Perbedaan Make Up ala Korea dan Amerika

Setiap negara memiliki standar kecantikan dan tren makeup masing-masing, tak terkecuali dengan Korea Selatan dan Amerika yang menjadi influencer tren makeup di dunia. Tren makeup dari dua negara ini memang sangat bertolak belakang. Kalau wanita Korea terkenal dengan tampilan makeup yang minimalis dengan kesan awet muda, di Amerika wanitanya senang dengan dandanan bold yang menampilkan kesan wajah yang tegas, dewasa, dan seksi.

  1. Foundation
    Wanita Indonesia dan Amerika sama-sama mencari tekstur foundation yang pekat dan hasilnya matte. Bedanya, wanita Amerika biasanya memiliki shade foundation yang warnanya sedikit gelap dari warna kulit untuk memberikan efek tan. Sementara, wanita Indonesia lebih suka foundation yang warnanya lebih terang dari kulit sehingga tampak lebih cerah. Berbeda lagi dengan wanita Korea yang lebih suka hasil foundation yang dewy dan tidak terlalu tebal. Oleh sebab itu, wanita Korea menjatuhkan pilihan menggunakan BB Cream atau cushion agar hasilnya lebih natural dibanding menggunakan foundation.

  2. Alis
    Alin ‘on fleek’ yang tinggi yang menukik tegas menjadi andalan wanita Amerika. Wanita Indonesia juga suka dengan alis yang tegas namun rata-rata mereka membuat alisnya tidak terlalu tinggi. Berbeda lagi dengan wanita Korea yang lebih suka alisnya lurus dan berwarna coklat muda.

  3. Makeup Mata
    Standar makeup Amerika sangat terfokus pada mata, karena mereka ingin menonjolkan keindahan mata dengan teknik contouring pada lipatan kelopak. Biasanya makeup ala Amerika menggunakan warna-warna gelap dengan teknik aplikasi smokey eyes. Wanita Indonesia lebih suka tampilan yang lebih soft. Dengan tren pasang ekstension bulu mata sangat membantu sehingga tampilan mata lebih menonjol, sekalipun tanpa menggunakan eyeshadow berlebihan. Makeup ala Korea sebaliknya. Warna-warna muda dan pastel seperti pink, oranye atau peach justru yang jadi favorit. Eyeshadow diaplikasikan tipis-tipis dan merata dengan tambahan efek shimmer tepat di tengah kelopak mata.

  4. Blush On
    Wanita Amerika suka warna kulitnya yang lebih gelap sehingga mereka lebih suka pakai bronzer di tulang pipinya. Sementara wanita Indonesia memilih tampilan wajah bersemu alami dengan menggunakan blush on warna pink atau coral. Sementara wanita Korea tidak ragu menunjukkan pipinya bersemu merah dengan pulasan blush on pink atau peach.

  5. Bibir
    Wanita Indonesia penggemar lipstik matte dengan warna-warna netral seperti coklat, mauve atau peach. Mereka memilih warna yang tidak terlalu pucat dan hanya sesekali tampil dengan warna bold. Sementara, kebanyakan wanita Amerika memilih lipstik nude yang biasanya ditambahkan lip gloss. Hal itu karena makeup mata mereka telah menonjol sehingga diseimbangkan dengan lipstik warna yang mendekati bibir. Wanita Korea, lebih suka lipstik warna pink atau oranye. Biasanya mereka membuat efek gradasi, di mana warna lipstik lebih bold di bagian dalam.

Sumber: