Penyuluhan pada Era Pandemi, Apakah Masih Efektif?

penyuluhan

Penyuluhan pada ranah pertanian merupakan hal yang umum dilakukan, terutama untuk bisa memberikan edukasi dengan harapan bisa meningkatkan hasil panen petani. Penyuluhan pada konteks pertanian merupakan kegiatan untuk bisa memberikan perubahan perilaku pada suatu khalayak (petani) agar mereka tahu dan mampu meningkatkan jumlah produksi, sehingga menambah pendapatan dan memperbaiki kesejahteraannya. Penyuluhan cukup penting bagi petani karena secara garis besar dapat meningkatkan taraf ekonomi petani tersebut. Namun, adanya pandemi sekarang ini tentunya memberikan hambatan pada proses penyampaian informasi kepada petani, seperti adanya social distancing, PSBB, PPKM, dan lain sebagainya. Sehingga dikhawatirkan informasi penyuluhan kurang tersampaikan secara maksimal.

Seperti yang kita tahu, sebagian besar petani di Indonesia didominasi oleh golongan orang tua yang kurang melek teknologi dan harus diberikan pembuktian nyata terlebih dahulu baru mereka percaya dan menerapkan hasil penyuluhan yang diberikan. Bagaimana menurutmu? Apakah para penyuluh harus menunggu pandemi ini berakhir? Atau ada inovasi dari Youdics agar penyuluhan dapat tetap efektif di era pandemi ini?

Sumber

Subejo. 2010. Penyuluhan Pertanian Terjemahan Dari Agriculture. Extension (edisi 2). Jakarta.
Sumber gambar: Era 4.0, Penyuluh Pertanian Wajib Tingkatkan Kemampuan IT | Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur