Pernah Gak Sih Kalian Merasa Liburan Kalian Tidak Menyenangkan?

Liburan harusnya menjadi quality time dimana kita bisa refreshing menikmati suasana, tempat, hiburan dan lain-lainnya, baik itu dilakukan sendiri ataupun bersama teman atau keluarga.

Tapi pernah ga sih kalian ngerasa bosan saat liburan ? Misal saat liburan bersama keluarga yang terasa canggung (jaga image atau memang tidak lepas), atau memang tempat wisata yang dikunjungi tidak seru, terlalu sering, kekanak-kanakan, tempat alay, mahal, cuaca buruk atau teman kalian merupakan teman yang tidak menyenangkan sehingga liburannya pasif tidak banyak komunikasi dan aksi (baru kenal atau memang tidak dekat), atau mungkin suasana hati kalian yang memang tidak mood.

Boleh share alasan pengalaman tidak menyenangkan kalian saat liburan, dan share tips kalian gimana caranya agar liburan menjadi menyenangkan.

Pernah, beberapa kali. Alasannya hampir sama, yaitu terlalu lama perjalanannya atau di kendaraan. Saya memang fine saja ketika diajak berlibur, namun jika perjalanannya terlalu jauh dan memakan waktu yang cukup lama, saya akan berpikir-pikir lagi, apalagi kalau menggunakan kendaraan darat. Belum berangkat saja sudah mulai kebayang capeknya di perjalanan.

Saya kurang bisa berlama-lama duduk di kendaraan karena selalu merasa engap dan nafas jadi melambat. Dalam keadaan seperti itu, saya mudah menjadi gelisah dan berakhir pusing. Oleh karena itu, jika perjalanan jauh, saya selalu memutuskan untuk tidur, tidur, dan tidur. Tapi tidur terus juga capek kan? Kalau sudah seperti ini, ketika sampai di tujuan, saya harus menyempatkan menenangkan diri terlebih dahulu sekitar 1-2 jam baru bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Tips supaya liburan jadi menyenangkan? Menurut saya, pilih destinasi yang memang ingin kalian kunjungi, jangan merasa terpaksa ikut atau hal lainnya. Kalau dari awal sudah ada terbayang bahwa liburan tersebut tidak akan menyenangkan, lebih baik jangan dilanjutkan karena doktrin pikiran itu akan terus terbawa sampai tujuan. Selain itu, pemilihan waktu, transportasi, penginapan, outfit, dan segala persiapan lainnya harus membuat kalian nyaman. Kenyamanan adalah yang utama.

Pernah dong. Sebab terkadang liburan kita sendiri yang sudah kita susun sedemikian rupa untuk segala apapun yang ingin dibuat didalam liburan terasa biasa saja. Semisalkan nih, kita udah susun rencana mau kumpul dan pergi liburan sama-sama dijam 7 tetapi anggota lain ada yang tidak konsisten dengan waktu dan lebih parahnya lagi ada yang menghancurkan moment liburan yang jauh-jauh sudah disiapkan. Namun salah satu teman kita membawa pasangannya dan akan membuat situasi menjadi tidak terkondisikan. Liburan seperti ini benar-benar membua mood menjadi rusak dan terkesan membosankan.

Pernah.
Biasanya waktu berlibur bersama keluarga besar. Namanya juga keluarga besar, pasti dengan jumlah anggota keluarga yang banyak dan dari berbagai sifat dan latar belakang juga. Biasanya kalau dengan kelaurga besar itu, jelas rempong banget. Untuk menenutkan tempat mana yang akna dituju saja ribetnya minta ampun. Belum memikirkan budget, dll.

Caranya agar liburan menyenangkan adalahh, terutama ketika bersama dengan keluarga besar adalah, try to enjoy it. Wkwkwk. Karena tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain itu. Lalu tips lainnya ketika liburan keluarga adalah coba menggunakan agen travel saja. Biar lebih praktis.

Kalo liburan tidak menyenangkan biasanya karena berdiam diri dirumah/disatu tempat. Bisa juga berpatok hanya satu destinasi, waktu perjalanannya cukup lama tapi ketika sampai tujuan hanya sebentar disana. Beruntungnya selalu punya temen yang easy going dan gokil, jadi terbayar rasa unmood nya.

Pernah, karena tidak pergi bersama dengan orang-orang yang diinginkan jadinya selama liburan malah kepikiran dengan orang tersebut. Waktu itu saya pernah pergi liburan bersama saudara saya tapi kedua orang tua dan kakak laki-laki saya tidak ikut dan saya menyesal kenapa saya mau untuk ikut.