Peter Thiel : Pendiri PayPal Yang Menjadi Investor Profesional Pertama Facebook

Biografi, Peter Thiel


Pekerjaan
President of Clarium Capital, sebuah pengelola investasi makro global dengan aset dalam pengelolaan senilai US$2 miliar.

Afiliasi lainnya
The Founders Fund, sebuah perusahaan modal senilai US$275 juta.

Tempat dan Tanggal Lahir
Frankfurt, Jerman.11 Oktober 1967 (umur 49 tahun, 2016)

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Pendidikan
Bachelor of Arts / Science, Stanford University; Doctor of Jurisprudence, Stanford University

Total Kekayaan
US$ 2,7 Billion Dollar - 36,2 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • #73 Powerful People (2016)

  • #246 Forbes 400 (2016)

  • #79 Richest In Tech (2016)

  • #10 Midas (2016)

  • #638 Billionaires (2016), #230 se-Amerika Serikat (2016)

Riwayat Hidup


Peter Andreas Thiel lahir di Frankfurt, Jerman pada tanggal 11 Oktober 1967 dari padasangan Susanne dan Klaus Thiel. Keluarga Thiel memutuskan untuk berpindah ke Amerika Serikat tepatnya Cleveland karena Klaus Thiel akan bekerja sebagai insinyur kimia pada saat Peter berumur 1 tahun.
Sebelum menetap di Foster City, California pada tahun 1977, keluarga Thiel pernah menetap di Afrika selatan, karena sering berpindah-pindah selama duduk di bangku sekolah dasar Peter telah berpindah ke 7 sekolah dasar. Semasa muda Peter sangat menyukai olahraga Catur, dia mulai bermaiin saat berumur 6 tahun dan pada tahun 1980 Peter dinobatkan sebagai pemain catur dibawah 13 tahun terbaik nomer 7 se Amerika serikat.
Semasa sekolah Peter sangat unggul dipelajaran matematika, dia pernah menjadi peraih nilai tertinggi di California-wide Mathematics Competition saat duduk dibangku middle school di San Mateo, setelah menyelesaikan sekolah menengahnya dia mengambil studi Filosofi di Stanford University. Selama di Stanford Thiel mendirikan The Stanford Review, sejenis media cetak yang bersudut pandangkan pada konserfatif dan kepercayaan pada kebebasan, Thiel menjadi editor-in-chief pertama dan terus menempati posisi itu sampai ia lulus dengan gelar Bachelor of Art, lalu Thiel melanjutkan studinya di Stanford Law School dan mendapatkan gelar Doctor of Jurisprudence di tahun 1992.

Riwayat Karir


Setelah lulus dari Stanford Law School Peter bekerja sebagai juru tulis yudisium untuk hakim James Larry, menjadi Securities Lawyer untuk Sullivan dan Cromwell (international Law firm), menjadi Speechwriter untuk menteri pendidikan Amerika Serikat William Bennett dan Derivatives Trader di Credit Suisse (Swiss multinational financial services holding company) sebelum mendirikan Thiel Capital pada tahun 1996.
Setelah kembali ke Bay Area, Thiel merasa internet dan personal computer telah merubah perekonomian, dengan bantuan finansial dari keluarga dan teman, Thiel berhasil mengumpulkan US$1 juta untuk pendirian Thiel Capital Management, setelah itu temannya Max Levchin mengenalkan Thiel kepada cryptography-related company idea, yang mengarahkan mereka untuk membuat usaha pertama mereka yaitu Confinity pada tahun 1998.
Dengan Confinity, Thiel sadar bahwa mereka bisa mengembangkan sebuah software yang dapat menyelesaikan masalah online payments. Meskipun kredit card menyediakan banyak pilihan pembayaran, tidak semua pedagang memiliki alat untuk memroses kartu kredit card tersebut. Thiel ingin ingin membuat sebuah dompet digital dengan harapan akan lebih banyak kemudahan dan keamanan bagi konsumen, maka pada tahun 1999 Confinity meluncurkan PayPal. PayPal berharap untuk membuka kemungkinan baru dalam bertransaksi. Saat PayPal diluncurkan pada tahun 1999, Nokia dan Deutsche Bank memberikan pendanaan usaha sebesar US$3 juta menggunakan PayPal, lalu PayPal terus berkembang melalui penggabungan dengan Elon Musk financial service company, X.com, dan Pixo, sebuah perusahaan yang fokus pada mobile commerce pada tahun 2000. Penggabungan ini membuat PayPal untuk memperluas ke rana wireless phone market, dan mengubahan wireless phone market menjadi lebih aman dan lebih user-friendly, dengan memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang secara online. Pada tahun 20001 PayPal telah melayani 6,5 juta pelanggan dan telah melebar ke 26 negara.
Pada 15 Februari 2002 PayPal ditawarkan untuk umum, dan akhirnya dibeli oleh eBay seharga US$1.5 miliar di bulan Oktober tahun itu. Setelah PayPal berpindah kepemilikan Thiel mendirikan Clarium Capital, sebuah pengelola investasi makro global dengan aset dalam pengelolaan senilai US$2 miliar. Pada tahun 2004 dia membantu peluncuran Palantir, perusahaan software analytical, dan lanjut menjadi chairman pada perusahaan tersebut. Sebelum meluncurkan Founders Fund, perusahaan modal usaha bersama sahabatnya, Thiel menjadi investor luar pertama Facebook dengan kepemilikan saham sebesar 10.2% yang bernilai US$500,000. Dia menjual sebagian besar saham di Facebook pada tahun 2012, tapi tetap menjadi jajaran direktur.

Fakta-fakta


  1. Peter menempuh studi tentang filosofi abad ke-20 dan lulus sebagai sarjana di Stanfor University

  2. Dia menemukan The Standford Review pada tahun 1987 (Independent student-run conservative newspaper at Stanford University)

  3. Dia menjalin hubungan baik dengan mahasiswa Stanford university, banyak dari mereka berkontribusi di Stanford Review (koran di Stanford University), dan beberapa dari mereka bekerja di PayPal dan menjadi bagian dari PayPal Mafia (sebutan pegawai PayPal)

  4. Pada tahun 1998 Peter mendirikan PayPal, dan pada tahun 2002 PayPal dijual kepada eBay dengan harga US$1,5 miliar (Rp.20,1 Triliun)

  5. Investor profesional pertama facebook, dengan kepemilikan sebanyak 10.2% pada tahun 2004 seharga US$500,000 (Rp.6,7 Miliar)

  6. Selain menjadi investor awal di Facebook, Thiel juga menjadi investor awal di banyak perusahaan besar, seperti Booktrack, Linkedln, Friendster, Yammer, Yelp, Palantir Technologies, Big think.

  7. Pada Februari 2013, Thiel menerima TechCrunchie Award untuk “Venture Capitalist of The Year”

  8. Peter adalah US-rated Chess Master dan salah satu peraih rangking tertinggi pada kategori U-21 di Amerika Serikat.

Quotes


“ You are the entrepreneur of your life”

“ Do one thing uniquely well “

“ Make sure people align properly”

“ Aim for monopoly”

“ Don’t be a fake entrepreneur”

“ Value substance over status”

“ Don’t lose sight of what’s valuable”

“ Trends are overrated”

“ Don’t dwell on the past”

“Find the secret path”

[details=Referensi]



http://foundersfund.com/team/peter-thiel/
http://www.bbc.com/news/technology-38315682[/details]

1 Like