Pertanyaan seperti apa yang anda tanyakan kepada partisipan dalam usability testing?

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam merancang pertanyaan didalam melakukan usability testing ?

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah You need to ask the right question in the right way. Karena tujuan utama dari dilakukannya usability testing adalah kita dapat mengetahui kualitas usability website dari sisi pengguna dengan sebenar-benarnya.

Menurut Jakob Nielsen, Usability meliputi:
:ballot_box_with_check: Learnability, fungsi-fungsi dasar produk mudah dioperasikan sejak awal
:ballot_box_with_check: Efficiency, fungsi-fungsi produk dapat digunakan dengan efisien
:ballot_box_with_check: Memorability, setelah pengguna meninggalkan sistem, pengguna dengan mudah mengingat/mengerti lagi cara penggunaan sistem
:ballot_box_with_check: Errors, seberapa banyak dan serius kesalahan penggunaan produk, dan bagaimana pengguna dapat memperbaiki kesalahan
:ballot_box_with_check: Satisfaction, seberapa puaskah pengguna

Jangan sampai kita menerima informasi yang salah dikarenakan kesalahan dalam merancang pertanyaan-pertanyaan kepada pengguna dan melakukannya dengan cara yang salah.

Informasi yang salah akan membuat kita salah menentukan arah pengembangan website kita.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang sebuah pertanyaan dalam melakukan usability testing, antara lain :

:tomato: Jangan pernah membuat pertanyaan yang kompleks dalam satu jawaban.

Apabila anda ingin medapatkan jawaban dari pertanyaan yang kompleks, sebaiknya anda mem-break down pertanyaan tersebut menjadi beberapa pertanyaan. Buatlah tujuan dari pertanyaan tersebut, sehingga anda dapat merancang pertanyaan yang berurutan.

Pertanyaan yang kompleks akan membingungkan pengguna dalam menjawab pertanyaan tersebut.

:tomato: Buatlah peryanyaan yang spesifik untuk mendapatkan jawaban yang spesifik

Apabila anda membuat pertanyaan, dan anda nilai bahwa pertanyaan tersebut kemungkinan bisa dijawab dengan jawaban “hal itu tergantung…”, maka pertanyaan anda belum spesifik.

:tomato: Pastikan bahwa pengguna menjawab berdasarkan pengalamannya.

Hal yang terpenting adalah anda harus memahami partisipan anda, dan anda merancang pertanyaan untuk mereka, bukan untuk diri anda sendiri. Hindari pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh pengguna berdasarkan hipotesa dan wacana mereka.

:tomato: Jangan membuat pertanyaan yang membuat pengguna merasa bersalah atau bodoh

Pertanyaan yang dirancang digunakan untuk melihat kualitas dari website, bukan kualitas pengguna. Hindari pertanyaan-pertanyaan yang membuat pengguna merasa bodoh apabila jawabannya bersifat negatif. Takutnya pengguna akan menjawab tidak sesuai dengan apa yang dirasakan.

:x: Apakah anda merasa kesulitan mengoperasikan website ini ? (Setuju ---- Tidak setuju)
:heavy_check_mark: Apakah website ini sulit dioperasikan ? (Setuju ---- Tidak setuju)

Referensi :

[details=Summary]* Nielsen Norman Group