Perlukah Memeriksakan Gigi Secara Rutin?

seringkali kita mendengar atau melihat spanduk iklan terkait “periksakan gigi mu 6 bulan sekali” , meskipun demikian tentu saja masih banyak masyarakat yang tidak melakukan hal tersebut. Termasuk saya juga salah satu orang yang hanya datang ke dokter gigi ketika memiliki permasalahan gigi seperti gigi berlubang atau gusi bengkak.

atau bahkan ada masyarakat yang memilih membiarkan giginya berlubang dan terus mengonsumsi obat seperti mefinal atau cataflam ketika sakit gigi. Salah satu faktor yang mendasari hal tersebut adalah karena takut ke dokter gigi atau takut biayanya mahal.

lalu bagaimana tanggapan Youdics terkait hal tersebut? apakah sebenarnya kita perlu untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin 6 bulan sekali? Silahkan ceritakan pengalaman kamu juga ya.

Menurut saya sangat perlu memeriksakan gigi secara rutin seperti yang sudah dianjurkan. Karena memang gigi merupakan salah satu organ tubuh yang rawan terserang penyakit dan memiliki pengaruh terhadap kesehatan organ tubuh lain, misalnya saja otak. Apalagi sekarang makanan sangat banyak sekali ragamnya dan juga mengandung bahan-bahan yang beberapa diantaranya tidak bagus bagi gigi jika dikomsumsi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, setidaknya gigi dibersihkan secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk menghilangkan karang yang muncul pada gigi. Oh iya penumpukan karang yang berlebih pada gigi juga memiliki dampak buruk seperti memicu bau mulut, membuat gigi berlubang, dan masih banyak lagi.

Kalau untuk saya sendiri juga sebenarnya jarang sekali memeriksakan gigi saya, karena memang keterbatasan biaya. Ya seperti yang dikatakan oleh kak @nrauliyar bahwa biaya perawatan gigi cukup mahal. Biayanya mulai dari 300 ribu sampai jutaan. Jadi sampai saat ini saya hanya melakukan perawatan gigi untuk membersihkan karang saja. Itupun terbatas hanya di Puskesmas saja. Nanti jika sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri saya ingin bisa memeriksakan gigi saya secara rutin. Saya ingin sampai umur senja nanti gigi saya masih dalam keadaan yang baik, meskipun saat ini saya sudah memiliki beberapa gigi yang berlubang. Semoga nanti saya bisa menambalnya.

1 Like

Menurut saya pemeriksaan gigi secara rutin tiap 6 bulan sekali itu perlu karena siapa tahu, bagian dalam mulut kita terutama gigi dan gusi mengalami masalah yang tidak kita sadari. Apalagi beberapa masalah kesehatan gigi juga berdampak kepada munculnya beberapa penyakit seperti penyakit jantung yang tentunya memerlukan langkah preventif yang salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan gigi ini sendiri.

1 Like

Sejujurnya saya tidak pernah melakukan pemeriksaan rutin sih paling ketika sedang ada masalah saja. Akan tetapi memang begitu dianjurkan untuk pemeriksaan setiap 6 bulan sekali, saya juga sebenarnya ingin sayangnya terkendala waktu dan tidak ada yang menemani karena saya sangat takut kalau ketemu dokter. Kalau gigi terdapat masalah segera lah periksa jangan jadi orang yang sok tahu dan asal memberi obat karena bisa berakibat fatal nantinya.

Apabila ditanya apakah perlu, tentu jawabannya sangat perlu ya. Namun sayangnya, organ yang satu ini sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, termasuk orang-orang terdekat saya sendiri. Perawatan gigi dirasa tidak sepenting dengan merawat bagian tubuh lainnya. Menurut saya, faktor yang sangat memengaruhi hal ini adalah tidak adanya kesempatan bagi mereka untuk menindaklanjuti permasalahan gigi ke ahli nya. Dalam hal ini, yang saya maksudkan adalah ketika mereka mengalami permasalahan pada giginya, orang-orang selalu berinisiatif untuk melakukan self-treatment dengan dalih “coba diobati sendiri dulu”. Nanti kalau sudah tidak mampu, baru di bawa ke spesialis.

Selain karena faktor biaya, hal-hal sok tau seperti ini yang seolah-olah menghalangi peran ahli dalam kesehatan manusia. Mungkin beberapa ada yang beruntung karena dengan self-treatment, permasalahan giginya mereda. Namun, yang perlu digarisbawahi di sini adalah bahwa masyarakat harusnya tetap memberikan perlakuan yang sama layaknya mereka merawat bagian tubuh lainnya.

Sebenarnya penting sama seperti anggota tubuh lainnya kesehatan gigi juga harus diperhatikan. Karena sama seperti muka, gigi merupakan bagian tubuh yang sering dilihat oleh orang lain, dengan memiliki gigi yang kurang bagus dan tidak terawat tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri ketika berbicara dengan orang lain, dan tidak bisa senyum dengan lepas. Periksa gigi dan bersihkan dari karang gigi merupakan salah satu untuk merawat gigi. Paling tidak 1 tahun sekali untuk memeriksa kondisi gigi ke dokter gigi.

Mengkonsumsi obat terus menerus tidak baik bagi kesehatan, jadi lebih baik berusaha merawat dari pada mengobati organ lain karena efek samping obat. Sebagian orang masih berpikir bahwa kesehatan gigi tidak penting, karena ketika sakit selama masih bisa ditangani sendiri dan belum menjadi penyakit yang parah, mereka akan lebih memilih untuk mengobatinya sendiri. Disamping itu biaya perawatan gigi juga tidak sedikit sehingga makin malas untuk memeriksanya ke dokter gigi.