Penyebab Kulit Kering di Sekitar Bibir

Kulit bibir yang rentan kering dan pecah-pecah, area di sekitar sudut bibir juga kerap mengalami hal serupa. Apa sebetulnya yang menjadi Penyebab Kulit Kering di Sekitar Bibir?

Kebiasaan Menjilat Bibir
Kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang ini, ternyata jadi salah satu faktor utama penyebab sudut area bibir tampak kering. Alih-alih membuat bibir lembap, kebiasaan menjilat bibir justru bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Saliva akan menguap dengan cepat yang akhirnya membuat kondisi kulit menjadi lebih kering, bahkan lebih dari sebelumnya. Tidak hanya pada bibir saja, kondisi ini juga bisa dialami kulit sekitar sudut bibir, lho. Nah jika Anda merasa kulit sekitar bibir kering, tak ada salahnya untuk memanfaatkan pelembap seperti lip balm dibandingkan menjilat area bibir.

Mandi Air Panas Terlalu Lama
Saat udara cukup dingin, biasanya mandi menggunakan air panas jadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih orang. Namun tahukah Anda, terlalu lama atau sering mandi menggunakan air panas bisa memberi efek buruk pada kulit. Suhu air yang tinggi akan membuat lapisan minyak alami di kulit ikut terangkat sehingga kulit terasa kering. Terlebih jika Anda menggunakan air ini untuk mencuci wajah. Area kulit di sekitar sudut bibir pun akan dengan mudah terlihat kering dan terkelupas.

Alergi Produk Perawatan dengan Kandungan Alkohol dan Fragrance
Bagi pemilik kulit sensitif Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk pembersih mulut maupun skin care yang diaplikasikan dekat area bibir. Karena kebanyakan produk yang mengandung alkohol dan fragrance rentan membuat kulit di sekitar area bibir menjadi kering bahkan iritasi. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya untuk memperhatikan kandungan pada produk lip balm, pasta gigi serta sabun pembersih wajah Anda.

sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/atasi-kulit-kering-di-area-sudut-bibir/