© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Persaingan ketat aplikasi Messenger, bagaimana Slack dapat tumbuh dengan pesat?

Slack merupakan aplikasi messenger dengan konsep “digital workspace” dimana melakukan pekerjaan, bertukar pesan, mengadakan rapat, dan penjadwalan tim menjadi jauh lebih mudah dengan berbasis cloud. Memiliki persaingan yang ketat antar aplikasi messenger serupa.

Bagaimana Slack bisa tumbuh dengan pesat hingga menjadi perusahaan yang bernilai 5 milliar dollar?

2 Likes

Slack, perusahaan yang telah mendapatkan penghasilan lebih dari $1 Milliar dalam kurun waktu 2 tahun. Memulai perusahaan pada tahun 2012, 1 tahun setelahnya Slack dapat membuat produk dengan sendirinya. Slack memiliki keunggulan dalam bidang chatting. Fokus dalam dunia bisnis, Slack menghadirkan kombinasi Drive dan Chatting dalam 1 aplikasi.


Gambar 1. Grafik peningkatan pengguna Slack dari Tahun 2014 hingga 2016

Lalu, bagaimana Slack dapat bertumbuh dengan pesat? Menurut saya, terdapat beberapa poin yang menjelasakan bagaimana produk Slack dapat mengungguli pasar hanya dalam waktu 2 tahun.

1. Desain yang Menarik
Desain yang diberikan oleh Slack memberikan kepuasaan tersendiri untuk pengguna. Baik menggunakan platform mobile ataupun website, desain Slack tetap menyenangkan.

Sangat penting bagi kami untuk membangun software dengan indah, elegan, dan penuh pertimbangan. Setiap penyempurnaan dan pemikiran dari kami akan menarik perhatian orang-orang" - Stewart Butterfield

2. Sumber Informasi Jadi 1
Saat melakukan chatting dengan tim bisnis, semua pengguna menginginkan 1 wadah yang lebih mudah untuk saling berbagi media, membuat jadwal, melakukan banyak hal dengan lebih efisien, Slack mampu mewujudkannya.

3. Menghubungkan Berbagai Aplikasi
Banyak aplikasi yang telah terintegrasi dengan Slack, seperti Github, HelpScout, Trello sebagai layanan web yang biasa dipakai sehari-hari.

4. Produk Tepat Guna, Waktu, dan Sasaran
Slack mampu membuat market sendiri, disaat produk Google, Apple, dan sejenisnya juga telah memiliki market tersendiri selama bertahun-tahun. Dengan fokus pada dunia bisnis, Slack disukai oleh semua orang.

5. Branding Yang Dilakukan Dengan Baik
Berawal dari mencari feedback berbagai perusahaan dan kemampuan Word of Mouth yang dimilikinya, Slack selalu melakukan pengembangan seiring dengan feedback yang didapatkan. Perusahaan kecil hingga besarpun telah dicoba, dan Slack mendapatkan hasil yang tidak terduga yaitu produk ini berfungsi sangat berbeda seiring dengan bertambahnya jumlah tim dalam 1 perusahaan. Dari situlah, Slack dapat berkembang dengan sangat dinamis sesuai dengan kebutuhan berbagai perusahaan.

"80 percent of our customers if we ask them, “What did you use before Slack?” will say, “Nothing” - Stewart Butterfield CEO of Slack


Sumber:

2 Likes

Menurut saya, alasan utama Slack dapat tumbuh dengan cepat adalah kemampuannya dalam memberikan solusi yang tepat disaat yang tepat. Disaat berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari bergantung pada internet, peluang munculnya aplikasi tersendiri yang dapat memisahkan penggunaan aplikasi personal dengan yang ditujukan untuk bekerja adalah yang dapat ditangkap oleh founder dari Slack. Pertumbuhannya yang pesat adalah hasil dari strategi yang diterapkan baik secara langsung maupun tidak. Beberapa strateginya adalah sebagai berikut :

  • Fitur yang dibutuhkan disaat yang tepat
    Di era serba digital ini, komunikasi memang dimudahkan dengan banyaknya aplikasi messenger yang ada. Akan tetapi, hal ini memunculkan permasalahan disaat aplikasi ini digunakan pada saat tercampur antara urusan personal dengan pekerjaan. Ketika meluncurkan produknya, Slack menjawab permasalahan yang sebenarnya terlihat sepele namun krusial bagi sebagian orang yaitu komunikasi antar personal dalam sebuah tim. Contohnya saja menumpuknya email yang terkadang membuat email penting tenggelam didalam inbox, atau pesan penting yang berserakan dibeberapa aplikasi. Slack dengan fitur-fitur miliknya dapat menjawab permasalahan ini.

