Poster Iklan Karya Theophile Alexandre Steinlen yang Menakjubkan




Theophile Alexandre Steinlen (10 November 1859 - 13 Desember 1923), adalah seorang pelukis Prancis yang lahir di Swiss.

Lahir di Lausanne, Steinlen belajar di Universitas Lausanne sebelum bekerja sebagai trainee desainer di sebuah pabrik tekstil di Mulhouse, Perancis timur. Di awal usia dua puluhan, ia masih mengembangkan keterampilannya sebagai pelukis ketika ia dan istri barunya didorong oleh pelukis François Bocion untuk pindah ke komunitas artistik di Montmartre Quarter Paris.

Sesampai di sana, Steinlen berteman dengan pelukis Adolphe Willette yang memperkenalkannya pada komunitas artistik di Le Chat Noir, sebuah komunitas yang melakukan seni poster untuk para pemilik / penghibur kabaret dan perusahaan komersial lainnya.

Pada awal 1890-an, lukisan-lukisan Steinlen tentang pemandangan pedesaan, bunga-bunga, dan lukisan telanjang dipertunjukkan di Salon des Indépendants. Litograf 1895-nya yang berjudul Les Chanteurs des Rues adalah gambar depan untuk sebuah karya berjudul Chansons de Montmartre yang diterbitkan oleh Éditions Flammarion dengan enam belas litograf asli yang mengilustrasikan lagu Belle Époque dari Paul Delmet.

Rumah permanennya, Montmartre dan sekitarnya, adalah subjek favorit sepanjang hidup Steinlen dan ia sering melukis pemandangan beberapa aspek kehidupan yang lebih keras di daerah itu. Putrinya, Colette, ditampilkan dalam banyak pekerjaannya. Selain lukisan dan gambar, ia juga membuat patung secara terbatas, terutama tokoh kucing yang sangat ia sukai seperti terlihat di banyak lukisannya. Steinlen memasukkan kucing dalam banyak ilustrasinya, dan bahkan menerbitkan buku desainnya, “Dessins Sans Paroles Des Chats.”

Steinlen menjadi kontributor tetap untuk majalah Le Rire dan Gil Blas plus banyak publikasi lainnya termasuk L’Assiette au Beurre dan Les Humouristes, sebuah majalah berumur pendek yang ia dan selusin seniman lainnya bersama-sama mendirikannya pada tahun 1911. Antara 1883 dan 1920, ia menghasilkan ratusan ilustrasi, beberapa di antaranya dilakukan dengan nama samaran untuk menghindari masalah politik karena kritik keras mereka terhadap penyakit masyarakat. Seninya memengaruhi karya seniman lain, termasuk Pablo Picasso.

Théophile Steinlen meninggal pada tahun 1923 di Paris dan dimakamkan di Cimetière Saint-Vincent di Montmartre. Saat ini, karyanya dapat ditemukan di banyak museum di seluruh dunia termasuk di Museum Hermitage di St. Petersburg, Rusia dan Galeri Seni Nasional di Washington, D.C., Amerika Serikat. Sebuah monumen batu, yang dibuat oleh Pierre Vannier, dibuat untuk Steinlen pada tahun 1936; terletak di Square Joël Le Tac di Paris.