Permasalahan apa yang umum dihadapi seorang manajer pemasaran dan bagaimana solusinya?

Seiring terus berubah dan berkembangnya tren pasar, manajer pemasaran dihadapkan pada tantangan untuk mengelola dan mengatur tim pemasaran dan strategi mereka agar berhasil memasarkan produk mereka sesuai target pasarnya. Dengan begitu banyak aspek yang harus dipikirkan dan banyak langkah yang terlibat, ada semakin banyak area dimana hal-hal mulai runtuh dan strategi pemasaran beralih dari kesuksesan potensial ke kegagalan yang nyata.

Apa saja permasalahan yang umum dihadapi oleh manajer pemasaran dan bagaimana solusinya ?

Seorang mManajer pemasaran produk harus fokus terhadap pemahaman pasar dan kebutuhan pasar secara luas, tetapi lebih menekankan kepada calon “pembeli” produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Manajer pemasaran bertanggung jawab terhadap pengembangan posisi produk, penyampaian pesan kepada pengguna, pembeda dengan kompetitor dan memastikan tim penjualan dan pemasaran bekerja secara efektif dan efisien dalam mengambil setiap peluang yang ada.

Seiring dengan terus berkembangnya dunia pemasaran, tren pasar yang terus berubah, proses bisnis dan teknologi di tempat kerja yang juga berubah dengan cepat, manajer pemasaran pun memiliki tugas berat di depan dengan terus mengikuti perkembangan terkini di arena promosi dan pemasaran. Untuk meningkatkan produktivitas sambil tetap memberikan konten dan promosi berkualitas tinggi, tim pemasaran harus menjadi lebih baik dalam hal kinerjanya.

Berikut adalah 5 masalah umum yang dihadapi manajer pemasaran, bersama dengan 5 solusi untuk mengatasi masalah yang mengganggu ini.

1. Tim yang kurang berpengalaman atau kekurangan tenaga

Seiring bidang pemasaran tumbuh dan menjadi lebih kompleks, maka akan berdampak akan semakin banyaknya informasi yang harus diketahui, lebih banyak yang harus dilakukan, dan lebih banyak lagi untuk dilacak. Meskipun awalnya mungkin dimulai dengan tim pemasaran yang sempurna, tetapi “lubang” bisa mulai muncul di tempat dimana tim pemasaran tidak memiliki pengetahuan atau kemampuan terkait hal tersebut. Hal ini akan mengakibatkan strategi pemasaran dan kinerja pemasaran yang buruk. Ada kemungkinan tim pemasaran mungkin perlu melihat beberapa perubahan sebelum hasil pemasaran diberikan.

Solusinya adalah perhatikan baik-baik tim pemasaran yang ada saat ini dan lihat perbaikan apa yang bisa dilakukan. Kurangnya pemahaman tentang praktik pemasaran merupakan indikasi adanya kebutuhan untuk bermitra dengan agen pemasaran atau meningkatkan kemampuan tim pemasaran internal.

2. Tren Pemasaran Baru

Seiring tren baru muncul di pasar, sulit bagi manajer pemasaran untuk terus memantau perubahan dan menerapkannya dalam strategi mereka sendiri. Memahami perubahan akan bermanfaat bagi mereka. Hal ini seperti mengikuti semua hal baru mengenai media sosial, desain web, antarmuka pengguna, dan banyak lagi. Dengan mengikuti dan beradaptasi dengan perubahan akan menghasilkan hasil yang sangat luar biasa.

Solusinya adalah divisi pemasaran ada untuk melakukan penelitian dan pekerjaan terperinci yang terlibat dalam menentukan tren pemasaran baru yang harus diambil, serta bagaimana menerapkannya ke dalam pemasaran bisnis perusahaan. Cari tahu target pengguna mana yang sesuai dan target pengguna yang harus difokuskan.

3. Penafsiran data laporan pemasaran

Beberapa manajer pemasaran memiliki kekurangan pengetahuan dalam menafsirkan data laporan pemasaran. Tanpa pengetahuan tersebut, mereka tidak dapat mengetahui strategi pemasaran mana yang harus dikejar. Hal ini dapat menurunkan ROI mereka karena mereka terus menggunakan terlalu banyak strategi, tidak mengetahui mana yang berkinerja terbaik, atau dapat secara drastis merusak kampanye mereka jika strategi tersebut tidak menggunakan strategi yang benar sepenuhnya.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak analitik, mereka dapat mengonfigurasi laporan dan memberikan saran kepada manajer tentang cara mengubah strategi pemasaran mereka untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Kurangnya Komunikasi

Meskipun ada banyak hal yang terjadi, penting bahwa semua hasil dan kejadian harus dikomunikasikan ke anggota tim lainnya. Manajer pemasaran yang tidak memiliki sistem kerja untuk mengumpulkan, mengatur, menafsirkan, dan mengkomunikasikan data pemasaran mereka ke anggota tim lainnya akan berdampak buruh pada perusahaan. Selain itu, data yang dikumpulkan dengan buruk atau kurangnya data dapat menyebabkan komunikasi yang buruk dan tidak nyaman antara manajer pemasaran dan atasan mereka.

Solusinya adalah dengan melihat 3 area strategi pemasaran tertentu. Pertama, pertimbangkan bagaimana strategi pemasaran mengarahkan lalu lintas produk kita. Kedua, lihat seberapa baik strategi mengubah lalu lintas menjadi prospek, dan akhirnya, menganalisis seberapa efektif saluran penjualan Anda saat mengubah prospek menjadi pelanggan dan menghasilkan pendapatan penjualan.

5. Menutup Sales Loop

Menempatkan usaha tanpa melihat hasilnya bisa menjadi salah satu hal yang paling mengecilkan hati yang akan dialami tim pemasaran. Jadi, apa yang terjadi bila strategi pemasaran Anda menghasilkan prospek berkualitas dan menghasilkan traffic yang sangat banyak, namun tampaknya perusahaan masih belum mendapatkan klien atau pelanggan baru? Inilah saatnya untuk melihat bagaimana perusahaan menutup lingkaran penjualan itu.

Berikut adalah dua area yang mungkin menjadi masalah dimana saja.

  • Kendali Pemimpin yang tidak terhubung dengan tim penjualan
    Bisa jadi tim pemasaran dan tim penjualan Anda tidak sinkron. Tim penjualan mungkin tidak memiliki akses ke prospek yang dibuat tim pemasaran, atau mereka mungkin tidak memiliki pemahaman tentang cara terbaik mendekati prospek yang mereka dapatkan.

  • Penanganan yang tidak kuat
    Mungkin saja tidak ada sistem yang ada untuk mendekati pelanggan potensial, atau sistem yang tim penjualan miliki untuk menghubungi dan mendorong prospek tidak berjalan dengan baik.

Solusinya adalah lakukan penyelidikan mengenai kemungkinan yang dapat dilakukan untuk membantu manajer mengetahui dengan meningkatkan lebih banyak komunikasi antara tim, mencari saran untuk mencapai prospek, atau merestrukturisasi keseluruhan strategi penjualan. Ini akan membantu Anda menutup lingkaran penjualan dan menikmati peningkatan pendapatan yang telah dijalani

Sumber : https://seattle-seo.net/5-major-problems-marketing-managers-face/