  • Branding dari sang CEO
    Steward Butterfield yang memiliki personal branding yang baik karena pengalaman sebelumnya menjadi co-founder dari Flickr sebelum diakuisisi oleh Yahoo! membuatnya memiliki pengikut yang menanti produk-produk barunya.

  • Freemium
    Penawaran yang sesuai dengan fiturnya membuat Slack sebagai tawaran yang menggiurkan. Slack menawarkan penggunaan secara gratis dan beberapa pilihan harga yang sangat rasional. Mengingat bahwa aplikasi ini dipergunakan untuk kerja tim, harga yang ditawarkan berdasarkan fasilitas yang dapat digunakan bukan per orang. Hal ini tentu sangat menggiurkan untuk para pengguna yang telah menggunakannya secara gratis untuk beralih ke layanan berbayarnya.

  • Integrasi dengan banyak aplikasi
    Slack dapat melakukan integrasi dengan berbagai aplikasi, terutama yang biasa digunakan oleh startup baru. Selain itu Slack juga dapat melakukan integrasi dengan aplikasi sejenis seperti Trello dan Asana, sehingga Slack tidak dilihat sebagai kompetitor melainkan sarana untuk menjembatani calon pengguna oleh aplikasi lain.

  • https://blog.markgrowth.com/the-10-unique-ways-slack-hacked-growth-to-become-a-4-billion-company-2d7c50b4df25

  • https://labs.openviewpartners.com/slack-saas-growth-strategy/#11

2 Likes

Komunikasi adalah kunci, tidak hanya dalam berbisnis tetapi juga dalam kehidupan secara keseluruhan. Slack adalah salah satu aplikasi yang menggabungkan keduanya, yaitu bekerja dan berkomunikasi. Slack menyediakan tool yang memudahkan untuk berintegrasi dengan semua jenis software yang digunakan dalam bekerja sehingga lebih efisien dan mudah untuk berkomunikasi. Slack menjadi salah satu aplikasi yang digunakan oleh banyak orang hingga berkembang sangat pesat. Berikut adalah strategi yang di lakukan :

  1. Menjelaskan kepada pengguna, Mengapa mereka membutuhkan Slack?
    Dengan merangkul semua kalangan pengguna, akan menjadi lebih mudah untuk membentuk pengalaman awal seputar keinginan pengguna, sehingga menjelaskan kebutuhan yang diinginkan. Kemudian memposisikan Slack sebagai solusi yang lebih baik daripada aplikasi yang digunakan sebelumnya.

  2. Mendengarkan
    Tim dalam Slack mendengarkan setiap respons yang diberikan oleh pengguna, hal ini dinilai sebagai cara cepat dan ampuh untuk menciptakan hubungan pelanggan yang baik.

  3. Jangan menyembunyikan kehebatan pada suatu produk
    Saat mendapatkan respons dari pengguna, terdapat respons yang baik dan buruk. Saat mendapatkan respons yang baik, berfokuslah untuk memperkuat hal tersebut. Karena respons yang baik berfokus pada fitur yang diminati oleh pengguna, yang menjelaskan bahwa fitur tersebut berbeda atau lebih baik dari pesaing.

2 Likes

Slack, yang merupakan aplikasi berbasi komunikasi yang cukup dikenal dikalangan dunia bisnis, membuat Slack tidak seperti Skype yang hanya dikenal oleh kalangan dunia usaha. Namun dengan fokus pada dunia bisnis, membuat Slack terus berkembang.

Slack memiliki banyak keunggulan yang mendukung komunikasi di dunia bisnis.
Slack lebih komprehensif dibandingkan kompetitornya. Berapa keunggulan Slack dari kompetitiornya:

  • Familiarity Design
    Slack merepurposing tampilan IRC, yang membuat pengguna Slack merasa akrab dengan aplikasi ini.

  • Cell phone reporting
    Slack merupakan singkatan dari “Searchable Log of All Conversation and Knowladge”. Slack juga melengkapi user yang berada dilapangan dalam pencarian informasi atau pengiriman informasi melalui telepon seluler. Hanya saja user hanya dapat berkomunikasi dengan ser lain yang berada dalam satu tim. Dan informasi tidak tersegmentasi dalam unit diskrit.

  • Supports multidisciplinary teams
    Pada Slack terdapat fitur yang dapat men-share line of code. Fitur ini dapat membuat user secara produktif mengkomunikasikan across skillset.

  • Smart simplicity
    Dengan Slack, user dimanjakan dengan penghematan waktu, connecting team, dan meningkatkan efektifitas pada komunikasi internal user.

Sumber

2 Likes