Pintar atau Bijak, Mana yang Lebih Menarik?

image
pernahkah anda mendengar tentang pernyataan “orang pintar belum tentu bijak, namun orang bijak sudah pasti pintar” setujukah anda dengan pernyataan tersebut? didunia ini banyak sekali orang-orang yang memiliki sifat bijak dan pintar yang berbeda-beda. bagaimana menurut kalian ? Apa iya orang pintar itu lebih baik daripada orang bijak? Atau justru sebaliknya?

Summary

https://bali.idntimes.com/life/inspiration/irma/perbedaan-orang-pintar-dan-orang-bijak-ala-merry-riana-c1c2-regional-bali/2

Kalau sekarang, aku lebih pro terhadap menjadi orang bijak lebih baik daripada orang pintar. Karena banyak sekali yang aku temui dimana orang orang pintar terkadang pintar untuk dirinya sendiri saja, kebijakannya tidak dimanfaatkan untuk mengatasi hal sedang terjadi. Orang pintar kebanyakan menimang keputusan berdasarkan ilmu dan teori saja, tapi kalau orang bijak lebih melihat dari banyak sisi yang sedang terjadi (realitanya). Tetapi semua itu tidak bisa dipukul rata. Semua itu pasti dikembalikan ke diri masing-masing. Nggak semua orang pintar sesuai dengan apa yang sering saya jumpai dan begitu juga sebaliknya

1 Like

Ini adalah pertanyaan yang bagus. Pendapatku sendiri aku lebih menyukai seseorang yang bijak dibanding pintar. Menurutku, kepintaran seseorang dapat diasah sementara kebijakan itu tumbuh dari diri sendiri seiring waktu. Kepintaran yang aku maksud adalah kepintaran dalam belajar ya. Kepintaran seseorang bisa saja membantu dalam akademik namun kebijakan seseorang bisa membantu lebih dari itu. Menurutku kebijakan menyangkut segala aspek kehidupan karena orang bijak yang baik akan mendapatkan kemungkinan hidup yang baik pula.

1 Like

@Sabilnur @Nofita_Mahfudiyah menurut pendapat kalian orang bijak kan lebih menarik, kira-kira menurut kalian, bagaimana sih caranya menjadi orang yang bijak?

Banyak yang bilang, “Orang pintar belum tentu bijak, tetapi orang bijak sudah pasti pintar.” Di sisi lain, ada juga yang beranggapan bahwa orang yang pandai berbicara dan lebih sering muncul di depan publik dikenal sebagai orang pintar, sedangkan mereka yang lebih suka menyendiri dan lebih sering mendengarkan keluhan orang lain dikenal sebagai orang bijak. Nah kira-kira apa iya orang pintar itu lebih baik daripada orang bijak? Atau malah sebaliknya?

Ada beberapa perbedaan orang pintar dan orang bijak, seperti :

  1. Orang pintar akan selalu cepat tanggap dalam hal apapun, sedangkan orang bijak akan berpikir dahulu sebelum bertindak.
  2. Orang pintar menerima informasi secara sistematis dan penuh logika, sedangkan orang bijak menerima informasi secara logika dan emosional.
  3. Orang pintar banyak berbicara dna sedikit mendengarakan, sedangkan roang bijak lebih banyak mendengar dan berbicara seperlunya.
  4. Orang pintar sangat percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, sedangkan orang bijak lebih memilih untuk stay humble karena sadar akan kekurangannya.
  5. Orang pintar lebih mengandalkan pengetahuan mereka untuk memecahkan masalah, sedangkan orang bijak lebih mengandalkan penilaian dan intuisi mereka.

Antara pintar dan bijak, mana yang lebih menarik? Menurut aku keduanya termasuk kemampuan yang dimiliki oleh setiap manusia. Tidak peduli pintar atau bijak, keduanya sama-sama memiliki tempat sendiri dalam diri kita masing-masing. Yang pasti pintar dan bijak adalah sebuah proses pembelajaran yang bisa dan harus dilewati setiap orang untuk dapat meningkatkan kualitas diri mereka dalam bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Menanggapi ini, bagaimana caranya menjadi orang yang bijak? Yang paling penting dan utama menurut aku adalah jangan gampang terpengaruh oleh orang lain dan selalu berpikir sebelum bertindak. Kedua hal tersebut sangat berhubungan mengingat karena kita semua pasti pernah menyesal setelah melakukan sesuatu, hal itu bisa terjadi karena kita tidak berpikir terlebih dahulu sebelum pertindak atau sebelum mengikuti apa kata orang lain. Kedua, menghindari sikap egois dan lebih bisa untuk mengendalikan emosi. Kedua hal ini juga penting, karena dengan melakukan hal tersebut kita bisa menjadi lebih tenang dan memiliki pikiran yang jernih sehingga apa yang kita lakukan juga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

1 Like

Pertanyaan yang menarik banget. Dan saya setuju sekali dengan pernyataan bahwa orang yang pintar belum tentu bisa menjadi orang yang bijak. Karena kepintaran itu kan banyak sekali jenisnya. Ada 9 ; naturalist, musical, logical-mathematical, existential, interpersonal, bodily-kinesthetic, linguistic, intrapersonal, dan spatial . Semua orang yang terlahir di dunia ini adalah orang-orang yang pintar, setidaknya kita semua memiliki 1 atau bahkan lebih jenis-jenis kepintaran tersebut, yang membedakan kecerdasan 1 individu dengan yang lainnya hanyalah jenis kecerdasannya. Dan menurut saya, orang-orang yang dapat bersikap dengan bijak adalah orang-orang yang memiliki salah satu atau lebih jenis kecerdasan yang sudah disebutkan diatas dan ia tahu betul tentang segala tujuan yang dilakukannya.

Jika dibandingkan mana yang lebih baik, jawabannya tidak ada karena keduanya sama-sama baik. Akan lebih baik jika keduanya ini dapat dipergunakan dan dimiliki secara bersamaan.

1 Like

Menurut pandangan saya, orang yang bijak jauh lebih menarik dibandingkan dengan orang pintar. Kita akan lebih mudah untuk menemukan orang pintar, namun akan lebih sulit melihat orang yang bijak. Hal tersebut menandakan bahwa untuk menjadi orang yang bijak bukanlah hal yang mudah. Orang bijak biasanya berasal dari diri sendiri, bisa melalui pengalaman ataupun didikan orang tua yang baik. Jadi, lebih mudah untuk merasa kagum saat melihat seseorang yang bijak.

1 Like

Banyak sebenarnya cara untuk menjadi orang baik, salah satu diantaranya adalah tidak egois dalam mengambil keputusan. Ketika kita dihadapi suatu pilihan, pilihan ini bisa saja berkaitan dengan orang lain. Walaupun terdengar mudah, Menurutku menjadi orang yang bijak memerlukan banyak waktu, pengalaman dan kesabaran. Menjadi bijak itu tidak instan.

1 Like