Penyakit bubul mempunyai 2 macam, Apa yang membedakan penyakit Bubul basah dengan penyakit Jamur aspergillus?

Bubul adalah istilah dari orang Jawa yang pada umumnya penyakit itu memang berasal dari jamur. Kondisi kandang adalah faktor utama yang perlu dijaga. Karena ketika kandang/sangkar dalam kondisi yang sangat kotor, segala penyakit tentu terkumpul di sana, dab tidak menutup kemungkinan akan mengancam kesehatan Burung. Penyakit bubul mempunyai 2 macam, apa perbedaannya?

1. Penyakit Bubul Basah
Penyebabnya tetap oleh bakteri dan virus yang sama, hanya saja pembengkakan yang terjadi terletak pada ruas jari dan telapak kaki Burung. Penyakit ini berupa benjolan dengan warna kekuningan dan kerap muncul di pangkal kuku. Apabila penyakit ini terjangkit pada Burung Kenari, maka hentikan dulu pemberian pakan berupa telur rebus yang mengandung lebih banyak protein. Karena kemungkinan Burung tersebut telah kelebihan kadar protein.

2. Penyakit Jamur Aspergillus
Aspergillus adalah penyakit yang diakibatkan oleh jamur dan umumnya menyerang sistem pernafasan pada burung yang dipelihara, burung-burung liar bahkan bisa menyerang unggas lain. Aspergillus fumigatus, Aspergillus niger, Aspergillus glaukus dan ada kemungkinan pula terdapat Aspergillus flavus dan Aspergillus candidus adalah jenis Aspergillus yang telah dianggap ‘pathogen’ untuk hewan.
Toksin yang dibawa oleh spesies jamur Aspergillus sp. dikenal sebagaimycotoxin. Mycotoxin yang dihasilkan Aspergillus, yaitu: CPA, Aflatoxin B1, B2, G1, G2, dan Ochratoxin A.Setiap Mycotoxinmembawa pengaruh negatif pada targetke organ yang berbeda, misalnya: Aflatoxinbisa mengakibatkan kerusakan hati, sedangkan Ochratoxin A bisamengakibatkan kerusakan ginjal.
Sumber penyebaran dari spora jamur ini adalah dari makanan, minuman dam kandang yang telah terkontaminasi. Apabila terjadi pada Burung, Aspergillosis akan menyerang saluran pernafasan bagian bawah. Memiliki masa inkubasi infeksi selama 2 – 5 hari. Mordibitas mencapai 12%, tapi biasanya lebih rendah. Sedangkan tidak mortalitasnya mencapai 5% – 50% pada Burung Muda.
Infeksi oleh Aspergillus dapat diatasi dengan penggunaan probiotik. Dengan asam laktat yang terkandung seperti laktobacillussp di dalam probiotik akan mampu mengatasi mycotoxin yang dihasilkan oleh jamur Aspergillus. Membatasi paparan spora dan menjaga Burung secara keseluruhan merupakan cara mencegah terbaik dalam hal ini agar Burung tetap sehat. Pastikan Burung Anda selalu dalam tempat yang tidakterlalu lembap dan ramai. Hindarkan Burung dari stres dan lakukan perawatan sebaik mungkin agar apabila muncul penyakit jamur ini, akan terdeteksi sejak dini.