Penyakit apa saja yang berhubungan langsung dengan manusia?

Usia Tua

Semakin bertambahnya usia, maka semakin rentan menderita beberapa penyakit, terutama apabila tidak didukung dengan gaya hidup sehat. Penyakit apa saja yang berhubungan langsung dengan manusia ?

Bertambahnya umur dapat meningkatkan kejadian hipertensi. Dengan bertambahnya umur, risiko terkena hipertensi menjadi lebih besar sehingga prevalensi hipertensi di kalangan usia lanjut cukup tinggi yaitu sekitar 40%. Tingginya hipertensi sejalan dengan bertambahnya umur. Pada umur lanjut telah terjadi perubahan struktural dan fungsional pada pembuluh perifer, lumen menjadi lebih sempit dan dinding pembuluh darah menjadi lebih kaku sehingga meningkatkan tekanan darah sistolik.

Pembuluh perifer bertanggung jawab terhadap perubahan tekanan darah. Perubahan tersebut meliputi aterosklerosis, hilangnya elastisitas jaringan ikat dan penurunan dalam relaksasi otot polos pembuluh darah yang pada gilirannya menurunkan kemampuan distensi dan daya tegang pembuluh darah. Konsekuensinya aorta dan arteri besar berkurang kemampuannya dalam mengakomodasi volume darah yang dipompa oleh jantung (volume sekuncup) yang mengakibatkan penurunan curah jantung dan penurunan tahanan perifer (Smeltzer & Bare, 2001).

Kadar lipoprotein terutama kolesterol LDL juga dapat meningkat sejalan dengan bertambahnya umur. Di Amerika Serikat, proporsi penduduk hiperlipidemia juga meningkat sejalan dengan bertambahnya umur.

Penambahan umur akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner. Dengan semakin bertambahnya umur seseorang akan semakin lama terpapar oleh faktor risiko penyakit jantung koroner. Kelainan awal di pembuluh darah dan plak aterosklerotik yang ada pada umur lebih dari 20 tahun sebenarnya sudah bermula sejak kanak-kanak dan remaja yang disebabkan oleh pola hidup seperti merokok, pola makan, dan perilaku olahraga (Depkes RI, 2007). Sebelum umur sepuluh tahun garis lemak ( fatty streak ) pada intima pembuluh aorta dan arteri koroner telah ada, dan bila kadar kolesterol pada umur 2-20 tahun tidak terkendali maka garis lemak yang sudah ada akan lebih cepat menjadi plak fibrous dan akan menutupi lumen pembuluh koroner (Kusmana et, al , 1976)