Pentingnya Vitamin B2 (Riboflavin) Bagi Tubuh dan Sumber Makanannya


Vitamin B2 adalah salah satu jenis vitamin yang diperlukan dalam pertumbuhan serta berguna untuk menjalankan fungsi sel secara normal. Vitamin yang juga disebut riboflavin ini termasuk 1 dari 8 vitamin B kompleks yang diperlukan untuk berbagai perkembangan tubuh seperti kulit, lapisan saluran pencernaan, sel-sel darah, dan fungsi otak. Ya, manfaat vitamin B2 bagi tubuh memang banyak.

Riboflavin bekerja dengan mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang merupakan sumber energi otot tubuh. Tak hanya itu, serangkaian manfaat vitamin B2 lainnya bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi sumber-sumber terbaiknya. Apa si manfaatnya?

Manfaat Riboflamin
Riboflavin atau vitamin B2 berperan penting bagi tubuh dalam produksi energi. Hal ini karena membantu dalam konversi karbohidrat menjadi gula, yang diketahui sebagai bahan bakar untuk fungsi tubuh. Riboflavin juga memiliki peran aktif dalam rantai transpor elektron yang menghasilkan sel energi. Riboflavin juga membantu dalam pengolahan asam amino dan lemak, juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang dikenal dapat menghambat laju penuaan.

Sumber Makanan
Vitamin B2 terdapat dalam berbagai sumber makanan, meskipun dalam jumlah sedikit. Sumber yang paling penting dari Riboflavin adalah ragi, kedelai panggang kering atau edamame dan hati. Beberapa sumber lain mengatakan itu termasuk tiram, daging, jamur, brokoli, alpukat dan ikan salmon. Ikan berminyak seperti makarel, dan ikan haring merupakan sumber yang kaya akan riboflavin. Termasuk telur, kerang, nasi, kacang polong kering, millet, biji bunga matahari dan kacang-kacangan . Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam dan asparagus, produk gandum dan jamur juga kaya riboflavin. Kubis, wortel, apel juga mengandung vitamin ini meskipun rendah. Vitamin B2 tidak akan hilang walaupun sumber makanan telah dimasak, seperti pada banyak jenis vitamin lainnya. Namun, bisa hancurkan karena cahaya yang kuat dan baking soda.