Pentingnya rontgen gigi sebelum pemasangan behel

apa pentingnya rontgen sebelum pemasangan behel gigi?

Sebelum pemasangan behel, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Salah satunya adalah melakukan rontgen gigi. Hal ini berguna untuk membantu dokter mengetahui masalah yang terjadi pada gigi, mulut ataupun rahang. Hasil rontgen biasanya akan menunjukkan lubang pada gigi, struktur gigi yang tersembunyi dan juga pengeroposan tulang yang tidak terlihat saat pemeriksaan visual.

Secara umum, biasanya rontgen gigi digunakan untuk mendeteksi dini masalah-masalah yang terjadi pada gigi. Dengan melakukan rontgen, seseorang akan menjadwalkan untuk melakukan perawatan gigi untuk memperbaiki gigi yang bermasalah. Masalah gigi tersebut misalnya saja gigi berlubang parah, bedah akar gigi, implan gigi, cabut gigi dan juga memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi.

Hasil rontgen gigi akan membantu dokter gigi untuk mendeteksi berbagai hal yang terkait dengan keadaan infeksi dalam rongga mulut dan sesegera mungkin mengambil tindakan agar penyakitnya tidak bertambah parah. Berikut keuntungan melakukan rontgen/x-ray:

Menemukan lubang pada gigi yang tidak dapat terdeteksi hanya melalui pemeriksaan klinis atau dilihat secara langsung
Mendeteksi adanya kelainan pada tulang rahang, di dalam gusi ataupun berupa tumor
Mendapatkan gambaran jelas mengenai posisi geraham bungsu yang miring/impaksi, serta bentuk dan jumlah akar gigi
Mengetahui gigi yang tidak tumbuh secara sempurna/gigi impaksi seperti ditemukan pada banyak kasus gigi geraham bungsu.

Dari keuntungan tersebut, memang sangat disarankan untuk melakukan rontgen gigi sebelum memasang behel. Penggunaaan behel akan berfungsi dengan baik jika kondisi gigi kita juga dalam keadaan sehat dan tidak ada masalah. Melakukan rontgen dapat memudahkan dokter gigi dalam mengambil tindakan serta meminimalkan kemungkinan komplikasi.

http://dentaluniverseindonesia.com/2018/03/pentingnya-melakukan-rontgen-gigi-sebelum-pemasangan-behel/