Pentingnya Peranan Teknologi Komunikasi di Masa Pandemi

Teknologi Komunikasi adalah Peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi untuk menyampaikan suatu informasi dari satu tempat, orang, atau kelompok ke tempat lainnya. Karena sebuah komunikasi antar sesama masyarakat sangat penting sehingga diperlukan Teknologi Komunikasi.

Teknologi Komunikasi sangat dibutuhkan dalam masyarakat, terutama pada masa Pandemi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak dan tidak beraktifitas banyak diluar rumah. Guna menjaga kesehatan dan membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19 ini, anjuran untuk menjaga jarak dan tidak banyak melakukan kontak langsung dengan orang lain, menyebabkan hubungan dan kegiatan masyarakat menjadi terbatasi.

Pentingnya anjuran dari pemerintah tersebut, mengharuskan proses belajar mengajar pun dilakukan secara Online. Hal ini, sangat jelas memperlihatkan betapa pentingnya Teknologi Komunikasi ditengah-tengah masyarakat saat ini. Bagaimana tidak? Saat ini bahkan membeli makanan saja lebih efisien dilakukan dengan menggunakan Aplikasi GoFood atau Gojek.Selain itu untuk proses belajar mengajar pun dilakukan dengan menggunakan banyak Aplikasi seperti Zoom, Gogle Meet, dan lain sebagainya.

Kemudian peranan Teknologi Komunikasi untuk pemerintah juga sangat penting. Mengingat Pemerintah menjadi peranan aktif dalam menghadapi Covid-19 ini, yaitu memberikan anjuran kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, dan menyebarkan informasi mengenai perkembangan Covid-19 saat ini. Sudah sangat jelas bukan? Bahwa Teknologi Komunikasi sangat dibutuhkan sekali ditengah-tengah masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini.

Namun, disamping itu masih banyak masyarakat yang menyalah gunakan penggunaan Teknologi Komunikasi yang seharusnya digunakan untuk hal-hal yang penting dan bersifat fakta. Tetapi saat ini banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk menyebarkan berita Hoax dan tidak mempertanggung jawabkan nya. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apakah manfaat yang akan didapatkan? Bagaimana tindakan pemerintah menyikapi hal itu? Semua itu bersumber dari kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai fungsi, dan tujuan dari Teknologi Komunikasi itu sendiri.

Bahkan pemerintah sendiri sudah banyak mengeluarkan anjuran dan sanksi bagi siapa pun yang menyebarkan berita Hoax, akan mendapatkan hukuman yang berat. Tetapi masyarakat masih belum jera sama sekali dengan hal tersebut. Oleh karena itu, untuk kita semua yang sadar dan mengerti akan hal itu, harus mampu mematuhi dan melaksanakan apa yang dianjurkan pemerintah, dan saling mengingatkan kepada siapapun yang masih belum memahami anjuran tersebut.

Kemudian siapakah yang berperan penting untuk mempertahankan nilai guna Teknologi komunikasi dengan baik? Tentunya adalah kita sendiri sebagai masyarakat umum yang menjadi penggerak utama Teknologi Komunikasi. Khususnya dimasa Pandemi saat ini, yang kita semua tidak tau kapan akan berakhir. Teknologi komunikasi adalah salah satu alat penghubung kita saat ini untuk melangsungkan semua kegiatan yang kita lakukan baik dari kegiatan Keagamaan maupun Non-Keagamaan.

Sebagai contoh saja, peranan Teknologi Komunikasi dalam bidang keagamaan adalah melakukan kajian-kajian secara Online. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Zoom, Gogle Meet, atau bahkan kita dapat menggunakan Streaming Youtobe. Merebaknya Virus Covid-19 ini tidak boleh menghentikan kegiatan masyarakat, sehingga dengan memanfaatkan adanya Teknologi Komunikasi ini masyarakat akan dapat beraktivitas dengan normal melalui Via Online.

Peranan penting Teknologi Komunikasiadalah pada bidang Pendidikan. Mudahnya penyebaran Virus Covid-19 ini, menyebabkan pemerintah mengeluarkan anjuran untuk melakukan Proses belajar mengajar atau kegiatan Pendidikan melalui Via Online. Bagaimanakah sistem pembelajaran Via Online? Apakah tidak akan menyulitkan para tenaga pengajar dalam menyampaikan materi? Apakah sangat efisien menggunakan sistem pemelajaran online ini?

