© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Perbandingan aplikasi LINE dan WHATSAPP

LINE dan WHATSAPP, Siapa yang tidak mengenal dua aplikasi sosial media ini, aplikasi ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ? Jika dilihat dari kebanyakan masyarakat sekarang, terutama pengguna smartphone bersistem operasi Android dan iOS, kedua aplikasi ini sudah tidak asing untuk digunakan.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membandingkan kedua aplikasi ini dari beberapa sisi. Kelebihan masing-masing aplikasinya, Fitur yang disediakan, dan lain-lainnya.

  1. Platform
  • LINE dapat digunakan pada sistem operasi Android, iOS, Windows, dan Blackberry OS.

  • Demikian juga dengan WHATSAPP yang dapat dijalankan pada sistem operasi yang sama sehingga kedua aplikasi ini bisa disebut Multi-Platform.

  1. Fitur Chatting
  • LINE dapat digunakan untuk Chatting (percakapan) yang dapat dibedakan menjadi Personal Chat (percakapan antara 2 user) dan Multi-Chat (percakapan lebih dari 2 user).

  •  WHATSAPP juga dapat digunakan untuk Chatting akan tetapi hanya bisa dilakukan oleh 2 user (Personal Chat), untuk melakukan percakapan lebih dari 2 user harus menggunakan fitur grup karena tidak ada fitur Multi-Chat seperti LINE.
    
  1. Fitur Grup
  • Grup pada LINE memiliki maksimal anggota 199 users dengan tanpa adanya Admin pada grup yang dibuat pada LINE sehingga semua anggota dapat melakukan semua aktifitas yang disediakan pada fitur Grup LINE seperti membuat Post, memasukkan foto ke Album, memasukkan dan mengeluarkan Member (anggota) grup. Selain itu, Chat yang dikirimkan melalui grup LINE akan terlihat jumlah Member lain yang membaca Chat tersebut dengan melihatnya pada sisi kiri bawah Chat yang kita kirimkan.

  • Sedangkan grup pada WHATSAPP memiliki jumlah maksimal anggota yang lebih sedikit dibandingkan dengan LINE yaitu 99 users. Perbedaannya adalah pada grup WHATSAPP disediakan fitur Group Admin yang membuat Member grup yang bukan Admin tidak dapat melakukan aktifitas penambahan dan pengurangan Member. Semua itu hanya dapat dilakukan oleh Admin yang bisa lebih dari 1 user. Pada WHATSAPP juga tidak disedikan fitur Post dan Album grup seperti LINE. Akan tetapi, Chat yang dikirimkan melalui grup WHATSAPP akan dapat terlihat siapa saja yang membaca Chat tersebut dengan menekan Chat yang kita kirimkan lalu klik tombol i (information) pada bagian atas dan dapat dilihat siapa saja yang sudah membaca Chat kita dan yang Member yang belum membaca Chatnya tetapi Chatnya sudah sampai (Delivered).

  1. Fitur Broadcast
    
  • LINE tidak memiliki fitur ini. Untuk menyebarkan pesan ke banyak orang dapat kita lakukan dengan membuat status pada timeline LINE dan menekan tombol share dan kita dapat memilih siapa saja yang kita bagikan isi status tersebut.

  • WHATSAPP memiliki fitur ini. Tentunya fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan Broadcast pesan dibandingkan dengan menggunakan LINE tadi. Cukup pilih “New Broadcast” pada menu, pilih peneriman Broadcast dan masukkan pesan anda.

  1. Fitur Calls
    
  • Pada kedua aplikasi ini terdapat fitur telepon yang sangat sering digunakan oleh pengguna kedua aplikasi ini. Perbedaannya adalah, Pada LINE digunakan ID sebagai pengganti nomor telepon user sedangkan pada WHATSAPP digunakan nomor telepon user.

  • Kelebihan pada fitur Calls ini adalah user dapat melakukan kontak telepon tanpa memotong pulsa user tetapi memakai data internet. Hal ini tentunya sangat mengurangi pengeluaran pada user yang memiliki koneksi Wi-Fi dirumah dengan internet unlimited sehingga dapat menelpon tanpa takut kehabisan pulsa.

  • Kesamaan pada fitur Calls ini yaitu adanya pengingat panggilan keluar, panggilan masuk dan panggilan tak terjawab seperti telepon pada umumnya.

  1. Penggunaan kuota internet dan keringanan aplikasi
    
  • Keunggulan WHATSAPP adalah keringanan dan simpelnya interface aplikasi, namun bukan itu saja karena penggunaan kuota internet yang sangat kecil merupakan keunggulan utamanya. Fitur kompresi dalam mengirim file multimedia seperti gambar, sama sekali tidak menguras kuota internet, namun tidak mengurangi kualitas gambar. Fitur ini juga menjadikan WHATSAPP, aplikasi messenger yang paling irit kuota

  • Sedangkan LINE, menghabiskan banyak kuota internet karena fitur timeline yang banyak sekali multimedia yang harus distream, ditambah dengan tema dan sticker yang bagi bermacam-macam banyaknya, menjadikan LINE agak berat penggunaannya atau bisa dibilang menghabiskan cukup banyak memori

  1. Size aplikasi dan penyimpanan file
  • LINE dengan fiturnya yang sangat banyak namun memiliki kekurangan dalam hal size aplikasinya, yaitu sizenya yang besar hingga mencapai ratusan MB akan sangat menyusahkan bagi pengguna smartphone yang memiliki storage yang kecil.

  • Sedangkan WHATSAPP unggul dalam hal ini karena size aplikasinya tidak begitu besar yaitu hanya puluhan MB dan WHATSAPP pun terkenal karena keringanan aplikasinya dalam pemakaian memori. Untuk penyimpanan file, WHATSAPP unggul karena WHATSAPP menyediakan fitur penyimpanan multimedia secara otomatis ke storage yang tentunya sangat berguna bagi pengguna yang ingin serba otomatis, sedangkan LINE harus menekan tombol “UNDUH” terlebih dahulu untuk menyimpan file multimedia

Banyak kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi LINE dan WHATSAPP dalam beberapa hal yang sudah dibandingkan tadi. Kiranya perbandingan kedua aplikasi ini dapat membantu kita dalam mengetahui perbedaan antara LINE dan WHATSAPP dari beberapa sisi yang sudah dijelaskan tadi. Semuanya kembali kepada kita lagi, ingin menggunakan LINE atau WHATSAPP, tergantung kebutuhan kita

1 Like

Ditambah lagi LINE memiliki fitur newsfeed bernama LINE TODAY sehingga memudahkan pengguna untuk membaca berita terkini. Selain hemat waktu, fitur ini juga memudahkan pengguna LINE untuk membaca berita-berita yang sedang hangat dibahas di media. Selain itu, fiture LINE TODAY ini juga membagi berita-berita tersebut menjadi beberapa kategori sesuai bidangnya masing-masing sesuai dengan minat pembaca.

Untuk kalangan muda LINE memang merupakan aplikasi yang sangat komplit dan menarik. Namun bagi kalangan tua yang agak susah untuk beradaptasi dengan teknologi, WHATSAPP adalah jawabannya. Karena WHATSAPP itu sendiri memiliki interface yang simple dan tidak banyak button yang membingungkan.
Selain itu WHATSAPP juga terintegrasi dengan nomor handphone bukan email, dan hal ini sangat sederhana, banyak kalangan tua yang tidak memiliki email dikarenakan tidak termasuk kebutuhan sehari-hari mereka, tentu hal ini sangat berbeda dengan pemahaman kalangan muda yang membutuhkan email untuk keseharian mereka.

Hal ini merupakan kelebihan utama dari Whatsapp. Mengapa ? Karena Whatsapp sangat fokus terhadap tujuan utama dari aplikasi ini.

Kembali ke masa lalu, komunikasi kirim pesan yang paling populer adalah dengan menggunakan SMS (Short Message Service), dimana kelemahan utamanya adalah harus membayar untuk setiap kali mengirimkan pesan.

Setelah itu, muncul BBM (Blackberry Messanger), dimana aplikasi tersebut dapat memberikan solusi dari permasalahan utama sms, yaitu, dengan menggunakan paket data yang ada, pengguna dapat berkirim pesan secara “gratis”.

Tetapi kelemahan utama dari BBM adalah, hanya bisa berkirim pesan ke sesama pengguna Blackbery OS, sehingga apabila ingin menggunakan aplikasi tersebut, harus membeli perangkat keras Blacberry.

Dengan kelemahan itu, muncullah Whatsapp, dimana dia memberikan solusi yang ditawarkan oleh BBM tetapi dengan kelebihan utamanya adalah dapat digunakan pada sistem operasi apapun.

