Persiapan bagi kalian yang ingin tindik bibir

Tindik di bibir atau mulut membutuhkan perhatian khusus karena bakteri di dalam dan sekitar mulut dapat meningkatkan risiko infeksi.

  • Pahami hal yang akan terjadi. Tindik di bibir akan terasa sangat menyakitkan dan mungkin menimbulkan pendarahan. Area sekitarnya mungkin akan terasa nyeri, membengkak, dan memar selama beberapa hari setelahnya. [1] Tindik di bibir mungkin membutuhkan waktu antara 6-10 minggu hingga pulih sepenuhnya. Jadi, bersiaplah untuk membersihkannya beberapa kali sehari selama waktu tersebut, juga memberikan perawatan rutin setelahnya.

  • Belilah peralatan pembersih sebelumnya. Membersihkan tindik di bibir cukup mudah, tetapi membutuhkan garam nonyodium, obat kumur bebas alkohol, dan sabun lembut bebas bahan pewangi. Siapkan juga sikat gigi berbulu lembut yang baru sebagai pengganti sikat gigi lama setelah Anda ditindik.

  • Kenali tanda-tanda infeksi. Sebelum menindik bibir Anda, pahamilah tanda-tanda infeksi yang perlu diwaspadai. Gejalanya meliputi keluarnya nanah, cairan berwarna hijau atau kuning, sensasi kesemutan atau mati rasa di sekitar lokasi tindik, demam, nyeri berat, kemerahan, dan bengkak.

  • Ketahui tanda-tanda reaksi alergi. Perhiasan sering kali mengandung nikel, yang merupakan bahan pemicu alergi bagi banyak orang. Gejala alergi kemungkinan mulai muncul antara 12-48 jam, meliputi gatal, bengkak, kulit bersisik atau mengelupas, kemerahan, ruam, dan kulit kering.