Ditinjau dari kemajuan alat komunikasi saat ini, maka kita akan dapat menjawab semua pertanyaan masyarakat tentang bagaimana sistem pembelajaran, kesulitan yang dilami dan efisien tidaknya pembelajaran Online ini. Kemajuan Alat komunikasi saat ini sangat mendukung proses belajar mengajar secara online, hal ini dikarenakan semua masyarakat sudah mempunyai alat komunikasi sendiri bahkan canggih-canggih. Hal ini akan menjadi point tambahan untuk mendukung peranan Teknologi Komunikasi ditengah Pandemi saat ini pada bidang pendidikan.

Dengan memanfaatkan Teknologi saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai Informasi, dan memanfaatkan semua Aplikasi untuk kepentingan pendidikan dan proses belajar mengajar tanpa harus keluar rumah ataupun berkerumun ditempat yang ramai. Dengan Teknologi saat ini, Proses pembelajaran yang dihadiri oleh beberapa orang dari beberapa daerah yang jauh akan dapat berkomunikasi dengan mudah dan tidak akan mengalami kesulitan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Disamping Pentingnya peranan Teknologi Komunikasi untuk pendidikan. Teknologi Komunikasi juga berperan penting dalam bidang Ekonomi tentunya. Karena Proses Jual beli secara online untuk saat ini dirasa sangat efisien dilakukan oleh kalangan masyarakat. Selain kita tidak banyak berkontak langsung dengan orang, kita juga dapat menjangkau pasaran yang luas dengan memanfaatkan Kemajuan Teknologi saat ini.

Oleh karena itu, dilihat dari pentingnya peranan Teknologi Komunikasi saat ini. Kita sebagai masyarakat harus bisa menjaga dan mempertahankan nilai guna Teknologi Komunikasi tersebut, dengan cara tidak menyalahgunakan Teknologi Komunikasi, dan tidak menggunakan Teknologi Komunikasi untuk aktivitas yang menurut kita tidaklah penting dan dapat merugikan dan dapat menyakiti orang lain. Dengan demikian kita sudah bijak dalam menggunakan Teknologi Komunikasi.

1 Like

Teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing di masa Pandemi Corona seperti saat ini.

Dengan diterapkannya teknologi informasi menurut wakil bupati Pringsewu DR. H. Fauzi dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya serta tenaga.“Tanpa disadari bahwa kehidupan manusia saat ini telah memiliki ketergantungan terhadap teknologi informasi,” ungkapnya.

Pemanfaatan teknologi informasi ini menurut Fauzi juga disampaikan dalam makalahnya yang berjudul ‘Dampak Covid-19 pada Sektor Industri Teknologi’ pada kegiatan Video Conference yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama, Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Pemanfaatan teknologi informasi oleh Pemkab Pringsewu di tengah pandemi Covid-19 ini, diantaranya untuk kegiatan sosialisasi dan seminar, doa bersama, serta musrenbang secara daring melalui video conference.

Melalui video conference ini, menurutnya dapat meminimalisir biaya pelaksanaan kegiatan seperti untuk biaya transportasi, akomodasi, penginapan, dan lainnya. Fauzi juga meyakini, kegiatan dengan memanfaatkan teknologi video conference akan banyak dilakukan oleh pemerintah nantinya.

Pemanfaatan teknologi informasi di tengah pandemi Covid-19 tersebut, diantaranya di bidang Pendidikan, yakni dengan mengadakan Class On-line. Di bidang Pemerintahan dengan penyebarluasan informasi melalui website, sarana komunikasi melalui video conference.

Selain itu, di bidang Bisnis dengan sistem e-commerce, bidang Sosial melalui media hiburan dan komunikasi serta social media, serta di bidang Kesehatan, untuk tujuan mapping dan tracking data penyebaran Covid-19.
Referensi:https://medialampung.co.id/peran-teknologi-informasi-di-masa-pandemi/

1 Like