Lalu mengapa Whatsapp begitu populer ?

Jawabannya sederhana, karena Whatsapp merupakan produk yang tepat dan muncul di waktu yang tepat pula.

Aplikasi kirim pesan sangat tergantung dengan jumlah pengguna aplikasi tersebut. Secanggih apapun aplikasi kirim pesan, kalau penggunanya sedikit, maka fungsi utama aplikasi tersebut, untuk berkirim pesan, menjadi gagal.

Sebagai contoh, sebelum fitur end-to-end encryption ada di Whatsapp, aplikasi Telegram telah menyediakan fitur tersebut. Tetapi ketika saya menggunakan aplikasi tersebut, dan menyadari bahwa tidak banyak teman saya yang menggunakan aplikasi itu, maka secara tidak langsung membuat saya tidak banyak beraktivitas menggunakan aplikasi tersebut. Akhirnya, pilihan untuk meng-uninstall aplikasi tersebut menjadi pilihan :sob:

Berikut perbandingan data pengguna Line dengan Whatsapp

Whatsapp

statista

Line

statista

Dari data diatas, ketika pengguna Whatsapp mengalami peningkatan (worldwide),pengguna Line mengalami penurunan.

Berikut data seputar Whatsapp di awal tahun 2016


1 Like

Bertajuk tulisan anda, sebenarnya Line lebih irit kuota bila anda setting, terlebih lagi jika anda ingin lebih irit, gunakan LINE LITE.
Whatsapp aplikasi yang sangat boros memakan kuota sekalipun sudah di setting tapi tetap jebol karena bersistem selalu “refresh kontak telepon” selalu update ke server whatsapp (sekarang diambil server Facebook karena whatsapp sudah bangkrut sejak tahun 2012). Hal ini bisa dibuktikan jika anda “DENY” to read contact, Kuota anda akan aman,
Juga apabila anda login ke WEBSITE (whatsapp tidak ada aplikasi untuk komputer Windows atau pun El Capitan ia hanyalah shortcut untuk masuk ke web port 8080, bagi anda yg mengerti port tersebut jelas tidak ada Encrypsi di port itu karena umum) ia mengharuskan Devicenya tetap ONLINE dan disini kuota anda bocor karena semua Cache masuk semua bersamaan secara drastis 2xlipat.
Whatsapp juga tidak seperti line, yang apabila kita menggunakan Internet dengan nomor yang berbeda, LINE maupun LINE LITE selalu mengkonfirmasi, sedangkan whatsapp tidak akan pernah mengkonfirmasi sekalipun nomor tersebut sudah HILANG.

Terlebih lagi sistem Whatsapp sebenarnya tidak cocok digunakan untuk android, Whatsapp yang selalu refresh setiap waktu membuat android anda akan kehilangan segala fungsi seperti:

  • Jika anda Telp tanpa internet, suara anda atau lawan bicara tidak ada, atau sebaliknya, hal ini dikarenakan aplikasi whatsapp anda sedang melakukan reload ke servernya dengan boikot mic serta speaker tentu ini memakan kuota, sedikit-sedikit akan banyak.
  • Gangguan pada system android seperti LEMOT, karena cache anda penuh sebab whatsapp melakukan download automatic hidden cache melalui port80 tersebut tanpa pemberitahuan via aplikasi lain yang telah terinstal di aplikasi anda dan saat itu sedang anda gunakan.

Itu lah sebagian alasan kenapa Whatsapp tidak digunakan lagi di Bussines Industry Global, bahkan media inggris telah memberitakan Masyarakatnya untuk menghapus Whatsapp sejak tahun 2015,

Informasi Tambahan:
Whatsapp sebenarnya digunakan untuk IoS (sudah lama juga ditinggalkan oleh Apple Inc sendiri).
Untuk urusan apapun dalam Whatsapp selalu kalah dengan Telegram.
Untuk Urusan kuota Telegram dan LINE LITE bersaing irit.

