan sikap empati; gangguan kecakapan motorik dan gangguan kesehatan.

Di satu sisi game modernn memilih kelebihan pula. Berikut dampak positif anak bermain game online:

  1. Melatih kemampuan dalam memecahkan masalah
  2. Mendapatkan pengetahuan yang baru
  3. Melatih kreativitas dan pengendalian emosi
  4. Membentuk sifat optimis dan pantang menyerah
  5. Mengembangkan kemampuan bersosialisasi secara daring online
    Menguatkan ikatan antara orangtua dan anak bila ikut terlibat saat bermain
    Dapat digaris bawahi, game tradisional mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan itu tidak ada di permainan tradisional.

Bagaimana menurut teman-teman, pro atau kontra bahwa punahnya permainan tradisional memunculkan kesenjangan sosial?

Sumber Referensi

https://www-sehatq-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.sehatq.com/forum/adakah-dampak-positif-bermain-game-online-bagi-anak-anak-q36065/amp?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16397576514534&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Fforum%2Fadakah-dampak-positif-bermain-game-online-bagi-anak-anak-q36065