Permainan tradisional apa saja yang terbuat dari karet gelang?

000000000000

Ternyata tidak hanya satu permainan tradisional yang dapat dimanikan dengan kaert gelang lho. apa saja ya?

Ketika teknologi belum secanggih sekarang, generasi millennial ternyata dituntut kreatif untuk menciptakan permainan-permainan yang konvensional. Bahkan yang berasal dari karet gelang sekalipun. Dari benda murah meriah inilah, mereka menyulapnya jadi mainan mengasyikkan bahkan bikin nagih. Apa saja yang bisa dibuat dari karet gelang ini?

Nostalgia, 7 Permainan Dari Karet Gelang Semasa Kecilmu.

  1. Lompat tali.
    Permainan lompat tali tentu sudah sering dimainkan terutama bagi para cewek-cewek nih. Biasanya tali dibuat dari karet gelang yang dibuat simpul hingga memanjang dan cukup untuk melakukan permainan lompat tali. Untuk memperkuat tali, biasanya anak-anak menggunakan lebih dari satu karet gelang di tiap simpulnya. Permainan ini seru. Karena kamu harus melompat sesuai dengan batas tali yang dipasang. Dari mulai sebatas mata kaki, dada, kepala hingga ke langit-langit.

  2. Pistol karet gelang.
    Permainan satu ini umumnya dimainkan oleh anak cowok. Tapi ada juga nih anak cewek yang memainkannya. Memainkannya pun cukup simple. Pertama, bentuk tangan menyerupai pistol, lalu kaitkan satu sisi karet di tengah jari telunjuk dan tarik ke arah luar telapak tangan. Kemudian ujung karet satunya ditahan dengan kelingking, jari manis atau jari tengah. Jadi deh.

  3. Tiup karet.
    Sesuai namanya, permainan ini dilakukan dengan cara meniup karet pada bidang datar seperti lantai. Nah, masing-masing anak punya karet gelang. Siapa yang dapat meniup karetnya hingga menimpa karet lawan, dialah pemenangnya.

  4. Ketapel.
    Membuat ketapel kayu juga mudah dan murah. Biasanya ketapel ini dibuat dengan batang kayu yang memiliki dua cabang, lalu diujungnya diikat ke beberapa buah karet gelang. Setelah jadi ketapelnya, perburuan siap dilakukan.

  5. Seni tangan.
    Nah, kalau permainan satu ini membutuhkan trik dan keahlian khusus nih. Karena gak semua anak bisa membuat kreasi tangan dari karet gelang ini. Biasanya dari dua buah gelang akan dibentuk menyerupai rumah, bintang, pesawat, bitang, kuburan bahkan celana dalam.

  6. Estafet karet.
    Permainan berkelompok ini menggunakan sedotan dan karet. Setiap anggota kelompok harus kompak saat memindahkan karet melalui sedotannya, dan berlomba-lomba untuk sampai duluan di garis finish. Permainan ini juga masih ada saat perayaan Kemerdakaan Indonesia 17-an nih.

  7. Penghapus pensil dadakan.
    Tak ada penghapus, karet gelang pun jadi. Generasi millennial benar-benar memanfaatkan apa yang ada untuk menyelesaikan masalahnya. Misalnya, menggulung karet gelang di ujung pensil dan menjadikannya penghapus.