Downloader Whatsapp memang banyak karena ada lebih dulu, Sebab LINE dibuat saat benar-benar keadaan DARURAT gempa tsunami di Jepang, dimana kala saat itu radiasi nuklir juga berbahaya serta sinyal hanyalah SOS, sehingga LINE dibuat untuk komunikasi pihak penolong, tetapi karena begitu simpel praktis dan cepat serta tidak membutuhkan data begitu banyak (Sinyal lemah saja bisa) maka aplikasi ini berkembang begitu pesat.
Whatsapp memang sudah banyak user tidak aktif juga jika anda melihat Traffic, dari 1Miliar yang aktif hanya sekitar 100juta user, semua pengguna aktif hanya dari negara Asia berkembang khususnya negara kita yang memiliki keterbatasan informasi selalu tertinggal, jadi wajar bila dikatakan sekitar 100 juta user, yang penduduk kita saat ini 252juta penduduk, kita anggap 40% penduduk kita menggunakan Internet misalnya usia Muda bisa mencapai 100 Juta user aktif untuk whatsapp tersebut berasal kebanyakan dari negara kita, Bukan?

Untuk Video CALL sebenarnya FITUR VIdeo call terbaik saat ini masih dipegang oleh SKYPE, Video Call LINE masih kalah oleh SKYPE. Untuk LINE Indonesia juga masih tertinggal, dimana FACEBOOK dan LINE luar (Jepang contohnya) sudah bisa 360 degree.

AYo belajar sesuatu yang baru lagi dengan memahaminya, Jangan percaya dengan banyak iklan yang ditampilkan. Kita selama ini banyak ditipu oleh Iklan. Selama ini, kita jadi tempat Bisnis perjanjian dagang PBB sebagai pembuangan sampah elektronik dan sampah informasi =_=

Tambahan lagi INFORMASI untuk pengguna Yahoo Messenger.
Sejak dibeli oleh alibaba, Server yahoo digunakan China untuk prioritas kalangan negara China sendiri. Sehingga kita yang dari Luar sedikit kesulitan mengaksesnya bahkan di kuota dari server SSL mereka. Server Yahoo Inc itu sebenarnya di China bernama WEIBO tersebut…

sebenerny sih gk juga, jika android Anda menyediakan fitur statistika tiap bulan maka whatsapp akan berada di posisi di bawah line, itu pun dengan otomatis download foto yang masih menyala. kalo fitur otomatis nya di matikan, maka akan lebih rendah lagi pengeluaran packet datanya.

whatsapp yang menyalakan fitur otomatis download video dan foto hanya akan memakan kurang dari 100 Mgb… sementara line yang kalo download foto dan video mesti kita klik dulu ato istilah nya mesti ada izin kita para usersnya akan memakan bisa bisa lebih dari 200 mgbyte.

dan untuk masalah storage kita, whatsapp bekerja sama dengan google drive agar chat kita aman jika kita ganti hp. Hanya saja setau saya, untuk data foto dan video tidak dapat di disimpan di cloud storage nya. Mungkin juga karna sebagian masyarakat tidak mengetahui cara kerja cloud storage ny.

whatsapp yang selalu sync kontak juga sangat memudahkan users untuk mengetahui siapa saja pemakai whatsapp di dalam kontak kita.
untuk Line, agak ribet.
Whatsapp lebih simple dan gk banyak stiker stiker.
tapi bukan berarti Whatsapp lebih baik dari Line…

Line juga memiliki keunggulan nya sendiri… line lebih berfokus pada stiker dan theme. Bagi kita yang bosan dengan design yang begitu begitu aja, dan fitur stiker nya menurut saya sangat mengasikan karna orang lain akan mengetahui bagaimana reaksi say lewat stiker.
Line juga mengeluarkan beberapa game yang dimana jika kita login mesti memakai id Line, agar jika hp kita di reset, maka data di game kita tidak terhapus, itu memudahkan kita yang selalu top up diamond wkwkkw…

Line juga menyediakan bagi kita yang mau membuka usaha, saya kurang paham sih kalo yang ini karna daya hanya menggunakan line sebagai media chat saja sehingga fitur fitur unik yang lain tidak begitu saya perhatikan…

Line juga menyediakan news news nya yang menarik dan tersusun di beberapa kategori. bahkan info manga aja ada di kategori apa tuh saya lupa.

Line juga bisa bikin komunitas.

dan fitur fitur lain nya seperti line jobs, dll…
Jadi sebenernya ada kelebihan dan kekurangan di tiap medsos yang kita miliki…
Saya sendiri pengguna line dan whatsapp.
karna keluarga dan kantor saya memakai whatsapp, namun line digunakan dalam kampus saya…
Thats it wkwk

in data statistik nya